Apakah Nitrogen Boleh Dicampur dengan Angin Biasa di Ban?

By Aulia Riski Chandra - Juni 12, 2019

Banyak yang mencoba ban nitrogen dicampur dengan angin biasa, biasanya karena kondisi terdesak tidak ada yang menyediakan nitrogen untuk bannya. Lalu bagaimana dampaknya?

Melakukan servis secara berkala memang diperlukan untuk menjaga performa kendaraan bermotor Anda. Salah satu yang harus Anda perhatikan ketika melakukan servis adalah pada bagian ban mobil Anda.

Jika ban mobil bocor atau kurang angin, tentu akan membahayakan Anda sebagai pengendara.

Saat Anda mengisi angin untuk ban mobil di bengkel. Pom bensin, ataupun tukang ban di jalan, Anda akan ditawarkan oleh dua pilihan, yaitu angin nitrogen dan angin biasa.

Angin ban kendaraan baik motor atau mobil umumnya dibagi dua yaitu angin biasa dan nitrogen.

Kelebihan Menggunakan Ban Nitrogen

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa terdapat beberapa kelebihan dari menggunakan ban nitrogen, namun, untuk Anda yang masih belum tahu informasi mengenai kelebihan dari ban nitrogen Anda bisa simak infonya berikut ini:

  • Tidak Cepat Panas

Salah satu kelebihan menggunakan ban nitrogen pada kendaran Anda adalah ban tidak cepat panas jika dibandingkan dengan ban yang menggunakan angin biasa.

Selanjutnya, tekanan angin nitrogen cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan angin biasa karena partikel molekul nitrogen lebih besar dari angin biasa, sehingga angin sulit untuk keluar dari pori-pori ban. 

Berita Terkait

Author