Aturan Lengkap PPKM Level 3 Nataru dan PPKM Level 2 Jakarta

Aturan PPKM Level 3 akan dilakukan pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022. Seperti apa penerapan aturan tersebut?

ppkm level 3

Pemerintah mengeluarkan aturan PPKM Level 3 yang berlaku pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di seluruh Indonesia.

Pemberlakuan PPKM Level 3 Nataru yang akan diterapkan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 selama libur akhir tahun.

Bagi masyarakat yang ingin beraktivitas di dalam kota maupun yang berencana melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan transportasi umum atau pribadi, ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Pusing Setelah Mabuk Perjalanan

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021. Berikut aturan perjalanan PPKM Level 3 Nataru selengkapnya.

ppkm level 3

Aturan perjalanan

Pelaku perjalanan darat dengan transportasi umum dan mobil pribadi, wajib menunjukan bukti vaksin minimal dosis pertama serta menunjukkan hasil tes negatif PCR yang sampelnya diambil maksimal 3×24 jam.

Bisa juga menunjukkan hasil negatif tes antigen yang sampelnya diambil maksimal 1×24 sebelum keberangkatan.

Baca juga: 6 Penyebab Ban Pecah Pada Mobil yang Wajib Dihindari

Untuk pelaku perjalanan udara di wilayah Jawa-Bali, wajib menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama dan hasil tes PCR negatif maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Bagi yang memiliki bukti vaksin dosis kedua, dapat menunjukkan hasil tes antigen negatif maksimal 1×24 sebelum keberangkatan.

Sedangkan syarat naik pesawat untuk wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali, wajib menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama, serta hasil tes PCR negatif maksimal 3×24 jam atau antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus untuk pelaku perjalanan dengan penyakit komorbid atau kondisi kesehatan khusus sehingga tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan tidak bisa divaksin.

Baca juga:  8 Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol dan Cara Antisipasinya

Kewajiban untuk menunjukkan bukti vaksin dikecualikan bagi pelaku perjalanan di bawah 12 tahun. Lalu, untuk kapasitas tampung kendaraan baik kendaraan darat, laut, dan udara maksimal 50 persen. 

Pelaku perjalanan juga wajib membawa SKM (Surat Keluar Masuk) yang dapat diperoleh dari RT setempat.

Pembatasan kegiatan

Perayaan ibadah natal 2021 dapat diselenggarakan secara hybrid, yaitu secara berjamaah di gereja dan secara online dengan tata ibadah yang telah disiapkan pengurus gereja.

Jumlah umat yang bisa mengikuti ibadah di gereja tidak melebihi 50 persen dari kapasitas total gereja. Selain itu, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk keluar masuk area gereja dan menerapkan jaga jarak minimal 1 meter.

Baca juga: 8 Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh

Lalu, tempat wisata pada saat nataru dibatasi kapasitasnya sampai 50 persen dan akan diterapkan ganjil genap di area sekitar tempat wisata. Seluruh acara tahun baru yang berpotensi menimbulkan kerumunan dilarang.

Kemudian mal dibuka mulai dari jam 09.00 hingga 22.00 WIB dengan kapasitas 50 persen. Makan dan minum diperbolehkan dengan kapasitas 50 persen.

ppkm level 3

PPKM Level 2 Jabodetabek

Sementara itu, PPKM di Jawa-Bali diperpanjang dengan periode 30 November sampai 13 Desember 2021. Terdapat 10 daerah di wilayah Jabodetabek yang menerapkan PPKM Level 2.

10 daerah tersebut di antaranya Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Kota Tangerang, Kabupaten tangerang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bogor.

Selama PPKM level 2, pusat perbelanjaan, supermarket, dan pasar yang menjual kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi hingga pukul 21.00 dengan kapasitas 75 persen.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Bernuansa Alam Bebas

Begitu pula dengan warung makan, pedagang kaki lima dan restoran yang dapat beroperasi hingga pukul 21.00. Kapasitas pengunjung dibatasi 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

Bioskop diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas maksimal 70 persen dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dan Kuning dalam PeduliLindungi yang diizinkan masuk.

Acara resepsi pernikahan bisa diadakan dengan kapasitas maksimal 50 persen kapasitas ruangan dan tidak boleh makan di tempat.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Sebelum Liburan

Sebelum melakukan perjalanan pada saat libur akhir tahun nanti, perhatikan syarat dan aturan PPKM Level 3 Nataru agar bisa menyiapkannya terlebih dahulu. 

Namun, sebisa mungkin tetap di rumah saja apabila tidak ada hal yang mendesak ya.