Aturan Ganjil Genap Diperpanjang tapi Rute dan Durasi Berkurang

15 October 2018

kemacetan jakartaPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa berlaku sistem ganjil genap. Bedanya adalah saat ini ganjil genap tidak lagi berlaku selama 15 jam, melainkan pada jam-jam tertentu saja.

 

Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap, pada pagi hari, ganjil genap akan berlaku mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Sedangkan di sore hari, ganjil genap mulai berlaku pada pukul 18.00 WIB – 20.00 WIB.

 

Perpanjangan sistem pembatasan lalu lintas ganjil genap akan mulai diberlakukan hari ini (15/10/2018) sampai dengan 31 Desember 2018.

 

Namun, sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada persimpangan tol terdekat, di pintu masuk dan keluar tol jalan yang terdapat sistem ganjil genap. Artinya, walaupun kendaraan tidak dapat melintas di jalur ganjil genap, tetapi tetap diperbolehkan melewati jika memiliki keperluan untuk masuk dan keluar tol sampai atau dari persimpangan tol terdekat.

 

Kebijakan tersebut tertuang di dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap Pasal 1 ayat 3.

 

Sistem ganjil genap juga tidak akan berlaku pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

 

Baca: Kenapa Ada Sistem Ganjil Genap di Jakarta, Ini Alasannya

 

Pengurangan rute ganjil genap

ganjil genap di jakartaPerpanjangan masa berlaku sistem ganjil genap juga diikuti oleh pengurangan rutenya. Jika sebelumnya Jalan Benyamin Sueb dan Jalan Metro Pondok Indah terkena sistem ganjil genap, sekarang sudah tidak lagi.

 

Lalu, jika sebelumnya beberapa pintu tol di area Jabodetabek juga memberlakukan sistem ganjil genap, saat ini sudah tidak lagi.

 

Sekarang, ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap adalah sebagai berikut.

  1. Jalan Medan Merdeka Barat
  2. Jalan MH. Thamrin
  3. Jalan Jenderal Sudirman
  4. Jalan Jenderal S. Parman (mulai dari simpang Jalan Tomang Raya hingga Jalan KS. Tubun)
  5. Jalan Gatot Subroto
  6. Jalan H. R. Rasuna Said
  7. Jalan Jenderal MT. Haryono
  8. Jalan Jenderal D. I. Panjaitan
  9. Jalan Jenderal Ahmad Yani

 

Dampak ganjil genap

Sistem ganjil genap juga dinilai berdampak positif pada peningkatan efisiensi dan efektifitas penggunaan ruang jalan. Kebijakan yang pertama kali diresmikan pada tahun 2016 ini berdampak pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas sampai dengan 20 persen.

 

Lalu, sistem ganjil genap juga berhasil menurunkan waktu tempuh kendaraan sekitar 23 persen saat Asian Games dan Asian Para Games 2018 berlangsung beberapa waktu lalu. Penggunaan kendaraan umum juga ikut meningkat. Misalnya pada Transjakarta, penumpang naik 40 persen dari 2,8 juta menjadi 4 juta penumpang saat Asian Games 2018.

 

Jumlah penumpang Transjakarta kembali bertambah sebesar 47 persen pada Asian Para Games 2018, yaitu dari 5,8 juta menjadi 8,5 juta penumpang. Selain Transjakarta, penumpang angkutan umum PPD juga mengalami kenaikan sebesar 29 persen.

 

Karena semakin banyaknya masyarakat yang memilih menggunakan angkutan umum, otomatis terjadi penurunan kendaraan pribadi yang beredar di jalanan. Penurunan tersebut otomatis juga berdampak pada berkurangnya kadar karbon dioksida.

Baca juga: Dukung Sistem Ganjil-Genap, Pakai Aplikasi Sejalan Yuk!

 

Selain menggunakan angkutan umum, cara lain untuk melintasi jalur ganjil genap adalah dengan menggunakan Sejalan. Aplikasi yang berbasis ride sharing ini dapat menjadi solusi bagi Anda ketika kendaraan pribadi Anda tidak dapat melintasi jalur ganjil genap.

 

Anda dapat mencari Kapten Sejalan yang searah dengan tujuan Anda di aplikasi Sejalan. Setelah itu, Kapten Sejalan akan menjemput Anda di titik penjemputan sesuai dengan lokasi yang tertera pada aplikasi.

 

Dengan menggunakan Sejalan, Anda dapat melintasi jalur ganjil genap setiap hari tanpa harus bingung mencari tumpangan atau menunggu angkutan umum. Cukup ambil smartphone Anda, cari Kapten Sejalan yang searah dengan tujuan Anda, dan masalah selesai.

 

Jadi, silakan download aplikasi Sejalan untuk memudahkan perjalanan Anda sampai ke tempat tujuan. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di area ganjil genap tersebut.

 

Download Sejalan:

SHARE