7 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen, Apa Saja?

12 July 2019

Membeli apartemen baik untuk investasi maupun tempat tinggal kerap kali membingungkan bagi banyak orang. Pasalnya, ada berbagai perusahaan pengembang yang kini menawarkan apartemen dengan berbagai pilihan, mulai dari yang standar hingga eksklusif.

 

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah apartemen, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang bagaimana cara membeli apartemen. Apa saja? Yuk, simak 7 tipsnya berikut ini agar tidak salah langkah:

Tentukan Lokasi yang Tepat

Tips pertama yang harus dilakukan sebelum membeli apartemen adalah dengan menentukan lokasi yang tepat terlebih dahulu. Langkah ini menjadi penting untuk dipertimbangkan sebagai hal utama. Sebagai contoh, jika Anda tinggal dengan kantor atau pusat perbelanjaan, maka Anda bisa beraktivitas secara leluasa.

 

Sebaliknya, apabila tempat tinggal Anda jauh dari kantor serta transportasi umum seperti stasiun kereta atau bus, maka Anda akan mengalami beragam kesulitan karena akses yang terbatas dan membutuhkan banyak waktu untuk mencapai satu tempat.

 

Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Selain lokasi, Anda juga patut memperhatikan fasilitas yang ditawarkan jika ingin membeli apartemen. Pasalnya, setiap perusahaan pengembang menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya yakni kolam renang, tempat gym, jogging track, supermarket, hingga tempat ibadah.

 

Tidak hanya itu, ada baiknya juga jika Anda menyisihkan waktu untuk mencari tahu fasilitas-fasilitas umum apa saja yang ada di sekitaran apartemen, misalnya klinik kesehatan, bank, sekolah, pasar, food court, dan lain sebagainya. Semua hal ini akan membantu mendukung aktivitas Anda sehari-hari.

Bandingkan Harganya

Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat dengan fasilitas yang lengkap, beralihlah ke perbandingan harga. Untuk membeli apartemen sesuai selera, sebaiknya Anda juga menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang dipunya. Jangan malu untuk membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan. Bandingkan semuanya dari berbagai aspek yang ada.

 

Jangan Lupa Lahan Parkir

Salah satu tips membeli apartemen yang nyaman adalah ketersediaan lahan parkir. Walaupun kedengarannya sepele, hal ini tetap patut diperhitungkan. Apalagi jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan.

 

Pasalnya, tidak tersedianya lahan parkir yang memadai di sebuah apartemen kerap kali membuat repot penghuninya. Situasi ini juga akan menyulitkan Anda selama tinggal di apartemen.

Pilih Perusahaan Pengembang Bereputasi Baik

Meski semua hal di atas telah memenuhi daftar checklist Anda, akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan pengembang terbaik. Reputasi dan rekam jejak perusahaan pengembang penting untuk diperhatikan karena akan membuat Anda merasa nyaman dan aman selama proses transaksi.

 

Pelajari Sertifikat Bangunan

Yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan yakni sertifikat bangunan yang akan Anda diterima setelah membeli. Beberapa sertifikat bangunan yang tidak boleh diabaikan, yakni antara lain sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta surat Izin Penggunaan Penunjukan Tanah (SPPT), serta sertifikat Surat Izin Penggunaan Penunjukan Tanah (SIPPT).

 

Hal ini untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan di masa mendatang setelah Anda membeli apartemen tersebut.

punya rumah sendiri

Teliti Terhadap Biaya-biaya Lainnya

Terakhir, pastikan Anda teliti terhadap biaya-biaya lainnya yang bisa saja muncul. Sebagai contoh, iuran bulanan, uang keamanan, atau biaya administrasi saat pembayaran. Cara ini untuk menghindari anggaran yang berlebih sehingga dapat membuat kantong Anda jebol.

 

Nah, itu tadi beberapa tips untuk membeli apartemen yang wajib untuk diperhatikan. Yang pasti, selalu sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Selamat berburu!

 

Cek apartemen di Arumaya ini sekalian:

 

SHARE