Search Cars

Review Otomotif

Ada Embel-embel TRD di Mobil Toyota? Ini Artinya

Apa makna sebenarnya dari mobil TRD? Berikut penjelasan dan mobil-mobil Toyota yang masuk dalam jajaran TRD di Indonesia.

Pecinta otomotif Indonesia pasti sudah tidak asing dengan embel-embel TRD atau Toyota Racing Development yang belakangan banyak melekat di mobil-mobil Toyota keluaran terbaru.

Awalnya, TRD memang mengembangkan dan memasarkan part racing di Jepang. Namun sejalannya waktu, TRD Indonesia juga mulai fokus pada sport part untuk mobil keluaran Toyota.

Perwakilan TRD di Indonesia yaitu PT TRD Indonesia yang mulai berdiri sejak tahun 2012 dan bekerja sama dengan PT Toyota Astra Motor (TAM).

TRD Indonesia pun dipercaya sebagai developer dan pendukung dari mobil-mobil yang digunakan oleh Toyota Team Indonesia di ajang balap.

Jika diperhatikan ada perbedaan penulisan TRD di mobil-mobil Toyota. Ya memang, berikut tiga produk utama yang ditawarkan TRD.

TRD Product

TRD product merupakan spare parts asli dari Jepang langsung yang dikhususkan untuk keperluan balap, tidak untuk mobil-mobil komersial.

Bagi mobil Toyota yang digunakan untuk balap di lintasan tentu membutuhkan aerodinamika dan kecepatan maksimum dalam melajukan kendaraannya.

Di Indonesia, TRD Product digunakan oleh Toyota Team Indonesia (TTI) yang adalah tim balap mobil Toyota. TTI menggunakan mobil Toyota Agya dan Toyota Etios.

Sedangkan kelas Touring, andalannya adalah Toyota Yaris. Selain itu, TTI juga mengikuti kelas Speed Off Road dan Cross Country dengan mobil andalan Toyota Fortuner.

TRD S

Mobil Toyota dengan emblem TRD S di Indonesia biasanya dikhususkan untuk varian tertinggi, sebut saja di antaranya Toyota New Agya TRD S.

Mobil TRD S ini sudah dilengkapi dengan penambahan body kit yang sporty pada bagian eksterior. Sementara di bagian interiornya pun ditambah beberapa aksesoris.

Sementara, untuk bagian mesin sendiri tidak ada ubahan atau sentuhan spare part racing yang diberikan. Artinya TRD S hanya penambahan body kit dan aksesoris interior.

TRD Sportivo

Untuk mobil TRD Sportivo ini mungkin yang paling banyak terlihat di produk Toyota. Sama seperti TRD S, biasanya varian TRD Sportivo ini adalah varian tertinggi.

Produk mobil TRD Sportivo yang dikenal saat ini adalah produk standar Toyota yang sudah lulus uji dengan standar kualitas Jepang yang dikembangkan oleh TRD Indonesia berkolaborasi dengan PT Toyota Astra Motor (TAM), khusus disediakan untuk konsumen yang menginginkan sentuhan gaya sporty.

Tidak hanya hanya penambahan body kit dan aksesoris interior, untuk mobil TRD Sportivo pun ada beberapa spare parts dari TRD yang diberikan, misalnya suspensi, velg, dan lain-lain.

Tidak semua mobil dari Toyota yang dipasarkan di Indonesia mendapatkan varian TRD Sportivo. Biasanya hanya tipe-tipe tertentu dengan model yang sporty. Sebut saja Toyota Yaris, Toyota Rush, Toyota Fortuner, dan Toyota FT 86.

Inilah deretan mobil TRD yang ada di Indonesia.

Mobil TRD

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.