All New Avanza dan All New Veloz Resmi Diluncurkan di Indonesia

Setelah ditunggu-tunggu All New Avanza dan All New Veloz resmi diluncurkan Toyota di Indonesia dengan platform baru, berapa harganya?

All New Avanza dan All New Veloz

Hari ini (10/11) All New Avanza dan All New Veloz akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia secara World Premiere oleh PT Toyota-Astra Motor melalui channel YouTube ToyotaIndonesia.

“Kami bersyukur, di usianya yang ke-18, Avanza semakin dipercaya masyarakat menjadi salah satu MPV terlaris di Indonesia dengan lebih dari 1,8 juta pelanggan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Bahkan, Avanza juga menjadi satu-satunya mobil karya anak bangsa yang meraih 13 rekor MURI, salah satunya adalah Pencapaian Penjualan Tercepat 1 Juta Unit untuk Semua Kategori Jenis Mobil dalam kurun waktu 9 tahun.

Baca juga: Sejarah Toyota Avanza dari Dulu hingga Sekarang

Sementara Veloz berasal dari kata “Velocity”, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 sebagai varian tertinggi dari Toyota Avanza yang fenomenal, sebuah MPV kompak yang menjadi mobil terpopuler pilihan masyarakat Indonesia.

All New Avanza dan All New Veloz sudah masuk generasi ketiga dengan platform yang benar-benar baru. Apa saja fiturnya dan berapa harganya?

All New Avanza dan All New Veloz

Platform baru

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD), generasi ketiga Avanza dan Veloz ini menggunakan penggerak roda depan atau rear wheel drive (RWD) dengan platform yang baru.

Baca juga: Xenia Baru Bakal Upgrade Fitur Safety, Apa Saja Ubahannya?

Platform baru keduanya juga dipadukan dengan New Developed Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper.

Hasilnya, keduanya mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

Meski begitu, manuver All New Avanza dan All New Veloz dipersenjatai kemampuan manuver yang sangat baik, salah satunya berkat radius putar 4,9 meter dan ground clearance yang memadai.

Baca juga: Alasan Avanza dan Veloz Lama Tetap Worth It

Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

All New Avanza dan All New Veloz

Desain lebih stylish dan sporty

Dengan embel-embel all new, tidak hanya platform baru yang diberikan pada Avanza dan Veloz, tapi juga desain yang total baru baik sisi eksterior dan interior.

Bagian eksterior, kesan kokoh, tangguh, dan agresif terpancar dari kap mesin yang tinggi sebagai bagian dari New Distinctive Front Look, serta New Formidable Design Front Grille dengan lekukan kokoh yang menjadi lokasi New Advanced LED Headlamp with Sequential Turn Lamp, serta dengan New Fog Lamp.

Baca juga: Lebih dari 30 Brand Motor dan Mobil Bakal Mejeng di GIIAS 2021

Sementara di bagian interior, keduanya memastikan 7 penumpang dapat duduk dan berinteraksi dengan nyaman tanpa merasa terkendala.

Selain itu, interiornya juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan, bahkan dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

New Comfortable Full Dashboard Interior merupakan penegasan dari transformasi total All New Avanza dan All New Veloz. Desain dashboard yang premium dan stylish diperkuat dengan pemasangan teknologi high-end yang mengelilingi kabin.

All New Avanza dan All New Veloz

Fitur TSS

All New Avanza memiliki 4 varian yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense). Lalu All New Veloz tersedia dalam 3 pilihan varian yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Baca juga: Kendaraan Belum Uji Emisi Bakal Kena Sanksi Tilang?

Masing-masing disertai dengan varian TSS yang meliputi Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, serta Front Departure Alert .

Selain TSS, fitur keselamatan pada keduanya pun lengkap seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist yang menjadi standar baru di semua model Toyota. Lalu ada juga Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

All New Avanza dan All New Veloz

Mesin All New Avanza dan All New Veloz

All New Avanza dan All New Veloz hadir dengan mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform baru.

Baca juga: BMW Indonesia Jadi Kendaraan Resmi di GP Mandalika

Untuk Avanza tersedia mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm, Sementara selanjutnya ada 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Penerapan teknologi Dual VVT-i telah terbukti andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan. Kini mesin ini juga disempurnakan dengan New CVT Transmission.

Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.

All New Avanza dan All New Veloz

Harga All New Avanza dan All New Veloz

All New Avanza dan All New Veloz sudah bisa langsung dipesan. Sementara untuk yang ingin melihat keduanya secara langsung, dapat datang ke GIIAS 2021 yang berlangsung pada 11-21 November di Indonesia Convention Center (ICE), BSD, Tangerang.

Baca juga: Hanya Bisa Online, Begini Cara Beli Tiket GIIAS 2021

Seperti sudah disebut di atas terdapat varian baru pada All New Avanza dan All New Veloz, berikut harga lengkapnya.

Harga All New Avanza

  • Toyota All New Avanza 1.3 E M/T Rp 206.200.000
  • Toyota All New Avanza 1.5 G M/T Rp 228.500.000
  • Toyota All New Avanza 1.5 G CVT Rp 241.400.000
  • Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000

Harga All New Veloz

  • Toyota All New Veloz M Rp 251.200.000
  • Toyota All New Veloz Q CVT Rp 272.100.000
  • Toyota All New Veloz Q CVT TSS Rp 291.500.000

Jadi, kamu lebih suka yang mana All New Avanza atau All New Veloz? Apa pun pilihannya, kalau mau beli mobil baru secara online ya di Seva.id!