8 Makanan Khas Indonesia untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Tak hanya perlombaan, makanan khas Indonesia juga sering disajikan saat perayaan HUT RI 17 Agustus. Yuk simak ulasannya berikut ini.

makanan khas indonesia

Bulan Agustus dikenal sebagai momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebab di bulan ini, tepatnya di tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan.

Perayaan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, perlombaan, atau syukuran dengan menyajikan berbagai macam makanan khas Indonesia.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Perkembangan Paskibraka Nasional

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa makanan khas Indonesia yang biasa hadir saat perayaan Hari Kemerdekaan?

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Indonesia untuk merayakan 17 Agustus.

Nasi tumpeng

Kuliner yang satu ini memang sudah sering muncul di berbagai macam perayaan, tak terkecuali pada perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Sebab, nasi tumpeng memiliki makna sebagai ucapan rasa syukur setelah membuat sebuah pencapaian.

Nasi yang disajikan dalam bentuk kerucut dan menjulang tinggi ini biasanya dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk seperti potongan ayam goreng atau suwiran ayam, tempe, perkedel, sambal goreng, hingga telur dadar.

Umumnya, nasi tumpeng memiliki warna kunging, namun dalam perayaan HUT RI, nasi tumpeng juga bisa disajikan dengan warna merah putih, lho.

Nasi tutug oncom

Kuliner yang satu ini juga masuk ke dalam daftar makanan khas Indonesia untuk merayakan 17 Agustus. Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Sunda yang sering dihidangkan dalam berbagai macam perayaan, termasuk untuk menyambut HUT RI.

Makanan ini terbuat dari campuran nasi dan oncom hitam bawang putih, kencur dan cabai. Dalam penyajiannya, nasi tutug oncom biasanya disajikan dengan ayam goreng.

Baca juga: Makna dan Filosofi Lomba 17 Agustus yang Jarang Diketahui

Ayam goreng paniki

Kuliner khas Indonesia berikutnya datang dari kota Manado.

Ayam goreng paniki biasanya menggunakan ayam kampung yang kemudian diolah dengan aneka bumbu seperti jahe, daun jeruk, santan, serai, dan berbagai macam rempah-rempah lainnya.

Nasi tiwul

Jika umumnya nasi berasal dari beras, makanan yang satu ini berbahan baku singkong yang dihancurkan dan bertekstur empuk.

Kamu akan mudah menemukan tiwul di daerah Jawa, seperti di kawasan Wonogiri, Pacitan, Gunung Kidul, dan sekitarnya.

Baca juga: Cara Seru Merayakan HUT Kemerdekaan RI di Rumah dengan Keluarga

Konon, makanan ini mengingatkan pada perjuangan bangsa Indonesia yang pada zaman penjajahan tak memiliki cukup uang untuk membeli beras.

Kue bambu runcing

Selain makanan berat, beberapa cemilan juga sering disajikan dalam perayaan Hari Kemerdekaan. Sesuai dengan namanya, kudapan ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bambu runcing. 

Selain itu, kue ini memiliki asal-usul yang cukup unik. Pasalnya, kue bambu runcing sebenarnya merupakan modifikasi dari kue dadar gulung yang kemudian dibentuk menyerupai bambu runcing lalu dipadukan dengan santan dan pisang

Agar semakin menggambarkan suasana kemerdekaan, kue bambu runcing biasanya akan dipesan bersama dengan jus merah putih.

Bubur merah putih

Sama seperti nasi kuning, bubur merah putih biasanya disajikan untuk acara syukuran, tak terkecuali untuk menyambut HUT RI.

Baca juga: Hal Unik di Balik Layar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Warna merah pada bubur ini berasal dari gula merah, sedangkan warna putihnya berasal daro campuran kelapa.

Klepon merah putih

Jika umumnya klepon berwarna hijau, saat perayaan HUT RI, kue tradisional khas Jawa Tengah ini hadir menyerupai warna bendera Indonesia, yakni merah dan putih. 

Oleh karena itu, suasana kemerdekaan pun juga jadi lebih terasa.

Meskipun berwarna merah putih, rasanya tetap sama dengan klepon pada umumnya.

Rujak natsepa

Kalau tadi sudah membahas makanan berat dan kudapan manis, makanan yang berasal dari Indonesia Timur ini memiliki cita rasa asam manis yang berpadu menjadi satu dengan bumbu rujak yang kental.

Nah itulah makanan khas Indonesia yang biasanya dihidangkan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Bila kamu ingin membuatnya, tidak perlu repot-repot belanja ke pasar. Cukup gunakan fitur #NitipSejalan yang ada di aplikasi Sejalan.

Jadi, yuk download Sejalan sekarang, yang memudahkan kamu membeli bahan-bahan makanan tanpa harus beranjak dari tempat dudukmu.