Search Cars

Travel & Lifestyle

8 Kuliner Ekstrem Indonesia yang Berkhasiat, Berani Coba?

Indonesia dianugrahi beragam kuliner berkat keberagamannya. Ada yang unik, aneh dan juga tak wajar. Ini dia 8 kuliner ekstrem Indonesia. Berani coba?

kuliner ekstrem Indonesia

Indonesia dianugerahi warisan kuliner yang sangat beragam, selalu ada kuliner yang khas dan menarik perhatian dari Sabang sampai Merauke.

 

Hampir semua bagian hewan dan tumbuhan dapat diolah menjadi makanan oleh para leluhur kita. Namun, tak semua warisan kuliner tersebut lazim untuk dimakan, bahkan bisa dibilang ekstrem.

 

Herannya, meski ekstrem dan tak lazim, jenis kuliner seperti ini cukup banyak peminatnya karena penasaran akan cita rasanya.

 

Lantas, apa saja kuliner ekstrem tersebut? Berikut 8 kuliner ekstrem Indonesia.

kuliner ekstrem Indonesia

Ulat Sagu Papua

Ulat sagu adalah salah satu makanan khas suku Kamoro di Papua. Ulat sagu biasanya mudah ditemukan di pohon sagu atau pohon kelapa yang sudah mati.

 

Baca juga: Unik dan Lucu, Ini 5 Lagu yang Terinspirasi dari Makanan Indonesia

 

Cara menikmatinya pun cukup mudah, bisa langsung dimakan mentah-mentah. Namun ada juga yang dibakar atau dibuat seperti sup dan dinikmati bersama papeda.

 

Meski terdengar ekstrem, aneh, dan tak lazim, kuliner ekstrem Indonesia ini dipercaya sebagai jamu dan obat kuat. Ulat sagu sendiri memiliki kandungan vitamin dan protein yang tinggi.

 

Baca 8 kuliner ekstrem Indonesia selanjutnya.

kuliner ekstrem Indonesia

Kelelawar Goreng Bumbu Manado

Kuliner ekstrem Indonesia berikutnya datang dari Manado, Sulawesi Utara. Manado punya menu kelelawar goreng bumbu kecap sambal pedas.

 

Daging kelelawar yang disajikan di sini diolah sedemikian rupa dengan trik khusus sehingga tidak mengeluarkan aroma amis. Kerena rasanya yang nikmat, kelelawar goreng bumbu ini sangat diminati berbagai kalangan.

 

Baca juga: Liburan Sekaligus Jelajahi Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

 

Selain karena rasanya yang gurih dan renyah, kuliner ini dipercaya dapat memberikan khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, gatal gatal atau alregi pada kulit, hingga menjaga stamina pria dan wanita.

kuliner ekstrem Indonesia
Rempeyek Laron Yogyakarta

Pernah melihat hewan yang suka berterbangan setelah hujan dan berkerumun di dekat lampu?

 

Di Yogyakarta, hewan bernama laron ini seringkali dimanfaatkan sebagai kuliner lezat dan bergizi tinggi, salah satunya adalah rempeyek.

 

Cara pembuatan rempeyek laron ini hampir sama dengan membuat rempeyek pada umumnya.

 

Baca juga: Kaya Manfaat, Ini Daerah Penghasil Cokelat di Indonesia

 

Meski terdengar menjijikan dan aneh, bagi sebagian orang rempeyek laron ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih.

 

Baca 8 kuliner ekstrem Indonesia selanjutnya.

kuliner ekstrem Indonesia

Sate Ular Cobra Jakarta

Di Jakarta terdapat sebuah warung yang menjual berbagai macam kuliner ekstrem Indonesia, salah satu yang terkenal adalah sate ular cobra.

 

Daging ular cobra dipercaya berkhasiat dan dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit dan alergi.

 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Kekinian di Jakarta yang Wajib Dicoba

 

Selain itu, daging ular berbisa ini juga dipercaya ampuh meningkatkan stamina tubuh pria. Lebih ampuh lagi jika kamu makan mentah-mentah bagian empedunya.

kuliner ekstrem Indonesia

Pakasam Kalimantan Selatan

Pada umumnya makanan yang sudah lebih dari dua hari akan langsung dibuang karena dianggap sudah tidak layak untuk dimakan.

 

Namun tidak dengan santapan khas Kalimantan Selatan ini. Makanan ini justru sengaja dibiarkan membusuk selama berminggu-minggu kemudian baru dimakan.

 

Pakasam atau kerap disebut juga pakasem atau iwak samu sendiri terbuat dari fermentasi ikan air tawar seperti ikan sepat rawa.

 

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Favorit Gen Z di Dalam Negeri

 

Proses pembuatannya yaitu ikan dibersihkan, direndam di dalam larutan air garam selama lebih kurang dua hari. Setelah itu diberi bakteri asam laktat, kemudian disimpan selama berminggu-minggu.

 

Sebelum disajikan sebagai lauk yang menemani nasi, pakasam biasanya dibumbui lagi dengan cabai dan gula. Kuliner ekstrem Indonesia ini dominan dengan rasa yang sangat asam.

 

Baca 8 kuliner ekstrem Indonesia selanjutnya.

kuliner ekstrem Indonesia
Sate Ulat Bulu Purwerejo

Di Purwerejo, kuliner ini dipercaya mampu menyembuhkan sakit gigi.

 

Ulat bulu yang digunakan sebagai bahan dasar pun bukan sembarang ulat bulu, melainkan ulat bulu yang berasal dari pohon turi sehingga tidak menyebabkan efek gatal-gatal pada kulit dan aman dikomsumsi oleh siapapun.

 

Baca juga: Pesona Wisata Alam Balikpapan untuk Melarutkan Penat

 

Jadi, kamu tak perlu khawatir akan merasa gatal-gatal setelah menyantap sate ulat bulu ini. Sate ulat bulu ini sendiri memiliki cita rasa yang gurih.

kuliner ekstrem Indonesia
Tikus Panggang Minahasa

Minahasa memang terkenal akan kuliner ekstremnya, mengingat Pasar Tomohon yang legendari berlokasi di kota tersebut. Salah satu yang membuat orang mengernyitkan dahi adalah tikus panggang.

 

Konon kata yang pernah menyantapnya, daging tikus olahan khas Minahasa ini memiliki rasa yang enak seperti daging ayam.

 

Baca juga: Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Makanan Pedas

 

Tidak perlu khawatir soal kebersihan dan kehigienisannya dari kuliner ini. Sebab tikus yang dijadikan bahan dasar bukan tikus yang di tempat kotor, melainkan tikus hutan yang belum terkontaminasi dengan sampah.

 

Tapi, siapa sangka jika kuliner ekstrem Indonesia ini memiliki khasiat meningkatkan sistem kekebalan sekaligus meningkatkan stamina tubuh.

 

Dikutip dari himedik.com, dalam sebuah penelitian tikus mengandung 1090 ME (kj/100g) energi.

 

Berani coba?

 

Baca 8 kuliner ekstrem Indonesia selanjutnya.

kuliner ekstrem Indonesia
Belalang Goreng Gunungkidul

Santapan yang satu ini merupakan kuliner khas Gunungkidul.

 

Hewan yang biasa ditemukan di area persawahan ini sudah biasa dikomsumsi oleh warga di sana. Katanya, rasanya sangat renyah dan gurih.

 

Menariknya lagi, makanan ini tak sulit dicari, kamu bisa dengan mudah menemukannya di kios-kios dadakan yang biasa buka di sepanjang jalan di Gunungkidul.

 

Selain itu, belalang goreng di sini juga diolah dengan beberapa rasa seperti pedas, manis, dan rasa original, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan selera.

 

Baca juga: Selusin Panorama Alam dan Aktivitas Seru Wisata di Gunungkidul

 

Nah, bagaimana? Tertantang untuk mencoba 8 kuliner ekstrem Indonesia?

 

Sudah tak sabar ingin segera melakukan perjalanan wisata kuliner? Tak perlu khawatir soal transportasi, kamu bisa melakukan penyewaan mobil melalui Movic agar perjalanan kamu lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan.

 

Download Movic sekarang!

 

   

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.