7 Tempat Epic untuk Menikmati Sunset di Jogja

By Rismawati Idris - March 15, 2019

Buat kamu yang butuh piknik, liburan untuk sekedar menikmati sunset, kamu bisa mengunjungi Jogja. Kota ini memiliki banyak spot untuk menikmati sunset loh.

Sunset selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Keberadaannya, sering menjadi momentum paling ditunggu untuk menikmati suasana sore yang berbeda, bersantai melepas penat, atau bahkan sekedar hunting foto yang Instagramable. Karena keindahan sunset tersebut, banyak di antara kamu yang rela liburan ke suatu tempat untuk sekedar melihat sunset. Salah satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja.

 

Nah, kali ini Sejalan telah menyiapkan 7 tempat terbaik yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menikmati sunset di Jogja, di antaranya:

 

Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko memang diklaim sebagai tempat menikmati sunset di Jogja yang paling keren. Keberadaan reruntuhan bangunan istana ini seakan bangkit dan cengkrama dengan senja sehingga menghasilkan warna jingga yang begitu eksotik.

 

Karena keindahan sunset yang ditawarkan, para pengunjung yang berwisata di Candi Prambanan pun seolah tak ingin melewati kesempatan emas tersebut.

 

Banyak di antara mereka yang menyempatkan diri  berkunjung ke Istana Ratu Boko, yang memang masih berada di kawasan Candi Prambanan, untuk menikmati sunset dan mengabadikan pemandangan tersebut. Bahkan, ada pula pengunjung yang memanfaatkan sunset Ratu Boko sebagai spot prewedding.

Puncak Becici

Tempat wisata yang satu ini menawarkan pameran senja yang tak kalah epic. Ya, tentu, di sini kamu akan dibius oleh pemandangan senja bercampur siluet alam yang sangat memukau. Kamu bisa melihat sunset dari atas gardu pohon yang menghadap ke barat sehingga pemandangan senja yang disuguhkan terasa lebih menarik.

 

Puncak Becici sendiri berada di Dlingo, Bantul. Jadi, kalau ke Jogja, jangan lupa melipir ke Bantul pada sore hari, ya.

Embung Nglanggeran

Kawasan Gunungkidul, Jogya, tak hanya menyimpan keindahan alam berupa pantai saja, ada juga spot menarik untuk melihat sunset yang berupa embung ini. Embung merupakan sebuah telaga atau danau buatan yang dijadikan sebagai objek wisata.

 

Menariknya, Embung Nglanggran berada di atas bukit sehingga kamu bisa melihat pemandangan langit yang sangat indah, apalagi menjelang sore hari. Tentu, kamu bakal disuguhkan oleh sunset, mulai dari turunnya matahari dari singgasana hingga cahaya matahari tersebut hilang.

 

Hal ini bisa menjadi peristiwa romantis tersendiri yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

 

Watu Lumbung

Wisata edukasi di Jogja memang banyak, tetapi yang paling hits dan sedang digandrungi oleh wisatawan ialah Watu Lumbung, Bantul. Tempat wisata Watu Lumbung menyediakan pemandangan yang sangat asri plus area belajar yang kekinian.

 

Di sini kamu juga bisa merasakan piknik sambil belajar, membaca buku, di perpustakaan unik yang disediakan.

 

Selain itu, berkat konsep back to earth yang diterapkan di sini, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset di atas bukit sambil duduk-duduk. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk sekadar melepas penat dan tak lupa mengabadikan sunset yang begitu keren dari Watu Lumbung tersebut. Yuk, cobain!

 

Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin merasakan suasana liburan seperti di Gurun Sahara? Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa mendapatkannya di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo. Hamparan pasir yang luas dan pemandangan langit yang indah membuat kamu seakan berada di Gurun Sahara.

 

Selain itu, suasana alam yang begitu menggoda pasti akan membuat kamu ingin mengabadikan suasana tersebut dalam lensamu, bukan?

Pantai Kesirat

Berada di kawasan wisata Gunungkidul, Pantai Kesirat juga menawarkan sunset yang luar biasa. Di pantai ini kamu akan disuguhkan dengan suasana alam, seperti semilir angin dan deru ombak yang akan menambah kenikmatan kamu saat melihat sunset dari pantai tersebut.

 

Pantai ini sangat recommended buat kamu yang ingin cuci mata dan melepas penat. Kamu tak hanya disuguhkan dengan sunset yang begitu menawan, tetapi kamu juga bisa bermain pasir di area pantai.

Gunung Api Purba

Masih berada di kawasan Gunungkidul, Gunung Api Purba juga tak absen menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam dan lukisan langit yang begitu terasa alami. Oleh karenanya, pemandangan sunset dan sunrise yang kamu buru pun akan terasa begitu indah dan menawan, lho.

 

Buat kamu yang suka hiking, Gunung Api Purba bisa menjadi salah satu tempat yang patut kamu coba. Selain itu, fasilitas wisata di tempat ini juga terbilang lengkap sehingga petualanganmu dijamin akan semakin menyenangkan. Tertarik?

 

Itulah tempat wisata melihat dan menikmati sunset di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Nah, dari ketujuh tempat yang kami rekomendasikan untuk kamu, mana yang menggoda untuk dikunjungi?

 

By the way, untuk memudahkan kamu menuju tempat tersebut, yuk, jalan bareng Sejalan. Kamu bisa memesan perjalananmu dengan Kapten Sejalan atau bis travel.

 

Selain itu, buat kamu yang mau lebih untung, kamu juga bisa memberikan tumpangan kepada Teman Sejalan dengan kendaraan pribadimu. Sebab hanya dengan Sejalan, perjalanan menjadi semakin menyenangkan!

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.