Search Cars

Liputan

Astra Digital dan Innovate Jardines Kenalkan Apa Itu Blockchain

Astra Digital bekerjasama dengan Innovate Jardines menyelenggarakan Blockchain Forum. Lantas apa itu Blockchain?

apa itu Blockchain

Di era digital, otomatis semuanya menjadi sangat praktis, bahkan untuk komunikasi, membeli barang, hingga mengumpulkan data.

 

Namun belum semuanya tahu apa itu blockchain. Karena itu Astra Digital bekerjasama dengan Innovate Jardines menyelenggarakan Blockchain Forum.

 

Seminar yang membahas apa itu blockchain dan cara kerjanya ini diselenggarakan pada 10 Oktober 2019 di Catur Dharma Hall, Menara Astra, Jakarta.

 

Baca juga: Astra Digital dan Angkasa Pura II Hadirkan Fasilitas Digital di Bandara Soekarno-Hatta

 

Blockchain Forum turut dihadiri Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto, Direktur PT Astra International Tbk. Paulus Bambang Widjanarko, Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa, beserta segenap direksi Astra Group.

apa itu Blockchain

Sementara untuk pembicaranya ada Chairman Asosiasi BlockChain Indonesia Steven Suhadi, President Director PingAn OneConnect Indonesia Hendra Tan, CEO & Co-Founder Splend Rick Blezynski, dan CEO & Co-Founder LongHash Emma Cui.

 

“Inisiatif Astra masuk dalam industri digital diwujudkan melalui pembentukan corporate function Astra Digital,” kata Direktur PT Astra International Tbk. Paulus Bambang Widjanarko.

 

Ditambahkannya, hadirnya Astra Digital ini untuk membantu seluruh anak perusahan dalam pengembangan kompetensi digitalisasi dalam hal atificial intelligence, blockchain, cloud computing, dana analytics dan security.

apa itu Blockchain

Apa itu blockchain?

Dalam seminarnya, Steven Suhadi mengatakan secara simple blockchain adalah kesepakatan.

 

“Blockchain sama seperti teknologi internet di mana ia bisa mendisrupsi hampir semua sector. Namun yang paling akan terdisrupsi adalah bidang keuangan, asset, kesehatan, asuransi hingga industry media,” katanya.

 

Baca juga: Alasan Mobil Listrik Bebas dari Ganjil Genap dan Biaya Parkir

 

Misalnya, untuk membeli barang, orang tidak perlu lagi pergi ke pusat perbelanjaan, cukup buka aplikasi melalui smartphone, maka barang yang diinginkan tersebut dapat dibeli melalui marketplace.

 

Hubungan antara pembeli, marketplace, dan penjual merupakan sebuah ekosistem yang terjadi saat ini.

 

Nah, bagaimana jika ada kesepakatan langsung antara pembeli dan penjual secara langsung melalui sebuah aplikasi super?

 

Jika sudah terjadi, apa itu blockchain sebenarnya sudah terjawab di atas.

apa itu Blockchain

Pengaplikasian blockchain

Selain itu, menurut Hendra Tan, pengaplikasian blockchain ini bisa sangat luas, bahkan dapat menunjang bidang keuangan dan meningkatkan kepercayaan antar semua lini.

 

Baca juga: 6 Anak Bangsa Terima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2019

 

“Blockchain adalah era baru dalam dunia digital. Tidak hanya dapat digunakan untuk bisnis sistem ini pun dapat diaplikasikan pada sosial media,” ungkap Rick Blezynski.

 

Emma Cui mengatakan kalau blockchain sudah banyak digunakan di perusahaan-perusahan besar di Asia Tenggara.

apa itu Blockchain

Terakhir sebagai penutup, “blockchain bukanlah segalanya, tidak semua bidang membutuhkan blockchain, dan ia hanya dapat berjalan di sistem yang tepat. Karena itu, kami akan melihat bagaimana value blockchain di semua lini bisnis Astra,” ujar Djap Tet Fa.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.