6 Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Baru

By Arris Riehady - November 7, 2018

Meski tergolong kebutuhan sekunder, kini mobil yang membantu mobilitas sehari-hari sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat perkotaan.

 

Namun, untuk memiliki mobil dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Terdapat beberapa pertimbangan saat membeli mobil, seperti beli mobil baru atau mobil bekas, mobil merek apa, mobil tipe apa, dan yang tak kalah penting adalah: apakah pembayarannya akan dilakukan secara tunai atau kredit.

 

Ingin membeli mobil baru secara kredit? Ada caranya, lho, supaya Anda bisa mendapatkan cicilan ringan. Scroll terus ke bawah!

1. Pilih jenis mobil yang sesuai kebutuhan

Sebelum mengeluarkan uang untuk membayar uang muka, sebaiknya Anda memastikan mobil jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena ini akan mempengaruhi besarnya cicilan Anda setiap bulannya. Jika untuk penggunaan dalam kota, Anda bisa memilih city car yang mungil. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga dan gemar road trip dapat memilih mobil berjenis MPV atau SUV.

2. Perbesar uang muka

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPN mewajibkan seluruh lembaga perbankan dan pembiayaan mengenakan uang muka minimal 25% untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) roda dua, dan 30% untuk kredit kendaraan roda empat.

 

Namun, untuk memperkecil cicilan bulanan, Anda bisa membayar uang muka dengan persentase yang lebih besar. Misalnya dengan uang muka 40%, Anda cukup mengajukan kredit sebesar 60% untuk melunasi sisanya. Meski ditambah dengan biaya lain-lain, tapi dengan uang muka yang lebih besar, cicilannya tetap akan lebih ringan.

3. Pilih jangka waktu cicilan terpanjang

Kini, jangka waktu kredit mobil semakin bervariasi, bahkan bisa mencapai 8 tahun. Sebetulnya, semakin lama jangka waktu kredit Anda, maka semakin banyak bunga yang harus Anda bayarkan. Akan tetapi, dengan periode kredit yang lebih lama, Anda bisa menikmati keuntungan berupa cicilan yang lebih ringan setiap bulannya.

 

4. Manfaatkan sistem kredit balloon payment

Berbeda dengan kredit mobil standar yang jumlah cicilan per bulannya sama hingga akhir periode, sistem Balloon Payment memungkinkan cicilan lebih kecil di beberapa tahun pertama, lalu beban cicilan diakumulasikan di belakang.

5. Cari asuransi sendiri

Biaya cicilan mobil baru biasanya ditambah dengan beban bunga, asuransi, dan administrasi. Untuk membuat cicilan lebih ringan, Anda bisa mengakalinya dengan mencari asurasi sendiri. Dengan memilih asuransi sendiri, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan asuransi Anda, sehingga cicilan jadi lebih ringan.

6. Beli mobil di waktu yang tepat

Salah satu waktu yang tepat sekali untuk membeli mobil adalah pada akhir tahun. Biasanya, dealer harus menghabiskan sisa produk yang belum terjual karena di tahun berikutnya akan mendapat mobil rakitan terbaru. Untuk mengakalinya, dealer pun menawarkan mobil dengan harga murah, potongan uang muka, potongan harga, hingga cash back.

 

Selain itu, Anda juga bisa datang ke dealer di akhir bulan karena biasanya salesman sedang mengejar target penjualan, sehingga diskon tambahan yang diberikan bisa bertambah besar. Akibatnya, cicilan bulanan Anda pun bisa lebih ringan.

Bagaimana? Kini Anda tahu tips and trick untuk mendapatkan cicilan mobil yang lebih ringan. Jangan lupa, cari mobil impian Anda lewat Seva.id ya. Karena selain memberikan pilihan kredit, Seva.id pun memberikan bonus tambahan lain yang begitu menarik.

 

 

Yuk cari mobilnya di Seva.id sekarang!

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!