Search Cars

Berita Terbaru

7 Kegiatan Produktif di Rumah yang Bisa Meningkatkan Keahlian dan Penghasilan

Daripada rebahan terus, mending lakukan beberapa kegiatan produktif di rumah yang bisa meningkatkan keahlian dan penghasilanmu, yuk.

kegiatan produktif di rumah

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menghimbau masyarakat untuk sementara waktu melakukan physical distancing, yaitu menjaga jarak fisik dengan orang lain.

 

WHO menganjurkan untuk menjaga jarak fisik minimal satu meter untuk menghindari tubuh dari droplet batuk atau bersin yang mungkin terkontaminasi virus Corona (Covid-19).

 

Selain itu, selama physical distancing, WHO juga menyarankan untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

 

Untuk kamu yang #dirumahaja, selain dapat menikmati quality time bersama keluarga dan work from home (WHF), ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan agar tidak bosan lho.

 

Baca juga: 8 Jenis Olahraga di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari

 

Nah, daripada rebahan terus, berikut kegiatan produktif di rumah yang bisa meningkatkan keahlian, bahkan bisa menambah pundi-pundi penghasilan.

kegiatan produktif di rumah

Menulis blog

Siapa yang tidak kenal dengan Raditya Dika? Stand up comedian, penulis, sutradara, produser, dan youtuber ini mengawali karirnya tersebut dari menulis blog.

 

Pria dengan nama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini awalnya hanya mahasiswa biasa yang gemar menuliskan semua aktivitasnya di dalam blog, mulai dari kegiatan sekolah hingga kisah percintaan.

 

Dari situ, kamu bisa mengambil contoh, menulis blog sebagai kegiatan produktif di rumah yang bisa meningkatkan keahlian.

 

Jika belum bisa bercerita atau menulis panjang, kamu bisa manfaatkan sosial media Twitter untuk awalnya. Jangan salah, dari Twitter pun banyak tulisan yang viral, salah satunya adalah KKN di Desa Penari.

 

Baca juga: Nostalgia, Mobil Era 90an yang Pernah Jadi Kendaraan Favorit Mudik

 

Jika ingin menulis blog dan hasilnya dibaca sama orang lain, kamu bisa memanfaatkan website seperti WordPress.com, Blogger.com, Medium.com, Penzu.com, Weebly.com, Wix.com, dan lain sebagainya.

kegiatan produktif di rumah

Fotografi

Di era modern ini bisa dibilang semua orang bisa foto dan menghasilkan karya mengagumkan serta mengundang decak kagum.

 

Untuk mengasah ilmu dan fotografi, sekarang kamu tidak perlu memiliki kamera canggih dengan harga puluhan juta rupiah. Kamu bisa mengasah keahlian tersebut mulai dari menggunakan kamera yang ada di smartphone.

 

Saat di rumah saja, ada banyak teori fotografi yang bisa kamu pelajari, mulai dari pencahayaan, mengatur angle, hingga belajar komposisi.

 

Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari aliran fotografi seperti still life, yaitu memotret benda-benda mati yang ada di rumah, namun ditata dengan berbagai sudut pandang dan pencahayaan sehingga menarik.

 

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Kegiatan yang Dapat Dilakukan dari Rumah

 

Agar lebih menarik lagi, kamu juga bisa meng-edit hasilnya menggunakan berbagai aplikasi seperti Photoshop atau Lightroom. Jangan lupa untuk membagikan hasil akhirnya di sosial media kamu.

 

Jika kamu sudah percaya diri, kamu bisa menjual hasil foto tersebut dibeberapa situs, mulai dari shutterstock.com, iStockphoto.com, fotolia.com, 500px.com, gettyimages.com, dan sebagainya.

kegiatan produktif di rumah

Videografi

Sering menonton video di TikTok, Instagram, atau YouTube?

 

Rata-rata dari pengguna aplikasi tersebut dengan followers dan subscribers ratusan ribu berawal dari pembuat video amatir atau bahkan iseng belaka.

 

Nah, kegiatan produktif di rumah yang bisa meningkatkan keahlian dan dipelajari adalah membuat video. Sama seperti foto, kamu bisa memulainya menggunakan smartphone.

 

Lalu, kamu juga bisa belajar editing video dengan aplikasi di smartphone seperti Quik, FilmoraGo, InShot, VivaVideo, KineMaster, atau jika menggunakan PC bisa gunakan Adobe Premiere Pro supaya lebih maksimal.

 

Baca juga: Channel Youtube Modifikasi Mobil untuk Jadi Inspirasi Kamu

 

Isi video kamu pun bisa beragam, mulai dari komedi, tutorial, unboxing, dan sebagainya. Yang penting kuncinya adalah konsisten untuk selalu menelurkan video yang menarik.

 

Jika sudah begitu, followers dan subscribers-mu perlahan akan beranjak naik. Bahkan bukan tidak mungkin bila suatu saat videomu akan viral.

kegiatan produktif di rumah

Memasak

Saat di rumah saja, buat kamu yang punya hobi memasak sekarang waktu yang tepat untuk menaikkan hobi tersebut ke next level.

 

Kamu bisa mencoba dan bereksperimen dengan berbagai menu masakan hasil kreasi sendiri, mulai dari makanan ringan, makanan utama, dan makanan pencuci mulut.

 

Lalu hasilnya bagaimana? Ya, selain kamu bisa nikmati sendiri dengan menyantapnya, jangan lupa untuk difoto dulu atau bahkan kamu bisa membuat video saat memasaknya.

 

Baca juga: Tidak Mudik, Ini Makanan Khas Lebaran yang Bisa Disiapkan di Rumah

 

Cantumkan resepnya agar kreasi masakanmu menginspirasi dan bisa dicoba oleh orang lain.

kegiatan produktif di rumah

Berkebun

Daripada menjadi sarang nyamuk, mending kamu manfaatkan halaman di rumah untuk memulai berkebun. Bila halaman tersebut tidak luas, kamu bisa coba menggunakan teknik hidroponik.

 

Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

 

Media tanamnya bisa menggunakan pipa paralon, pot, atau botol plastik bekas. Tanamannya pun beragam, namun yang umum ditanam adalah sayur-sayuran. Jangan lupa dirawat dan diberi pupuk supaya tanaman tersebut tumbuh subur.

 

Baca juga: Keuntungan Memiliki Mini Garden di Rumah, Berani Coba?

 

Selain membuat rumah jadi lebih asri dan hijau, hasilnya bisa kamu konsumsi untuk pemenuhan sehari-hari, atau kamu juga bisa berbagi dengan orang-orang terdekat.

kegiatan produktif di rumah

Bermain games

Ternyata main game bisa jadi kegiatan produktif di rumah yang bisa meningkatkan keahlian lho. Contohnya adalah PewDiePie.

 

YouTuber dengan nama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg asal Swedia ini kini memiliki lebih dari 104 juta subscribers di channel-nya. Ia memulai karir sebagai pembuat channel YouTube untuk bermain game.

 

Seiring perkembangan zaman, game online mulai menjamur. Kamu bisa memainkannya dengan konsisten dan rasa kompetisi yang tinggi.

 

Bila sudah mahir, bukan tidak mungkin kamu bisa mengikuti kejuaran yang kerap digelar, tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional. Karena kompetisi di dalamnya, bermain game pun dapat dikategorikan sebagai olahraga elektronik atau e-sport.

 

Baca juga: Rekomendasi Game Balap Seru untuk Dimainkan di Rumah

 

Di Indonesia misalnya, ada Indonesia E-sports Premiere League (IESPL) yakni turnamen game online yang berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

kegiatan produktif di rumah

Bermusik

Hobi lain yang bisa yang bisa jadi kegiatan produktif di rumah dan meningkatkan keahlian adalah bermusik.

 

Banyak alat musik yang bisa kamu kulik lebih dalam lagi agar menjadi ahli atau minimal lebih mahir lagi dalam memainkannya.

 

Alat musik tersebut bisa saja gitar, piano, pianika, dan lain-lain. Bila tidak memainkan alat musik kamu bisa berlatih untuk bernyanyi dengan nada dan tempo yang sesuai.

 

Lalu, bagaimana bisa menghasilkan? Tentu, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memamerkannya.

 

Contohnya, kamu bisa mulai meng-cover lagu-lagu yang sedang hits. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek halaman trending di YouTube.

 

Tapi bagaimana bila alat untuk merekam hanya seadanya saja? Jangan putus asa dulu, yang penting kamu sudah mencoba dan percaya diri kalau karya tersebut yang terbaik.

 

Baca juga: Nostalgia Remaja 90-an di Lagu ‘Mobil Mama’ Glenn Fredly

 

Untuk inspirasi, kamu bisa cek channel Alip_Ba_Ta. Ia berhasil membuat kagum dunia dengan permainan gitarnya dengan peralatan rekaman sederhana dan di rumah saja.

 

Mau coba?

 

Nah, mulai sekarang, mending kamu isi hari-hari dengan kegiatan produktif di rumah yang bisa meningkatkan keahlian. Seva.id #BikinKamuSiap #LebaranDiRumahAja.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.