Alasan 17 Tahun Jadi Usia Minimal Syarat Bikin SIM

Salah satu syarat bikin SIM adalah minimal berusia 17 tahun. Apa alasan di baliknya, dan kenapa harus perpanjang tiap 5 tahun?

syarat bikin SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki oleh setiap pengemudi sebagai bukti legal atas kemampuan mengendarai kendaraan.

Hal ini sudah diatur dalam Pasal 77 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mana setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis ranmor yang dikemudikan. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Sertifikat SIM A dari Sekolah Mengemudi

Bagi yang tidak memiliki SIM pada saat berkendara, bisa dikenakan sanksi tilang serta denda. Dalam pasal 281 UU LLAJ, sanksinya bisa berupa pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta rupiah.

Ada sejumlah syarat bikin SIM yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan SIM. Mulai dari syarat administrasi seperti KTP asli serta fotokopinya, sehat jasmani dan rohani, dan tentunya terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Di samping itu, ada syarat lain dari segi usia, yang secara umum adalah 17 tahun. Lantas kenapa syarat bikin SIM harus berusia 17 tahun? Berikut alasannya.

syarat bikin SIM

Punya SIM minimal usia 17 tahun

Dilansir dari Kompas.com, menurut Marcell Kurniawan, Training Direction The Real Driving Center (RDC), usia 17 tahun dinilai sudah mampu untuk fokus, mengambil keputusan yang tepat serta melakukan tindakan antisipatif yang diperlukan.

Baca juga: Perbedaan Sanksi Tidak Memiliki SIM dan Tidak Membawa SIM

Usia tersebut dianggap sudah cukup dewasa dan berkembang baik dari segi fisik, mental, dan perilaku sehingga bisa bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukan.

Meski begitu, tidak semua orang di usia tersebut yang dapat menjadi pengendara yang baik dan benar. Sebab, di usia 17 hingga 20 tahun adalah umur yang rentan mengalami kecelakaan.

Berdasarkan pasal 81 ayat 2 UU LLAJ, usia 17 tahun adalah usia paling rendah untuk pemegang SIM A, SIM C, dan SIM C.

Baca juga: Biaya dan Cara Upgrade SIM C Menjadi SIM CI atau CII

Lebih jelasnya, batasan usia mininum untuk pemegang SIM juga sudah diatur dalam pasal 8 Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021. Berikut ketentuannya:

  1. 17 tahun untuk SIM A, SIM C, dan SIM D
  2. 18 tahun untuk SIM CI
  3. 19 tahun untuk SIM CII

syarat bikin SIM

Perpanjangan SIM tiap 5 tahun

Selain syarat bikin SIM, ada juga hal lain yang perlu kamu ketahui mengenai masa berlaku SIM. Dijelaskan pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012, SIM yang diterbitkan oleh Satpas berlaku selama 5 tahun.

Namun, mengapa hanya berlaku selama 5 tahun dan harus melakukan perpanjangan setelahnya, tidak seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berlaku seumur hidup?

Baca juga: Solusi Foto SIM Hilang karena Terlalu Lama Berada di Dompet

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Hery Sutrisman menjelaskan, alasan utama SIM harus diperpanjang 5 tahun sekali karena kompetensi mengemudi pemilik SIM belum tentu sama selama 5 tahun ke depan baik dari segi fisik maupun mental.

Sebagai contoh, semakin bertambahnya umur seseorang, kemungkinan mengalami penurunan penglihatan. Selain itu, bisa juga pernah mengalami kecelakaan lalu lintas dan kondisinya tidak memungkinkan untuk mengendarai kendaraan.

Maka, orang tersebut dapat mengajukan permohonan pembuatan SIM D dengan kendaraan sesuai cacat tubuh. 

Hal ini pula yang membuat setiap orang yang akan mengajukan SIM harus melewati serangkaian tes seperti pengetahuan mengemudi, sampai tes praktik.

Baca juga: Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online Via Aplikasi Sinar

Tak hanya dari segi kondisi tubuh, kondisi wajah pun juga berubah seiring bertambahnya usia. Misalnya, dari perubahan rambut yang awalnya pendek menjadi panjang pada lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan perpanjangan SIM apabila masa berlakunya sudah hampir habis. Perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan mengunjungi Satpas terdekat atau melalui online dengan mengunduh aplikasi Digital Korlantas POLRI.

Pastikan kamu sudah memenuhi syarat bikin SIM dan mempersiapkan diri ya.