Search Cars

Tips & Rekomendasi

Alasan Performa Mobil Menurun Setelah 5 Tahun Pemakaian

Benarkah performa mobil menurun bila sudah memasuki usia 5 tahun pemakaian? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

performa mobil menurun

Akselerasi terasa lamban, mesin mudah knocking (mengelitik), dan konsumsi BBM menjadi boros merupakan gejala performa mobil menurun.

Ada banyak faktor yang memengaruhi performa mobil menurun setelah di atas lima tahun. Apalagi mobil yang memang digunakan sehari-hari dan sering menempuh perjalanan jauh.

Salah satu faktornya adalah tumpukan karbon di dalam mesin. Hal ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.

Baca juga: Apa Tujuan Ketok-Ketok Bodi Saat Beli Mobil Bekas?

Meski mobil masa kini telah dilengkapi berbagai sensor untuk untuk selalu menjaga pembakaran selalu optimal, namun kualitas bahan bakar dan kondisi lalu lintas macet membuat mobil banyak melakukan stop and go.

Hal ini memungkinkan terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.

performa mobil menurun

Pembakaran yang tidak sempurna itulah yang menyebabkan tumpukan karbon pada mesin dan membuat performannya menurun.

Bayangkan bila hal tersebut terus berulang selama lima tahun. Belum lagi karena kesibukan kamu sering melewatkan jadwal servis dan perawatan berkala.

Baca juga: Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Bekas, Mudah dan Praktis

Tidak dapat dipungkiri, turun mesin dengan biaya yang besar bisa saja terjadi pada mobilmu.

Selain faktor di atas, masih ada lagi penyebab performa mobil menurun setelah di atas 5 tahun. Selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Alasan performa mobil menurun

performa mobil menurun

Alasan performa mobil menurun

performa mobil menurun

Supaya performa mobil tidak menurun setelah di atas 5 tahun dan lebih, ada baiknya kamu selalu melakukan servis dan perawatan berkala di bengkel resmi.

Perawatan mobil sekarang lebih mudah tanpa perlu ke bengkel dan repot antre. Kamu cukup menggunakan layanan Home Service yang ada di dalam Booking Service Seva.id.

Booking Service

Sementara jika ingin mobil bekas berkualitas yang performanya tetap terjaga, kamu bisa membelinya melalui Pilihan Expert Seva.id.

Baca juga: KTP Hilang Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

Bukan itu saja, mobil yang tersedia dijamin bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, bukan mobil mutasi dari luar daerah, nomor mesin dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

Pilihan Expert

Jadi tunggu apalagi, yuk jaga performa mobil dan gunakan Pilihan Expert jika ingin memiliki mobil bekas berkualitas.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.