Search Cars

Tips & Rekomendasi

Arti Kode Transmisi Otomatis Mobil dan Kegunaannya

P-R-N-D-D3-2-L adalah kode transmisi otomatis pada mobil. Lantas apa arti dan kegunaannya? Berikut penjelasan selengkapnya dalam infografis.

kode transmisi otomatis

Mobil bertransmisi otomatis atau matik banyak dipilih pengendara, khususnya di perkotaan. Selain dinilai praktis, kaki pengemudi tidak mudah pegal karena harus sering menginjak pedal kopling.

Pasalnya, transmisi otomatis merupakan sistem perpindahan transmisi yang diatur tanpa harus menginjak pedal kopling.

Seperti yang sudah diketahui, cara kerja dasar transmisi matik adalah P untuk parkir, N untuk netral, R untuk mundur, dan D untuk maju.

Selain itu, pada tuas otomatis biasanya terdapat susunan P-R-N-D-D3-2-L. Sebagian orang mungkin bingung dengan kode transmisi otomatis, apalagi bagi pengendara baru.

Baca juga: Jangan Gunakan Transmisi Netral Saat Melewati Turunan!

Tapi tenang, simak penjelasan berikut ini yang mungkin dapat membantu mengetahui transmisi otomatis dan kegunaannya pada mobil.

Penggunaan kode angka pada transmisi otomatis mobil

transmisi otomati

Penggunaan kode angka pada transmisi otomatis mobil

kode transmisi otomatis

Itulah arti kode transmisi otomatis yang berupa huruf dan angka serta kegunaannya. Jadi, jangan sampai salah menggunakannya ya, sebab bisa merusak komponen mesin dan transmisi mobil kamu.

Sementara, seiring perkembangan teknologi mesin kode transmisi otomatis ikut mengalami perubahan.

Nah untuk itu, sebelum mengendarai mobil, ada baiknya kamu membaca dulu buku panduan penggunaan yang disediakan agar mengetahui kegunaannya dalam berkendara.

Baca juga: Transmisi Mobil Matik Harus di N Saat Berhenti Sementara?

Perlu diingat, mengemudikan mobil transmisi otomatis tidak sekedar gas dan rem saja. Kamu juga harus memiliki keahlian dan feeling yang baik dalam mengemudi agar tetap aman dan nyaman.

Bila kamu mengalami kendala pada transmisi mobil otomatis, jangan bingung. Kamu bisa langsung menggunakan fitur Booking Service atau Home Service di Seva.id.

Mobil kamu akan langsung ditangani oleh teknisi profesional. Jadi, kamu tidak perlu pergi atau menunggu lama di bengkel, cukup gunakan fitur Booking Service atau Home Service di Seva.id.

Selain kedua fitur tersebut, Seva.id juga menyediakan layanan lainnya, seperti Beli Mobil Baru, Mobil Bekas, Pilihan Expert, dan lain sebagainya.

Bila ingin mengetahui lebih lengkapnya, kamu dapat mengunjungi website Seva.id yang akan memudahkan segala urusan otomotif kamu di rumah.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.