Pakai Kaos Kaki di Sneakers Anda Jika Tidak Ingin Kaki Berjamur

sepatu sneakers coupleSelain menjadi alas kaki, sepatu kini juga menjadi penunjang gaya berpakaian seseorang. Tak jarang, model sepatu, seperti sneakers dipadukan dengan gaya berpakaian agar terlihat “matching”.

Namun, demi memaksimalkan gaya berpakaian, ada hal yang kadang harus dikorbankan, seperti tidak pakai kaus kaki atau “sockless”, istilah keren di kalangan pengguna sepatu sneakers.

Bagi yang memiliki kebiasaan seperti itu, sebaiknya mulai menghilangkannya dan segera pakai kaus kaki. Menurut sebuah penelitian dari College of Podiatry (cabang kedokteran yang khusus menangani masalah dan kelainan pada kaki), menggunakan sepatu tanpa pakai kaus kaki dapat menyebabkan terjadinya kenaikan jumlah jamur dan bakteri pada kaki penggunanya.

sepatu sneakers priaHal ini karena keringat yang keluar dari kaki akan langsung membasahi bagian dalam sepatu. Sepatu yang tidak memiliki sirkulasi udara yang memadai akan membuat kaki jadi lembab. Sementara kaki sendiri merupakan bagian dari tubuh yang mengeluarkan lebih banyak keringat daripada anggota tubuh lainnya, sehingga lebih rentan untuk jadi sarang perkembangbiakan jamur dan bakteri.

Efeknya, selain menimbulkan bau tidak sedap pada kaki dan sepatu, ada juga beberapa penyakit yang dapat menyerang kaki Anda, seperti penyakit kaki atlet atau kutu air.

sepatu sneakers wanitaUntuk menyiasati dan mencegah penyakit pada kaki, sebaiknya Anda tetap pakai kaus kaki bila menggunakan sepatu. Lagi pula, saat ini sudah tersedia berbagai model kaus kaki seperti seperti low cut, pendek, ankle, hingga panjang.

“Umumnya, kami melihat semakin banyak orang datang kepada kami dengan masalah yang disebabkan oleh alas kaki yang tidak pas, dan bukan hanya karena memilih bepergian mengenakan sepatu tanpa pakai kaus kaki,” kata Emma Stevenson, dari College of Podiatry

sepatu sneakers putihTak hanya itu, sebaiknya Anda juga memiliki beberapa pasang sepatu, serta usahakan untuk selalu menggantinya dan memberi waktu bagi sepatu yang telah terpakai untuk bisa kering sebelum digunakan kembali. Namun, jika Anda hanya memiliki sepasang sepatu, usahakan agar sepatu tetap dalam keadaan kering dan selalu menjaga kebersihannya.

Beauty is pain, tapi kalau ingin bergaya bisa tetap sehat dengan memperhatikan saran di atas. Jadi masih tetap pakai kaos kaki di sneakers Anda?