Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apakah Nitrogen Boleh Dicampur dengan Angin Biasa di Ban?

Banyak yang mencoba ban nitrogen dicampur dengan angin biasa, biasanya karena kondisi terdesak tidak ada yang menyediakan nitrogen untuk bannya. Lalu bagaimana dampaknya?

Melakukan servis secara berkala memang diperlukan untuk menjaga performa kendaraan bermotor Anda. Salah satu yang harus Anda perhatikan ketika melakukan servis adalah pada bagian ban mobil Anda.

Jika ban mobil bocor atau kurang angin, tentu akan membahayakan Anda sebagai pengendara.

Saat Anda mengisi angin untuk ban mobil di bengkel. Pom bensin, ataupun tukang ban di jalan, Anda akan ditawarkan oleh dua pilihan, yaitu angin nitrogen dan angin biasa.

Angin ban kendaraan baik motor atau mobil umumnya dibagi dua yaitu angin biasa dan nitrogen.

Kelebihan Menggunakan Ban Nitrogen

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa terdapat beberapa kelebihan dari menggunakan ban nitrogen, namun, untuk Anda yang masih belum tahu informasi mengenai kelebihan dari ban nitrogen Anda bisa simak infonya berikut ini:

  • Tidak Cepat Panas

Salah satu kelebihan menggunakan ban nitrogen pada kendaran Anda adalah ban tidak cepat panas jika dibandingkan dengan ban yang menggunakan angin biasa.

Selanjutnya, tekanan angin nitrogen cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan angin biasa karena partikel molekul nitrogen lebih besar dari angin biasa, sehingga angin sulit untuk keluar dari pori-pori ban. 

  • Efisien

Kelebihan menggunakan ban nitrogen berikutnya adalah ban nitrogen lebih efisien.

Ban nitrogen lebih efisien jika dibandingkan ban mobil biasa karena molekul nitrogen lebih besar dari angin biasa, angin nitrogen tidak cepat berkurang.

Ketika tekanan angin kurang akan menyebabkan terhambatnya laju kendaraan Anda.

Jika hal ini terjadi mesin akan membutuhkan tenaga lebih besar untuk melaju yang akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan akan boros bahan bakar.

Lalu, apabila tekanan angin pada ban kendaraan Anda optimal, maka permukaan ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan sehingga membuat konsumsi bahan bakar berkurang dan menjadi lebih irit.

  • Tekanan Nitrogen Tidak Mudah Berkurang

Kelebihan menggunakan ban nitrogen berikutnya adalah tekanan nitrogen tidak cepat berkurang jika dibandingkan dengan oksigen.

Ketika Anda menggunakan nitrogen, maka suhu udara di dalam ban Anda akan lebih stabil, tidak mudah cepat naik turun, sehingga ban juga terhindar dari risiko meletus akibat suhu panas.

  • Lebih Tahan Lama

Penggunaan angin biasa pada ban kendaraan Anda akan menyebabkan karet ban menjadi cepat rusak dan keras karena proses oksidasi. Juga Anda ingin bepergian dengan jarak yang cukup jauh disarankan menggunakan angin nitrogen.

banBolehkah Ban Nitrogen Dicampur Angin Biasa?

Sebagian orang banyak yang bertanya apakah boleh ban nitrogen dicampur angin biasa.

Jawabannya adalah sebaiknya Anda menghindari hal tersebut karena mencampur angin nitrogen dengan angin biasa memiliki banyak dampak negatif.

Penggunaan angin hasil ban nitrogen dicampur angin biasa dapat membahayakan Anda saat berkendara.

Hal ini disebabkan karena tekanan udara di ban mobil Anda tidak stabil dan suhu di ban akan cepat panas.

Perbedaan tekanan udara antara oksigen dan nitrogen akan menyebabkan ban cepat panas dan membuat ban mobil bisa meledak.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda jangan memakai hasil  ban nitrogen dicampur angin biasa karena bisa berbahaya.

Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif.

Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalanan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya.

Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.