Search Cars

Tips & Rekomendasi

6 Tips Supaya Tidak Bingung Ketika Membeli Mobil

Memiliki mobil pribadi merupakan suatu kebutuhan wajib bagi masyarakat perkotaan yang punya aktifitas padat, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Wajar rasanya jika produsen berlomba-lomba untuk menyajikan mobil yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

 

Walaupun begitu, tetap saja masih ada konsumen yang bingung ketika dihadapkan dengan banyaknya pilihan mobil baru yang tersedia di pasaran. Selain itu, pastinya ada beberapa hal lain yang juga menjadi bahan pertimbangan mereka.

 

Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini yang mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan mobil yang akan Anda miliki.

 

1. Sesuaikan dengan budget

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah sesuaikan harga mobil dengan budget yang dimiliki. Pastikan mobil baru yang diinginkan sesuai dengan rencana keuangan Anda, terutama jika membeli mobil secara kredit. Anda harus menghitung secara tepat agar keuangan tidak terganggu.

 

Biaya cicilan yang terlalu besar, misalnya 50 sampai 60 persen dari pendapatan, akan memberatkan Anda. Belum lagi jika ada pengeluaran yang tidak terduga dan harus dikeluarkan secara cepat. Untuk itu, budget sangat penting untuk dihitung secara cermat.

 

Ada baiknya untuk mengambil mobil yang memiliki cicilan sebesar 30 persen setiap bulan dari pendapatan Anda. Tetapi, jika Anda memiliki cicilan lainnya, seperti cicilan rumah atau kartu kredit, kurangi presentase tersebut agar sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan Anda.

 

2. Pilih mobil yang sesuai kebutuhan

bahan bakar isuzu mu xSekarang, banyak mobil yang memiliki model futuristik dan dilengkapi dengan fitur serta teknologi terkini. Tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai patokan Anda dalam membeli mobil. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Jenis mobil yang sedang digemari di Indonesia adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan juga Sport Utility Vehicle (SUV). Kedua jenis mobil tersebut dirasa cocok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, apalagi bagi Anda yang sudah memiliki keluarga.

 

Tetapi, jika Anda sudah memiliki mobil yang memenuhi kebutuhan dan menginginkan mobil lainnya, tidak ada salahnya untuk mencari mobil yang memiliki model dan fitur yang diidamkan untuk dijadikan sebagai mobil kedua Anda.

 

3. Lakukan test drive

Memilih mobil baru yang sesuai dengan kebutuhan memang gampang-gampang susah. Untuk itu, lebih baik lakukan test drive terlebih dahulu agar Anda dapat merasakan pengalaman berkendara dengan mobil pilihan Anda sebelum membelinya.

 

Saat test drive, Anda juga dapat mencoba fitur, akselerasi mesin, mengukur luas bagasi, dan lain sebagainya. Jadi, Anda akan mendapatkan informasi secara langsung tentang kelebihan dan kekurangan mobil yang ingin Anda beli.

 

Anda dapat melakukan pendaftaran test drive di Seva.id menggunakan Facebook atau account Google, atau dengan mengisi email dan password pada halaman test drive. Setelah itu, tentukan waktu dan jenis mobil. Pendaftaran test drive di Seva.id dapat Anda lakukan kapanpun dan dimanapun dengan mudah.

 

 

 

 

4. Biaya pajak dan perawatan

Hal ini mungkin sering dilupakan ketika membeli kendaraan baru, termasuk mobil. Namun, biaya pajak dan perawatan merupakan biaya rutin yang harus dikeluarkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

 

Biaya pajak dan perawatan tersebut belum termasuk dengan biaya lainnya, seperti biaya parkir, biaya bahan bakar, harga jual kembali, dan lain-lain. Untuk itu, pertimbangkan dengan teliti biaya-biaya ini agar tidak over budget dan merugikan Anda.

 

5. Pilih leasing yang terpercaya

Ini juga merupakan hal penting dalam membeli mobil baru. Saat sudah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan setuju dengan harga yang ditawarkan, selanjutnya adalah pilihlah leasing yang terpercaya jika Anda ingin membayar secara kredit.

 

Lalu, pertimbangkan prosedur dan persyaratan yang diajukan terlebih dahulu, seperti kemudahan pembayaran, bunga yang dibebankan, proses mendapatkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) setelah lunas, dan lain-lain.

 

Tanyakan dengan jelas jika masih ada yang belum Anda pahami mengenai kewajiban Anda sebagai pembeli agar proses cicilan aman dan dapat berjalan sesuai dengan perjanjian awal.

 

6. Pilih dealer terdekat dari tempat tinggal

Memilih dealer yang dekat dengan tempat tinggal akan menghemat waktu Anda. Untuk mendapatkan informasi tentang dealer yang dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda, Seva.id menyediakan layanan “Lokasi Dealer” untuk membantu Anda menemukannya.

 

Tetapi, jika memang Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke dealer, Anda dapat melakukan pemesanan mobil secara online di Seva.id. Jadi, Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk pergi ke dealer, cukup lakukan hal ini dari gadget Anda. Jangan lupa juga menikmati promo dan fitur lainnya yang ditawarkan oleh Seva.id untuk Anda.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.