Air Garam Dapat Menghantarkan Arus Listrik, Bisa Jadi Alternatif Kelistrikan Mobil?

By Reka Harnis - April 21, 2021

Sebuah penilitian mengungkapkan kalau air garam bisa jadi penghantar arus listrik. Bagaimana dengan kelistrikan mobil?

Air Garam Bisa Menghantarkan Arus Listrik, Bisa Jadi Alternatif Kelistrikan Mobil?

Seorang ilmuwan dari Sustainable Alternative Lighting (SALt) menemukan teknik menciptakan lampu yang bisa menyala selama delapan jam tanpa listrik, melainkan hanya segelas air dan dua sendok teh garam.

Dilansir dari ScienceAlert, sejak awal lampu ini sengaja diciptakan sebagai alternatif bagi mereka yang hidup tanpa listrik. 

Pasalnya, untuk dapat beraktivitas saat malam hari, masih banyak orang harus memanfaatkan minyak tanah untuk bisa menyalakan lampu akibat terbatasnya persediaan listrik.

Hal ini tentu memerlukan biaya yang mahal karena minyak tanah juga bukan barang murah untuk sekarang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bahan Bakar RON 95 Lebih Baik dari RON 92

Air Garam Bisa Menghantarkan Arus Listrik, Bisa Jadi Alternatif Kelistrikan Mobil?

Lampu garam yang disebut SALt  bekerja dengan prinsip baterai galvanik. Sistem ini terdiri dari larutan elektrolit yaitu air garam dan dua elektroda.

Ketika elektroda ditempatkan dalam elektrolit, energi mampu menghidupkan lampu. Uniknya, meski tanpa listrik, sistem ini bisa menyalakan lampu selama delapan jam sehari selama kurun waktu enam bulan.

Baca juga: Masuk Musim Kemarau, Perlukah Mengganti Oli yang Lebih Kental?

Lampu garam telah melalui tahap uji coba di Filipina. Sebanyak 7.000 pulau di Filipina belum memperoleh listrik, sehingga tim SALt memutuskan untuk mendistribusikan lampu ini untuk masyarakat setempat.

Berita Terkait

Author