Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apa Kelebihan dan Kekurangan Ganti Knalpot Mobil?

Biasanya, suara knalpot bawaan pabrik belum sesuai dengan keinginan. Ini kelebihan dan kekurangan ganti knalpot mobil.

ganti knalpot mobil

Selain velg, salah satu komponen yang sering dimodifikasi oleh pemilik mobil adalah knalpot. Biasanya, suara knalpot bawaan pabrik belum sesuai dengan keinginan. Jadi, perlu dilakukan penggantian dengan knalpot aftermarket supaya terdengar lebih garang.

Namun, penggantian knalpot tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan mempengaruhi tenaga mesin. Selain itu, perlu diketahui fungsi dari knalpot cukup krusial, yaitu sebagai pembuangan gas sisa dari hasil pembakaran di ruang mesin.

Kerusakan knalpot mobil dapat membahayakan. Gas buangan dari knalpot mengandung banyak zat berbahaya seperti karbon monoksida, benzene, formaldehyde, ozone, dan terkadang juga timbal.

Baca juga: Kenali Gejala Kerusakan Knalpot Mobil Sebelum Terlambat

Misalnya knalpot bocor, zat berbahaya tersebut dapat masuk ke dalam kabin. Jika terhisap dapat menyebabkan penyakit paru-paru, dan bahkan kematian akibat keracunan. Jangan sampai terjadi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengganti knalpot mobil. Untuk lebih jelasnya, ini kelebihan dan kekurangan ganti knalpot mobil.

ganti knalpot mobil

Kelebihan ganti knalpot mobil

Selain suara mobil yang jadi lebih garang daripada sebelumnya, kelebihan ganti knalpot mobil adalah memberikan tenaga lebih kepada mesin sehingga dorongan lebih terasa saat menginjak gas.

Pasalnya, ukuran diameter pipa pada knalpot aftermarket umumnya lebih besar dari bawaan pabrik sehingga berpengaruh terhadap besarnya gas buang.

ganti knalpot mobil

Kekurangan ganti knalpot mobil

Lantas, apakah dengan tenaga yang lebih besar dan dorongan terasa lebih ringan jadi kekurangan ganti knalpot mobil karena bikin boros bahan bakar minyak (BBM)?

Baca juga: Knalpot Mobil Suka “Nembak”, Mungkin Ini Masalahnya

Jawabannya tidak, ganti knalpot mobil tidak akan secara signifikan berpengaruh pada borosnya konsumsi BBM. Ada banyak faktor mengapa mobil boros BBM, salah satunya adalah gaya berkendara.

Karena suara yang dihasilkan knalpot aftermarket dan ringannya tarikan mobil, membuat tanpa sadar pengemudi jadi sering menginjak pedal gas. Hal ini justru yang membuat konsumsi BBM jadi boros.

Selanjutnya, kekurangan ganti knalpot mobil adalah polusi suara. Tidak semua pengguna jalan nyaman dengan suara knalpot yang terlalu bising.

Ambang batas kebisingan knalpot mobil ini diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup no.7 Tahun 2009. Untuk mobil penumpang, suara knalpot maksimal dalam aturan tersebut adalah 87 desibel (db).

ganti knalpot mobil

Hal yang harus diperhatikan saat ganti knalpot mobil

Biasanya, knalpot yang tersedia di pasaran berukuran 3 sampai 4 inchi. Untuk itu, kamu perlu memilih dan menentukan ukuran knalpot yang ideal. Jika bingung, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan mekanik bengkel resmi sebelum ganti knalpot.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan header, resonator, serta muffler dengan ukuran pipa tersebut. Oleh karena itu, selain konsultasi dengan mekanik, pilihlah pipa yang sesuai dengan mobil sehingga gas buang dapat keluar dengan lancar.

Header adalah kepala dari pipa saluran gas buang yang berperan menerima hasil pembuangan terlebih dulu dari mesin. Umumnya, header memiliki konfigurasi 4-2-1 atau 4-1 hingga 4-1-2.

Konfigurasi 4-2-1 berarti gas buang akan disalurkan melalui 4 header dan didistribusikan ke 2 pipa saluran, kemudian bermuara di satu pipa pembuangan. Lalu 4-1-2 artinya dari 4 header menuju 1 pipa dan disalurkan ke 2 buangan knalpot atau silencer.

Selain ukuran dan konfigurasi, penggantian knalpot perlu memperhatikan transmisi mobil. Apabila mobil bertransmisi manual, ada baiknya untuk memperhatikan ukuran header, resonator, hingga muffler secara teliti.

Daihatsu Peduli Banjir

Sementara untuk mobil bertransmisi otomatis, proses penggantian knalpot lebih sederhana. Pemilik mobil cukup menggunakan konfigurasi dan desain yang sesuai dengan mobil, ditambah diameter pipa yang tidak terlalu besar.

Baca juga: Sebelum Modifikasi, Simak Cara Pasang Klakson dan Aturannyas

Ganti knalpot tidak semudah yang dipikirkan. Bukan hanya harus mencopot baut-baut dari kolong mobil, perhitungan spesifikasi yang matang harus dikerjakan secara teliti agar performa mesin tidak terganggu saat sedang melaju.

Jadi, saat ingin ganti knalpot, lebih baik bawa mobil ke bengkel resmi yang sudah terpercaya ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.