Search Cars

Otomotif

Apa Maksud Cat Oven di Bengkel Mobil? Ini Penjelasannya

Cat oven bukanlah merek dari cat mobil. Lalu apa sebenarnya cat oven? Berikut penjelasannya.

cat oven

Kendala goresan, jamur, atau noda yang sulit dihilangkan seringkali membuat tampilan mobil menjadi kurang enak dipandang.

Terlebih jika goresan dan noda tersebut cukup dalam dan sulit dihilangkan. Untuk mengakali hal tersebut, pengecatan bodi di salon mobil bisa menjadi solusinya.

Ada beberapa pilihan yang tersedia bagi pemilik mobil saat ingin melakukan pengecatan bodi mobil, salah satunya adalah dengan cat oven.

Namun, sebagian pemilik mobil ada yang masih belum familiar dengan istilah ini. Banyak yang mengira kalau cat oven adalah sebutan sebuah nama atau merek dari cat yang digunakan saat proses pengecatan.

Padahal, istilah cat oven adalah sebuah teknik pengecatan mobil yang menggunakan fasilitas ruangan tertutup khusus, layaknya sebuah oven.

Teknik ini biasanya dilakukan pada pengecatan bagian bodi secara keseluruhan, sedangkan panel-panel kecil tidak harus menggunakan oven.

Baca juga: Cover Mobil Berbahan Plastik Bening, Amankah untuk Cat Mobil?

Ruangan oven itu juga bisa disebut dengan paint booth. Penggunaan paint booth ditujukan agar menghasilkan proses pengecatan yang bebas dari debu dan juga kotoran. 

Teknik ini juga mampu mematangkan cat agar lebih menempel pada bodi mobil, sehingga warna yang dihasilkan lebih maksimal.

Kemudian, karena proses pengecatan mobil dilakukan di dalam ruangan yang steril, kebersihannya otomatis sangat terjaga, sehingga terhindar dan jauh dari adanya debu atau kotoran-kotoran lainnya.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Bahkan, nyamuk dan serangga dipastikan tidak ada dalam ruangan oven.

Cat oven menghemat waktu pengeringan

Ketahanan cat oven dinilai lebih baik daripada cat biasa. Pasalnya, kilap yang dihasilkan cat oven rata-rata bertahan hingga 3 tahun, lebih lama daripada cat biasa.

Selain hasil yang bagus, teknik ini juga bisa menghemat waktu pengeringan karena tidak harus bergantung pada cuaca dan sinar matahari seperti halnya pada pengecatan dengan teknik biasa.

Sebab, pengeringan dengan teknik cat oven menggunakan suhu rata-rata 60-80 derajat celcius dengan waktu pengerjaan 30 menit.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Lain halnya jika pengeringan dilakukan pada ruang tertutup tanpa pemanasan, waktu pengeringan akan menghabiskan waktu hingga 5 jam dengan bahan yang sama persis.

Kemudian, cat oven memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dan lancar sehingga udaranya bersih. Uap sisa proses pengecatan dapat langsung terbuang jika sirkulasinya baik.

Meski memberikan hasil yang bagus dan lebih cepat, kamu perlu lebih teliti saat memilih bengkel jika berencana menggunakan jasa cat oven.

Baca juga: Biar Kekinian, Ini Bagian dari Mobil Tua yang Perlu Dimodifikasi

Sebab, ada beberapa oknum yang tidak menggunakan oven mobil asli, melainkan hanya ruangan yang diberi penerangan dari lampu dan tidak bisa diatur suhunya.

Sebelum menentukan bengkel mobil untuk melakukan pengecatan, kamu bisa melakukan research terlebih dahulu dengan mencari review melalui internet atau meminta rekomendasi dari teman dan komunitas.

Kemudian, kamu bisa melakukan survey langsung ke bengkel tersebut, perhatikan kebersihan serta kelengkapan peralatan dari bengkel mobil tersebut.

Mengenai harganya, cat oven relatif lebih mahal daripada cat biasa, yakni sekitar Rp 7 jutaan hingga belasan juta rupiah. Hal ini tentu sebanding dengan kualitas dan lama waktu yang dibutuhkan selama proses pengerjaan.

Selain menjaga estetika mobil, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan berkala pada mobilmu. Kamu bisa menggunakan fitur Booking Service atau Home Service dari Seva.id. Jadi, kamu bisa menghemat waktu.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.