Alasan Pentingnya Melakukan Servis 1.000 Kilometer

Meski masih baru, mobil yang baru saja dibeli wajib melakukan servis 1.000 kilometer. Kenapa begitu? Simak alasannya berikut ini.

servis 1.000 kilometer

Baru saja membeli mobil baru? Jangan sampai kamu melewatkan servis 1.000 kilometer, karena hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa mobil baru sudah pasti memiliki kondisi mesin yang masih prima serta sparepart yang beroperasi dengan mulus, sehingga merasa tidak perlu melakukan servis setelah satu bulan pemakaian.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Padahal, servis ini penting untuk memastikan kondisi mobil sudah sesuai dengan standar dan berfungsi dengan optimal kurang lebih satu bulan setelah mobil diserahkan ke pembeli.

Lantas, kenapa melakukan servis 1.000 kilometer itu penting? Berikut alasannya.

servis 1.000 kilometer

Pengecekan setelah fase penyesuaian

Mobil yang diberikan kepada pembeli tentunya akan menyesuaikan dengan kebiasaan pemakaian dari pengendaranya. 

Misalnya, mobil langsung digunakan setiap hari dengan rata-rata jarak 50 kilometer dan berkendara dengan kecepatan tinggi. Ada pula yang hanya digunakan seminggu beberapa kali saja.

Pengecekan mobil setelah digunakan sejauh 1.000 kilometer penting, tak hanya bagi pemilik mobil, tetapi juga bagi produsen mobil untuk menjaga agar mobil yang digunakan konsumen kondisinya sudah optimal dan memang sesuai standar perakitan.

servis 1.000 kilometer

Memastikan tidak ada error

Pada proses servis perdana 1.000 kilometer ini mungkin tidak ada penggantian oli atau filter. Tetapi, mekanik bengkel akan melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Baca juga: Pahami Ciri Mobil Akan Terbakar dan Solusinya

Mulai dari bagian mesin seperti oli, volume air radiator, minyak rem, dan komponen mesin lainnya. Lalu,  bagian interior seperti ruang kemudi, kelistrikan, AC, sistem keamanan dan juga bagian eksterior.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi apakah ada potensi gangguan atau error pada mobil sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan besar di kemudian hari.

Meski sudah diproduksi dengan standar yang terjaga dari produsen, beberapa komponen kelistrikan tak luput dari kemungkinan adanya error.

Baca juga: Ciri Fan Belt Rusak dan Cara Merawatnya Agar Tidak Putus

Oleh karena itu, pemilik kendaraan dapat menjelaskan kepada mekanik bengkel jika mobil mengalami masalah dan memberi tahu kebiasaan pemakaian.

Dengan begitu, mekanik bisa melakukan deteksi dini dan memberikan solusi supaya mobil terhindar dari kerusakan.

servis 1.000 kilometer

Pertimbangan pemberian garansi

Alasan lain pentingnya melakukan servis 1.000 kilometer adalah sebagai syarat berlaku garansi. Sejumlah dealer seperti Toyota mewajibkan servis berkala di bengkel resmi sebagai pertimbangan pemberian garansi mobil.

Apabila pemilik mobil tidak melakukan servis berkala 1.000 kilometer atau satu bulan pertama dan mobil mengalami kerusakan, klaim garansi berpotensi ditolak.

Baca juga: Komponen Mobil yang Bisa Rusak Setelah Menghantam Lubang

Keuntungan dari melakukan servis 1.000 kilometer, jika ada kerusakan pada komponen mobil yang bukan disebabkan perlakuan pemilik mobil, akan dilakukan penggantian secara gratis.

All New Veloz

Pemeriksaan secara menyeluruh pada servis perdana tidak akan dikenakan biaya sepeser pun kepada pemilik mobil. Tentunya, akan sangat disayangkan apabila melewatkan servis perdana ini.

Tahun 2021 ini banyak bermunculan mobil baru seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang rilis pada semester 1 2021. Selain itu, ada Toyota All New Avanza, Toyota All New Veloz, dan Daihatsu All New Xenia yang perdana mengaspal pada GIIAS 2021 lalu.

Baca juga: Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Cara Mudah untuk Klaimnya

Nah, bagi kamu yang baru membawa pulang mobil tersebut, terutama untuk yang baru dipesan saat GIIAS 2021, jangan lupa untuk cek apakah kilometernya apakah sudah mencapai 1.000 kilometer atau belum.

Jika sudah mencapai 1.000, segeralah ke bengkel resmi untuk melakukan servis perdana. Servis juga bisa dilakukan saat mobil sudah melewati satu bulan sejak pertama kali digunakan. Jangan lupa ya!