7 Fakta Airbag Mobil yang Jarang Diketahui

By Reka Harnis - Januari 22, 2021

Sebagai salah satu peranti keamanan, penting bagi pemilik mobil untuk mengenal airbag lebih dalam. Yuk, simak 7 fakta airbag mobil berikut ini.

Airbag mobil merupakan peranti yang cukup dikenal dan seakan sudah menjadi standar keamanan, terutama bagi pengguna mobil keluaran baru. 

Airbag berfungsi untuk mengurangi resiko benturan penghuni kabin mobil. Saat terjadi kecelakaan yang menyebabkan benturan kencang, airbag mobil akan terlontar keluar untuk meredam benturan tersebut.

Nah, agar lebih mengenal komponen yang satu ini, yuk kita kulik 8 fakta penting mengenai airbag mobil.

Sejarah singkat

Dimulai dari sejarahnya, airbag mobil pertama kali ditemukan dan dipatenkan pada 1951 oleh Walter Linderer, seorang engineer dan desainer Jerman. 

Meski sudah dipatenkan pada 1951, airbag baru diaplikasikan di mobil produksi massal sebagai fitur opsional pada awal 1970 dan baru menjadi fitur standar di mobil pada tahun 1990-an.

Singkatan SRS

Mungkin kamu sudah familiar dengan singkatan SRS. yaitu salah satu istilah yang digunakan di airbag mobil dan biasanya bisa ditemukan di dashboard atau setir pengemudi. 

SRS merupakan singkatan dari Supplementary Restraint System, yang artinya fitur ini sebagai sistem pendukung.

Artinya, airbag bukan fitur utama untuk menyelamatkan penumpang saat terjadi kecelakaan, melainkan masih ada fitur pengaman lain, misalnya adalah sabuk pengaman, yang sudah menjadi standar sejak lama.

Baca juga: Sejarah Airbag: Kenapa Bisa Jadi Fitur Safety di Mobil?

Proses mengembangnya airbag

Sebelum benar-benar mengembang hingga mampu meredam benturan yang kencang, airbag mobil berproses sangat cepat dan terdapat unsur kimia di dalamnya.

Berawal dari igniter yang membakar senyawa Natrium Azida (NaN3) hingga kemudian bereaksi dengan Kalium Nitrat (KNO3). Kemudian, menjadi nitrogen panas yang berfungsi mengembangkan kantung udara.

Berita Terkait

Author