Apa Alasan Pertama Kali Diciptakannya Lampu Lalu Lintas?

By Reka Harnis - Maret 1, 2021

Ada yang tahu kapan dan apa alasan diciptakannya lampu lalu lintas? Yuk, simak lengkapnya berikut ini.

lampu lalu lintas

Seiring bertambahnya jumlah kendaraan di dunia, kepadatan jalan ikut meningkat hingga menyebabkan macet yang bahkan bisa memakan waktu hingga hitungan jam.

Tentunya, berbagai solusi kerap dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya ialah kemunculan lampu lalu lintas, atau biasa disebut dengan lampu merah.

Lampu dengan tiga warna ini dapat dengan mudah ditemukan di beberapa ruas jalan terutama jalan dengan tingkat kepadatan yang tinggi. 

Fungsi dan makna warna lampu lalu lintas

Lampu lalu lintas berfungsi untuk memfasilitasi pengguna jalan, termasuk para pejalan kaki, serta membuat situasi jalan menjadi lebih kondusif dan terkendali. 

Maka dari itu, warna yang ada dibuat dengan beberapa pertimbangan. Seperti warna merah mengandung corak oranye dan hijau memiliki corak biru, di mana pemilihan warna ini bisa membantu penderita buta warna dalam mengenali lampu lalu lintas.

Sedangkan lampu kuning dipilih karena warna ini cukup mudah dikenali pada siang atau malam hari, serta dianggap jadi pembeda dari dua warna lain yaitu merah dan hijau.  

Lalu, bagaimana sejarah munculnya lampu lalu lintas?

Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau yang dikenal dengan lampu lalu lintas ditemukan pada pertengahan abad ke-19 di London, Inggris.

Sejak dulu, London sudah tidak lagi asing dengan kondisi jalan yang sangat padat.

Dalam buku berjudul Victorian London: The Life of a City 1840-1870 yang ditulis oleh Liza Picard, sudah ada 13 ribu kendaraan, termasuk kereta kuda yang lalu-lalang di jalan-jalan Kota London kala itu.

Kondisi terparah yang dialami London pada masa itu terjadi di Jalan Temple Bar, Bank of England, dan London Bridge.

Sama seperti pada umumnya, kemacetan terjadi pada jam-jam kerja, di mana tak hanya dipadati oleh kendaraan yang melintas namun juga oleh para pejalan kaki.

Baca juga: Pencabutan SIM Bisa Dilakukan Bila Melanggar Aturan Lalu Lintas

Begitu padatnya lalu lintas London, ada beberapa orang yang bahkan mempertaruhkan nyawanya untuk menyeberang menuju lokasi tujuan mereka.

Kegiatan itu tidak hanya membuat laju kendaraan terhambat, namun juga menyulitkan para pejalan kaki, terutama bila berhadapan dengan persimpangan jalan.

Demi mengatasi permasalahan tersebut, pada 10 Desember 1868, lampu lalu lintas diperkenalkan dan dipasang di dekat gedung parlemen Inggris di Westminster, untuk mengatur persimpangan jalan antara Great George Street dan Bridge Street.

Berita Terkait

Author