Search Cars

Review Otomotif

Banyak Istilah Otomotif Indonesia yang Berasal dari Bahasa Belanda

Ternyata, banyak istilah otomotif Indonesia yang berasal dari bahasa Belanda. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.

Indonesia sudah memerdekakan diri dari Belanda 74 tahun yang lalu. Namun, akulturasi maupun asimilasi budaya tetap terbawa sampai saat ini, bahkan di dunia otomotif. Pencampuran kebudayaan tersebut terlihat dari bahasa yang dipakai untuk menyebutkan istilah-istilah otomotif.

 

Bukan hanya beberapa istilah, tetapi jumlahnya lumayan banyak yang memakai kata serapan dari bahasa Belanda. Namun, istilah-istilah tersebut biasanya dipakai bukan sebagai kata baku, melainkan slang, dan kebanyakan digunakan oleh orang bengkel.

 

Masih belum percaya? Coba cek dan buktikan kata-kata di bawah ini dengan Google Translate.

 

Bahasa Inggris

Bahasa Belanda

Bahasa Indonesia

Helmet

Helm Helm

Battery

Accu

Aki

Brake

Rem

Rem

Tire

Band

Ban

Piston

Zuiger

Sekher

Hose brake

Slang rem

Slang rem

Drum brake

Trommelrem

Tromol

Gasket

Pakking

Paking

Cable

Kable

Kabel

Fuse

Zekering

Sekering

Rims

Velgen

Velg

Mechanic

Monteur

Montir

Gastank

Benzinetank

Bensin tang

Chain

Keten

Keteng

Clutch

Koppeling

Kopling

Camshaft

Nokkenas

Noken as

Gear

Versnelling

Persneling

Spark plug

Bougie

Busi

Crankshaft

Krukas

Kruk as

Valve

Klep

Klep

Tansmission

Transmissie

Transmisi

Oil Olie

Oli

 

Bagaimana, mirip kan? Pelafalannya juga sangat mirip. Selain istilah di atas, masih ada beberapa istilah otomotif lainnya yang berasal dari bahasa Belanda, seperti knalpot, dongkrak, schokbreker, dan lain-lain.

Walaupun banyak istilah otomotif di Indonesia yang diambil dari bahasa Belanda, bukan berarti merek mobil asal Belanda juga banyak beredar. Pada kenyataannya, hampir tidak pernah ada mobil buatan Belanda yang terlihat di jalanan Indonesia.

 

Mungkin, mobil-mobil Belanda seperti Savage Rivale dan Vencer hanya bisa dilihat di pameran-pameran otomotif saja. Tidak seperti supercar lain, contohnya Lamborghini, Porsche, Ferrari, dan sebagainya yang memang kadang terlihat melintas di jalan.

 

Istilah lainnya yang berasal dari kosakata Belanda

Di samping itu, masih banyak lagi istilah-istilah dalam bahasa Belanda yang juga dipakai di Indonesia sampai saat ini. Dikutip dari Tirto.id, ada berbagai istilah dalam beberapa bidang di Indonesia yang menggunakan bahasa Belanda.

 

Mulai dari hal sehari-hari yang sering diucapkan, seperti kantor dari kantoor, buku dari boek, bangku dari bank. Pengaruh bahasa Belanda juga terlihat dalam bidang akademis, misalnya dosen dari docent, dekan dari dekaan, tentamen dari tentament, atau rektor dari rector.

 

Sedangkan di bidang medis, penyerapan kosakata Belanda meliputi nama-nama penyakit, contohnya lever, maag, bludrek, kenker, infeksi, plek (vlek), praktek, apotik, dan masih banyak lagi.

Lalu, ada serapan kosakata Belanda yang masih dipakai pada istilah-istilah hukum sampai sekarang, misalnya ruilslag (tukar guling), gijzeling (penyanderaan), advokat (dari advocaat), beslag (sita), in kracht (putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum).

 

Di antara banyaknya kata yang memiliki arti dan pelafalan sama, ada juga yang mengalami pergeseran makna. Misalnya adalah rentenir, yang berasal dari kata rentenieren.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyebutkan, bahwa arti kata rentenir adalah orang yang mencari nafkah dengan membungakan uang, tukang riba, pelepas uang, dan lintah darat. Sedangkan rentenieren berarti hidup dari bunga tabungan.

 

Jadi, banyak istilah otomotif dan istilah lainnya yang berasal dari bahasa Belanda. Mungkin, ini ada kaitannya dengan jaman penjajahan dulu, yang pasti adalah akulturasi budaya ini berdampak positif dan membuat kosakata bahasa Indonesia lebih kaya lagi.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.