Search Cars

Travel & Lifestyle

Alasan Gorengan Digemari Untuk Buka Puasa di Indonesia

Indonesia memiliki ragam takjil, salah satunya gorengan. Tetapi, kenapa gorengan? Ini jawabannya.

gorengan digemari untuk buka puasa

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa gorengan memang ‘rajanya’ takjil masyarakat Indonesia, mulai dari pisang, ubi, singkong, bakwan, tahu, tempe, dan lain sebagainya selalu menjadi langganan.

 

Gorengan memang selalu mendominasi isi takjil yang dibagikan. Biasanya, gorengan tersebut akan dilengkapi dengan rawit atau bumbu kacang agar lebih nikmat dimakan.

 

Teksturnya yang gurih dan renyah juga membuat mulut selalu rindu berbuka dengan gorengan.

 

Alasan gorengan digemari untuk buka puasa karena bisa dikombinasikan dengan menu lainnya seperti bihun atau mi goreng, hingga lontong.

 

Baca juga: Pilihan Hidangan Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

 

Setelah itu, ada beberapa alasan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, dapat kamu simak di bawah ini.

gorengan digemari untuk buka puasa

Mudah ditemukan

Tidak hanya saat bulan Ramadan atau saat berbuka puasa, gorengan mudah ditemukan kapanpun. Hampir di setiap sudut, khususnya Jakarta, dapat ditemui penjual yang menjajakan gorengan.

 

Sementara saat bulan Ramadan, penjual gorengan jumlahnya bisa lebih banyak, apalagi menjelang waktu berbuka puasa.

gorengan digemari untuk buka puasa

Harga murah

Selain mudah ditemukan, gorengan termasuk makanan yang harga murah. Harga satuannya mulai dari Rp 1.000 bila kamu membelinya di penjual gorengan gerobak atau kaki lima. Semakin besar dan tebal bentuk gorengan maka harga gorengan makin menyesuaikan.

 

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Buka Puasa 2020

 

Berbeda dengan gorengan di rumah makan, harganya memang mahal karena ada pajak di dalamnya. Selain itu, ukurannya juga berbeda dengan yang biasa ditemui di kaki lima.

gorengan digemari untuk buka puasa

Membuat kenyang

Seperti disebutkan di atas, gorengan dapat dikombinasikan dengan berbagai menu makanan ringan lainnya untuk berbuka puasa.

 

Berbuka dengan segelas kolak, dua buah gorengan ditambah sambal kacang dan sebuah lontong dijamin akan membuat perut langsung kenyang.

gorengan digemari untuk buka puasa

Praktis dan mudah disantap

Untuk menyantap gorengan tidak perlu persiapan atau piring khusus, kecuali gorengan yang kamu beli di restoran.

 

Baca juga: Pilihan Hidangan Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

 

Saat kamu beli gorengan di pinggir jalan, makanan ini hanya diwadahi dalam kantung yang terbuat dari kertas dan plastik.

 

Untuk menyantapnya, kamu langung menggunakan tangan. Tapi jangan lupa cuci tangan dulu ya.

gorengan digemari untuk buka puasa

Bahaya di balik gorengan

Namun, jangan menyantap gorengan setiap hari. Walaupun enak, ternyata ada dampak negatif bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi terus-menerus.

 

Sakit tenggorokan adalah satu penyakit yang dapat menerpa kamu bila terlalu banyak dan sering mengkonsumsi gorengan. Hal ini disebabkan oleh kandungan akrolein yang terbentuk dari minyak untuk menggoreng yang digunakan selama beberapa kali.

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Bukber yang Instagramable di Jakarta

 

Minyak yang terkandung dalam gorengan tidak hanya menyebabkan sakit tenggorokan, tapi juga dapat membuat penumpukan lemak. Lemak yang menumpuk dapat menyebabkan kamu kelebihan berat badan atau obesitas.

 

Jika sudah obesitas, penyakit lain biasanya sudah siap antre untuk masuk ke tubuh, mulai dari kolesterol, penyumbatan pembuluh darah yang dapat berkembang jadi stroke, bahkan serangan jantung.

Masih ada lagi penyakit yang disebabkan oleh gorengan, khususnya yang kamu santap saat berbuka puasa. Lemak jenuh yang terkandung dalam gorengan dapat memicu sel kanker yang tidak aktif menjadi aktif di dalam tubuh.

 

Baca juga: Biar Gak Wacana, Ini Tips Bukber Bareng Teman yang Antibatal

 

Oleh karena itu, meski gorengan digemari untuk buka puasa, ada baiknya kamu seimbangkan gizinya dengan rutin mengkosumsi sayur dan buah. Gorengan memang #BikinKamuSiap berbuka puasa di mana saja, tapi jangan lupakan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.