Search Cars

Travel & Lifestyle

Antirepot, Ini Tips Mudik yang Paling Menyenangkan untuk Pasangan Muda

Sebagai pasangan baru, tentu periode mudik tahun ini menjadi perjalanan perdana untuk pulang ke kampung halaman bersama. Karenanya, agar mudik berjalan lancar, yuk, simak tips mudik bagi pasangan muda yang bisa Anda terapkan.

 

Mudik saat lebaran adalah agenda yang sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Kegiatan tersebut dapat dilakukan antara sebelum maupun sesudah Hari Raya Idul Fitri.

 

Umumnya, bagi kamu yang ingin merasakan mudik lebih lama di kampung halaman, banyak yang memilih untuk mengambil cuti lebih awal. Namun, bagi yang ingin menghindari macet atau bahkan kehabisan tiket, biasanya memilih untuk pulang kampung di pasca-lebaran.

 

Namun, terlepas dari kegiatan mudik yang sudah kamu rencanakan sedari awal, ada hal penting yang perlu kamu persiapkan, apalagi bagi pasangan baru. Jangan sampai perjalanan mudik yang harusnya menyenangkan, malah tidak mengasyikan karena ada sesuatu yang tertinggal di rumah.

 

Lantas, apa saja yang harus kamu persiapkan saat mudik sebagai pasangan baru? Berikut tips mudik bagi pasangan baru yang Sejalan rekomendasikan untukmu.

Buat anggaran keuangan

Sebelum mudik, kamu perlu menentukan lebih dahulu berapa biaya yang akan dianggarkan buat perjalanan mudikmu itu. Jika sebelumnya kamu mengeluarkan dana untuk dirimu sendiri, tetapi sekarang kamu bakalan mengeluarkan dana lebih untuk membiayai pasanganmu juga, seperti transportasi hingga anggaran untuk makan.

 

Jadi, saat kamu membuat anggaran mudik, buatlah dengan melebihkan bujet pengeluaranmu. Dengan begitu, saat mudik berlangsung kamu tidak membawa uang yang terbilang pas saja, tetapi setidaknya cukup untuk membiayai perjalanan untuk dua orang.

Menyiapkan camilan bersama

Hal lain yang perlu kamu lakukan saat mudik bersama pasangan ialah menyiapkan bekal makanan bersama. Pasalnya, makanan yang kamu bawa saat mudik juga penting untuk kamu siapkan jauh-jauh hari sebelum berangkat.

 

Sebab, jika kamu membeli makanan di jalan, harga yang dipatok untuk satu menu makan atau camilan juga terbilang mahal, terlebih saat mudik berlangsung. Tak sedikit penjual makanan yang menaikkan harga jual di masa mudik.

 

Jadi, daripada membuatmu boros, ada baiknya kamu menyiapkan makanan lebih dahulu dari rumah. Kamu bisa membawa camilan atau makanan berat agar dapat kalian konsumsi bersama di perjalanan.

Bawa barang secukupnya

Persoalan barang bawaan selama mudik juga menjadi salah satu hal yang perlu kamu persiapkan dengan matang. Bila kamu hendak mudik dalam waktu yang lama, bawalah barang-barang secukupnya dan seperlunya saja.

 

Baca juga: Cara Simpel Packing Barang

 

Pasalnya, barang bawaan yang kamu bawa dapat mempengaruhi pengeluaranmu, terlebih jika kamu pergi mudik menggunakan transportasi umum yang memungkinkan adanya charge untuk biaya bagasi dan tentu itu juga akan merepotkan kamu saat packing barang-barang. Belum lagi, jika setelah liburan kamu mendapat atau membeli oleh-oleh di kampung halaman. Ini pun akan membuat perjalanan mudikmu menjadi tidak seru.

 

Karenanya, sebisa mungkin bawalah barang secukupnya dengan menyesuaikan durasi mudikmu. Lalu, perkirakan juga oleh-oleh apa yang akan kamu bawa saat kembali ke Jakarta, ya.

Atur pembagian THR dengan maksimal

Mudik lebaran memang lebih identik dengan silaturahmi. Namun, bukan berarti kamu tak perlu menyiapkan sedikit oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Bahkan, tak jarang juga sanak-saudara di kampung halamanmu begitu antusias dengan uang THR lebaran dari kamu.

 

Baca juga: Aplikasi Mudik yang Bisa Bikin Mudik Lancar

 

Karena itu, agar THR kamu tersalurkan dengan benar, kamu dan pasanganmu juga perlu mengatur uang THR sebelum mudik. Kalian bisa patungan, menyisihkan sebagian uang, untuk memberikan THR kepada saudara di kampung halaman, baik untuk saudara di kampung halaman kamu atau pasanganmu.

 

Namun, perlu diingat, aturlah pengeluaran untuk uang THR dengan adil dan sesuai dengan pendapatan kalian. Untuk itu, kamu bisa mendiskusikannya bersama sambil menentukan anggaran dana untuk mudik.

Mudik bareng Sejalan bagi pasangan muda

Bagi pasangan muda yang baru pertama kali mudik, tentu ingin sekali menikmati perjalanan dengan aman dan menyenangkan. Kalian bisa tetap santai sambil menikmati suasana di jalan.

 

Baca juga: Dijamin Untung, Mudik Bareng Sejalan Lebih Hemat

 

Untuk itu, guna menciptakan perjalanan mudik yang aman dan menyenangkan, kamu bisa mendapatkannya dengan mudik bareng Sejalan. Aplikasi ini menyiapkan perjalanan mudik bersama Kapten Sejalan, menggunakan kendaraan pribadi, atau naik travel bersama Teman Sejalan lainnya.

 

Selain itu, tiket mudik bareng Sejalan lebih terjangkau. Kamu bisa menghemat biaya dengan ride sharing atau dengan bus travel yang menjadi mitra Sejalan. Ditambah lagi, tiket perjalanan di Sejalan sangat banyak, jadi kamu tidak akan kehabisan tiket sekalipun memesannya H-1 waktu mudik berlangsung.

 

 

Dengan begitu, perjalanan mudikmu akan terasa lebih seru dan menyenangkan, bukan? Jadi, ayo download aplikasi Sejalan dan pesan tiket perjalananmu sekarang!

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.