Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bagaimana Cara Merawat Radiator Agar Suhu Mesin ideal?

Merawat radiator mobil harus dilakukan secara berkala agar suhu mesin tetap ideal. Tetapi, bagaimana caranya?

merawat radiator

Selain sistem pendingin oli, perangkat lain yang berperan penting untuk menjaga suhu mesin tetap pada kondisi yang normal adalah radiator. Fungsi utamanya adalah untuk meredam udara panas yang ada pada komponen mesin ketika terjadi proses pembakaran.

Untuk itu, radiator membutuhkan elemen lain, yaitu cairan pendingin. Lalu, radiator akan memerintahkan cairan pendingin untuk berputar mengelilingi mesin sekaligus meredakan panas yang terjadi di dinding silinder.

Jadi, cairan pendingin yang digunakan harus tahan terhadap suhu panas. Suhu ideal yang aman untuk mesin adalah sekitar 85-95 derajat celcius. Suhu ideal itu membuat mesin bekerja lebih maksimal.

Baca juga: Bagaimana Cara Menguras Radiator Mobil Sendiri?

Jika suhu mesin terlalu dingin, maka pembakaran tidak sempurna dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih boros. Sebaliknya, jika suhu mesin terlalu panas, mesin berpotensi overheat. Kalau sudah parah, kamu harus siap turun mesin, tentu dengan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, sangat penting untuk merawat radiator mobil secara berkala. Caranya tidak terlalu sulit. Lebih lengkapnya, dapat kamu simak di bawah ini.

merawat radiator mobil

merawat radiator mobil

Untuk merawat radiator harus menggunakan radiator coolant, kenapa?

Radiator coolant memiliki titik beku lebih rendah dan titik didih lebih tinggi dibandingkan dengan air biasa. Penggunannya dapat bertahan sekitar enam bulan atau 10 ribu kilometer. Namun, jika mesin sudah mulai gampang panas, lebih baik lakukan penggantian sesuai kebutuhan.

Bagaimana? Simpel, kan? kamu bisa merawat radiator sendiri di rumah. Waktu yang diperlukan juga tidak lama, hanya sekitar 30 menit.

Tetapi, bila kamu masih ragu untuk mengerjakannya, lebih baik ganti air radiator di bengkel resmi, sekaligus melakukan perawatan rutin.

Baca juga: Kenali Jenis dan Cara Kerja Cairan Pendingin Radiator

Sebelum ke bengkel resmi, kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id. Tidak hanya merawat radiator, kamu juga bisa melakukan perawatan dan servis berkala, hingga ganti suku cadang mobilmu.

Jadi, gunakan saja layanan Home Service atau Booking Service Seva.id. Mobil selalu terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan.

Booking Service

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.