Apa Perbedaan Toyota Kijang Innova Bensin dan Diesel?

By Arris Riehady - April 30, 2021

Toyota Kijang Innova adalah salah satu MPV primadona di Indonesia, lantas apa perbedaan Toyota Kijang Innova bensin dan diesel?

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova ini masuk dalam seri produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV). Selain Toyota Kijang Innova, produk Toyota yang masuk ke dalam skema IMV ada Toyota Hilux dan Toyota Fortuner.

Tidak hanya diproduksi di dalam negeri, Toyota New Kijang Innova diekspor ke luar negeri seperti negara-negara di Asia, Eropa, Afrika, Oceania, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Begitu larisnya, Multi Purpose Vehicle (MPV) legendaris yang generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 1977 ini telah terjual hampir 2 juta unit.

Baca juga: 50 Tahun Toyota Indonesia, Kijang Innova Limited Edition Meluncur

Ada dua varian yang dihadirkan sejak 2015, yaitu Toyota Kijang Innova bensin dan diesel, yang dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia.

Namun, apa perbedaan kedua varian tersebut? Sebelum memutuskan untuk memilikinya, cari tahu dulu yuk perbedaan Toyota Kijang Innova bensin dan diesel.

Toyota Kijang Innova

Mesin Toyota New Kijang Innova

Hal ini jelas jadi perbedaan Toyota New Kijang Innova bensin dan diesel. Toyota New Kijang Innova bensin menggendong mesin dengan kode 1TR-FE empat silinder segaris berkapasitas 2.000 cc.

Ditambah dengan teknologi Dual Variable Valve Timing with Intelligent (VVT-i), mesin bensin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 139 PS dengan torsi 190 Nm.

Baca juga: Toyota Innova Diesel Bekas Harga di Bawah Rp 300 Juta, Mau?

Sementara untuk Toyota New Kijang Innova diesel, mesin yang digunakan berkode 2GD-FTV. Konfigurasinya sama, empat silinder segaris, namun kapasitasnya lebih besar, yakni 2.400 cc.

Dengan VNT (Variable Nozzle Turbo), mesin diesel ini bertenaga 147 PS dan torsi 367 Nm sejak putaran 1.200-2.600 RPM.

Baik Toyota New Kijang Innova bensin dan Toyota New Kijang Innova diesel sama-sama menggunakan roda belakang sebagai penggeraknya.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova

Di sisi lain, performa Toyota Kijang Innova ditunjang dengan Drive Mode System yang mampu merubah karakter berkendara menjadi efisien maupun responsif.

Baik Toyota Kijang Innova bensin dan diesel menggunakan sistem transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic, yang menjadi opsi transmisi selain manual 5-percepatan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!