Ada Makanan Pencegah Kanker, Mitos atau Fakta?

Kanker merupakan sebuah momok penyakit yang mematikan, tapi bisa dicegah. Mitos atau fakta makanan pencegah kanker di bawah ini? Yuk simak!

makanan pencegah kanker

Di Indonesia, kanker diakui sebagai salah satu masalah kesehatan yang sangat dihindari. Tak jarang ada yang beranggapan bahwa terjangkit kanker adalah tanda akhir dari hidup.

 

Anggapan ini tak sepenuhnya salah karena hingga saat ini pun belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan sel ganas ini.

 

Sering terjadi kesalahan, penyakit ini sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semuanya adalah kanker.

 

Tumor adalah segala benjolan tidak normal, dan terbagi dalam dua golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

 

Baca juga: Makanan Khas yang Bisa Dicicipi Saat Melakukan Perjalanan Darat Surabaya-Bali

makanan pencegah kanker

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun

 

Walaupun begitu tidak perlu takut berlebihan, kamu bisa mulai mencegah kanker dari sekarang! Caranya pun beragam, seperti dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan pastinya makan-makanan bergizi.

 

Eits ada juga lho makanan pencegah kanker!

 

Banyak sekali referensi makanan yang konon dapat mencegah kanker. Nah, sebenarnya mitos atau fakta? Berikut makanan pencegah kanker yang mudah kamu temui!

 

Baca juga: Selain Dikenal Manis, Ini Makanan Pedas Yogyakarta yang Banyak Dicari

makanan pencegah kanker

Brokoli

Makanan pencegah kanker yang pertama adalah brokoli. Kabarnya sayur yang satu ini adalah salah satu superfood yang sangat ampuh mencegah kanker. Hal tersebut tidaklah salah.

 

Faktanya, sayur ini memang kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan sulforaphne yang dipercaya memiliki zat anti kanker yang membuat tubuh kebal terhadap pertumbuhan kanker.

makanan pencegah kanker

Wortel

Selain brokoli, wortel juga dipercaya salah satu superfood untuk tubuh. Sering dikenal dengan manfaat ajaibnya untuk kesehatan mata, faktanya wortel juga dapat mencegah kanker.

 

Wortel memiliki kandungan baik yang berkhasiat sebagai antikanker yaitu asam retinoat. Senyawa ini dipercaya dapat mencegah serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu wortel juga mengandung falcarinol yang dapat membunuh sel prakanker pada tumor.

 

Baca juga: Jangan Terlalu Lama Simpan 5 Makanan Ini di Kulkas

makanan pencegah kanker

Salmon

Dari segi protein, ada salmon sebagai makanan pencegah kanker. Salmon dapat membantu penderita kanker untuk untuk melawan sel-sel kanker, baik yang sudah pada stadium awal maupun stadium lanjut.

 

Faktanya, salmon memiliki kandungan zat yang dipercaya sangat ampuh untuk melawan sel ganas itu. Ikan yang terkenal akan migrasi besar-besarannya ini sangat kaya akan Omega-3 dan lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti  efektif mencegah pertumbuhan kanker.

makanan pencegah kanker

Anggur

Mungkin selama ini kamu hanya mengenal anggur sebagai buah yang enak dan menyehatkan. Tahukah kamu, mengkonsumsi anggur beserta bijinya ternyata bermanfaat untuk mencegah kanker?

 

Anggur dipercaya memiliki kandungana ntioksidan, polyphenol, dan resveratol yang nyatanya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang menjadi awal berkembangnya sel kanker pada tubuh.

 

Baca juga: 5 Makanan Super Enak Khas Simpang Lima Semarang, Apa Saja?

makanan pencegah kanker

Kacang kedelai

Konon, dengan mengkonsumsi kedelai bisa mencegah kanker. Namun, disatu sisi dapat pula memicu kanker. Mana yang benar?

 

Faktanya, kacang kedelai sangat baik untuk mencegah maupun membantu proses penyembuhan pasien kanker payudara.

 

Menurut penelitian kacang kedelai mengandung zat isoflavon yang mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara dengan merangsang perkembangan hormon estrogen.

 

Baca juga: Akan Dilarang, Ini Bahaya Minyak Goreng Curah Bagi Kesehatan

 

Itu dia lima makanan yang dipercaya dapat mencegah kanker.

 

Bagaimana, dari lima daftar makanan pencegah kanker di atas, mana yang paling sering kamu konsumsi? Semoga bermanfaat!