Baca Ini Dulu Sebelum Mudik Pakai City Car

By Ferdi Julias - Mei 11, 2018

Ramadhan semakin dekat dalam hitungan hari, momen mudik juga pastinya akan kembali. ‘Pesta tahunan’ masyarakat pendatang ini memang sudah menjadi budaya pada saat Ramadhan. Mereka akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

 

Transportasi yang digunakan bermacam-macam, ada yang menggunakan pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dan bus. Selain itu, tak sedikit yang menggunakan mobil pribadi, bahkan juga menggunakan mobil pribadi jenis city car atau mobil kecil untuk menemani perjalanan mereka sampai ke kampung halaman.

 

Sebenarnya mobil apapun dapat digunakan untuk mudik, tidak terkecuali city car. Tetapi, mengingat city car adalah mobil yang didesain untuk jalanan perkotaan, ada baiknya simak beberapa tips mudik berikut yang mungkin Anda butuhkan.

 

1. Cek kendaraan di bengkel resmi

Ini pastinya harus dilakukan terlebih dahulu dan sudah menjadi kewajiban bagi para pengendara untuk merawat kendaraannya. Sebelum berangkat ke kampung halaman, pastikan kendaraan Anda terbebas dari segala gangguan yang ada sehingga perjalanan akan semakin nyaman dan aman.

 

Untuk itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi. Selain untuk membebaskan kendaraan Anda dari gangguan yang ada, pengecekan tersebut juga berguna untuk mengetahui performa mobil Anda, apakah layak untuk berjalan jauh atau tidak.

 

2. Performa mesin

 

Performa mesin menjadi perhatian penting saat melakukan pengecekan di bengkel resmi. Penggantian oli, saringan udara, penambahan air radiator, dan lain-lain harus tepat waktu sehingga mesin mobil dapat bekerja secara maksimal.

 

Walaupun begitu, tidak disarankan untuk menggeber mobil secara berlebihan karena akan merusak komponen-komponen mesin. Pada dasarnya, city car memiliki kapasitas dapur pacu yang tidak sebesar SUV, jadi lebih baik dipakai sesuai dengan kemampuan city car Anda.


tips mudik aman dan nyaman3. Barang bawaan

Pengemudi harus bijaksana dalam membawa barang bawaan jika mudik menggunakan city car, karena dimensi mobil ini tergolong kecil sehingga daya angkutnya pun juga terbatas. Tetap bawa barang-barang penting seperti ban cadangan, kunci-kunci, dongkrak, dan tool kit standar lainnya sebagai perlengkapan untuk keadaan darurat.

 

Setelah itu, baru masukkan barang-barang pribadi Anda dan keluarga sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak muat di bagasi, ada baiknya Anda menggunakan roof rack. Usahakan roof rack terpasang dengan tepat agar center gravity mobil tidak terganggu.

 

Tetapi, penggunaan roof rack tersebut harus tetap memperhatikan daya angkut mobil tersebut, jangan sampai melebihi standar yang ditetapkan karena akan mengganggu handling mobil lalu mengancam keselamatan berkendara.

 

mobil mudik untuk keluarga4. Kapasitas penumpang

City car merupakan kendaraan yang memiliki daya tampung 5 penumpang. Jadi, demi memberikan keamanan dan kenyamanan pastikan penumpang tidak melebihi kapasitas tersebut. Mengangkut penumpang yang berlebih akan membuat kabin menjadi sempit, selain alasan keamanan dan kenyamanan, kesehatan juga akan terganggu jika kelebihan muatan karena akan terasa sesak saat berhimpitan.

 

Pastikan Anda sekeluarga tetap nyaman berada di dalam mobil. Perlu diingat, mudik biasanya menempuh waktu yang lama, jadi faktor kenyamanan di dalam perlu jadi perhatian.

 

5. Perhatikan bagian kaki-kaki

Terakhir adalah bagian paling bawah mobil yang salah satu fungsinya adalah menopang berat mobil. Jika mobil kelebihan muatan dan penumpang, maka performa dari kaki-kaki mobil seperti shock breaker, ban, dan velg mobil, bahkan sampai dengan performa mesin akan terganggu karena tidak sesuai dengan standar yang ada.

 

Maka dari itu, pengendara harus mengikuti panduan mobil tersebut, dan jangan lupa untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil sebelum mudik.

 

Untuk referensi mobil city car atau hatchback, ada pilihan mobil seperti Toyota All New Yaris, Toyota Etios Valco, hingga Toyota Agya. Selain itu ada juga pilihan Daihatsu All New Sirion, dan Daihatsu Ayla. Jangan lupa ada promo yang menarik di Seva.id.

 

Pastikan semua tips di atas sudah Anda terapkan pada kendaraan Anda agar menjamin kenyamanan dan keselamatan mudik bersama keluarga. Selamat mudik dan bertemu keluarga di kampung halaman.  Jangan lupa, tetap utamakan keselamatan ya!

Berita Terkait

Author