Search Cars

Tips & Rekomendasi

Alarm Mobil Error? Tenang, Kamu Bisa Memperbaikinya Sendiri

Jangan panik saat alarm mobil error, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Begini caranya.

alarm mobil error

Alarm mobil menjadi komponen keamanan yang sangat penting dalam mencegah pencurian atau pembobolan. Tidak jauh berbeda dengan komponen mobil lainnya, kerusakan juga bisa saja terjadi pada alarm mobil.

Terlebih jika mobil kamu bukan lagi mobil baru, kinerja komponen-komponen mobil bisa saja menurun, tidak terkecuali alarm mobil.

Namun, sebaiknya jangan buru-buru menggantinya. Sebab, ada beberapa cara yang bisa kamu coba terlebih dahulu untuk memperbaiki alarm mobil yang error. 

Sebelum memperbaikinya, yuk ketahui dulu penyebab alarm mobil error berikut ini. 

Baterai central lock habis

Pertama, pastikan baterai central lock tak habis. Pasalnya, apabila baterainya habis, mobil akan terus berbunyi. Kondisi tersebut kamu harus membuka pintu mobil secara manual.

Oleh karenanya, untuk menghindari hal tersebut kamu harus melakukan pemeriksaan pada kondisi baterai. 

Pintu mobil tidak tertutup dengan baik

Penyebab berikutnya merupakan salah satu yang paling umum terjadi. Tidak melulu karena kerusakan, alarm mobil yang error bisa saja disebabkan karena kelalaian pemilik mobil yang tidak menutup pintu mobil dengan sempurna.

Untuk itu, sebelum mengunci dan meninggalkan mobil, pastikan seluruh pintu mobil sudah tertutup dengan sempurna agar tidak membuat alarm mobil terus berbunyi.

Sensor pintu tidak berfungsi

Terakhir, salah satu penyebab alarm mobil error adalah sensor pada pintu mobil yang tidak berfungsi. Kerusakan yang terjadi pada sensor pintu mobil akan membuat sensitivitas mobil menjadi lebih tinggi. 

Baca juga: Benarkah Cairan Anti Bocor Bisa Merusak Pelek Mobil?

Selain itu, saklar lampu yang ada pada pintu juga tidak bisa berfungsi sehingga akan membuat alarm mobil error dan berbunyi tanpa sebab.

memperbaiki alarm mobil

Cara memperbaiki alarm mobil error

Nah, kalau sudah memahami penyebab errornya alarm mobil, saatnya membahas cara memperbaikinya. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu sebagai berikut.

Periksa baterai alarm

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baterai yang habis merupakan salah satu penyebab alarm mobil error. Jadi, sebelum terburu-buru menggantinya sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi baterai alarm mobilmu.

Jika setelah diperiksa dan ternyata kamu menemukan bahwa baterai alarmnya sudah habis, kamu bisa menggantinya untuk memperbaiki alarm mobil yang error.

Periksa koneksi remote

Alarm mobil bekerja dengan menggunakan sinyal. Nah, bila alarm mobil kamu error saat kamu sedang berada di sebuah bangunan, bisa jadi sinyal yang dikirimkan remote alarm terhalang sesuatu seperti beton.

Untuk memastikan apakah sinyal terhambat atau tidak, kamu bisa menggunakan alarm dari berbagai sudut.

Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa mengetahui masalah sebenarnya, apakah terjadi karena terhalang beton atau memang ada terjadi kerusakan pada suatu komponen.

Baca juga: Bahaya, Jangan Langsung Injak Rem Saat Ban Mobil Tiba-Tiba Pecah

Baca manual book

Agar tak memperparah kerusakan, kamu bisa baca manual book. Meski tidak akan akan langsung membuat alarm mobil kembali berfungsi, setidaknya kamu akan menemukan cara atau solusi yang mungkin lebih tepat untuk memperbaiki alarm mobil yang error.

Hubungi teknisi 

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara tersebut namun alarm mobil masih error dan tak berfungsi, langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah menghubungi teknisi atau membawanya ke bengkel resmi untuk diperiksa secara menyeluruh oleh mekanik profesional.

Kamu bisa membawa mobil ke bengkel mobil resmi di dekat rumah. Namun, sebelum itu lebih baik gunakan fitur Booking Service Seva.id, jadi kamu tidak perlu menunggu lama di bengkel resmi.

Atau, lakukan perbaikan di rumah dengan menggunakan layanan Home Service dari Seva.id.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas di Pilihan Expert Seva.id. Mobil yang tersedia di Pilihan Expert Seva.id dijamin tanpa kerusakan, termasuk alarm mobil error.

Untuk itu, bila ada kebutuhan mengenai otomotif, jangan lupa mengunjungi Seva.id ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.