6 Tempat Wisata di Bali yang Anti Mainstream

Ingin mengunjungi tempat wisata di Bali yang anti mainstream dan tersembunyi? Yuk, intip beberapa rekomendasinya berikut ini.

Membahas tempat wisata di Bali, mungkin nama-nama yang terpikirkan adalah Ubud, Seminyak, Kuta, dan Nusa Dua. Tapi, sebenarnya Bali juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang tersembunyi.

Rencananya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka pintu kedatangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 14 Oktober 2021.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Bernuansa Alam Bebas

Artinya, Bali akan segera menerima kedatangan wisatawan mancanegara. Negara yang boleh mengunjungi Bali dibatasi oleh pemerintah, yaitu sebanyak 6 negara.

Namun, baru-baru ini kabarnya Indonesia akan membuka kembali penerbangan internasional. Totalnya ada 18 negara yang diizinkan masuk tanah air.

Nah, buat yang berencana ingin ke Bali dan ingin menjelajahi tempat wisata yang belum banyak diketahui orang, yuk simak rekomendasinya berikut ini.

Pantai Nyang Nyang

Sebagian pantai di Uluwatu mungkin sudah menjadi destinasi populer. Tetapi, masih ada pantai anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Pantai Nyang Nyang yang lokasinya ada di Desa Pecatu, Badung, Bali.

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Bedanya Vila, Cottage, dan Bungalow 

Dulu, kamu perlu menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai pantai ini. Kini, sudah ada akses jalan yang bisa dilalui kendaraan roda dua.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dengan air yang berwarna kebiruan, cocok untuk yang gemar berselancar. 

Savana Tianyar

Percaya tidak kalo di Bali ada padang savana yang bisa kamu kunjungi? Lokasi persisnya ada di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

Pada musim kemarau, kamu dapat menikmati panorama Gunung Agung sekaligus hamparan padang rumput berwarna kecoklatan layaknya di Afrika. Sedangkan di musim hujan akan berubah menjadi padang rumput hijau. 

Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus berkendara selama kurang lebih 2-3 jam dari Denpasar atau Kuta. 

Air Terjun Leke Leke

Bagi yang ingin mengeksplor daerah Tabanan, kamu dapat mengunjungi air terjun Leke Leke yang terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti. Waktu tempuhnya kurang lebih sekitar satu jam dari Kuta.

Baca juga: Destinasi Wisata Setelah PPKM: 5 Negara Terkecil di Dunia

Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk Rp25.000. Lalu, lanjut melalui jalan setapak sekitar 20 menit untuk sampai ke air terjun.

Sepanjang jalan, kamu akan menemui beberapa jembatan bambu serta perkebunan hijau. Air terjun ini dikelilingi pepohonan rindang yang memanjakan mata.

Desa Sidemen

Kalau kamu ingin mencari ketenangan dan bebas menjelajahi berbagai tempat dalam satu kawasan, bisa datang ke Desa Sidemen yang ada di Kabupaten Karangasem.

Desa ini cukup populer di kalangan wisatawan asing. Pasalnya, di tempat ini kamu bisa bersantai menikmati panorama sawah hijau dan Gunung Agung dari penginapan.

Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi desa dan menemukan tempat yang tak terduga atau sekadar mengamati aktivitas warga desa.

Gili Putih Sumberkima

Sedang mencari tempat wisata di Bali Utara? Coba deh datang ke Gili Putih yang terletak di Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng.

Gili Putih asalnya merupakan tumpukan pasir putih yang kemudian meluas dan lama kelamaan menjadi daratan yang bentuknya menyerupai angka 9.

Baca juga: Berlibur ke Pulau Madeira, Tanah Kelahiran Cristiano Ronaldo

Bila berangkat dari Denpasar atau Kuta, kamu harus menempuh perjalanan 3,5 jam ke Pelabuhan Bangsal.

Lalu, pergi ke area Gili Putih dengan menyewa perahu seharga Rp350.000 dengan kapasitas 5-6 orang untuk pulang-pergi.

Air Terjun Sekumpul

Masih di kawasan Buleleng, buat kamu yang lebih suka ke tempat wisata di Bali yang bernuansa hijau, Air Terjun Sekumpul bisa jadi destinasi tujuanmu.

Uniknya, di tempat ini tidak hanya ada satu, tetapi tujuh air terjun yang mengelilingi area bebatuan di sekitarnya dan memiliki dua sumber mata air. Air terjun di tempat ini memiliki ketinggian 100 meter, tetapi debit airnya tidak terlalu deras.

Baca juga: Staycation di Tiga Water Vila Cantik Ala Maldives di Jakarta

Air Terjun Sekumpul dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Kota Denpasar. Sampai di tempat, wisatawan harus menuruni anak tangga sejauh 300 meter.

Itulah 6 rekomendasi tempat wisata di Bali yang jarang diketahui orang lain dan letaknya tersembunyi. Bali memang nggak pernah kehabisan tempat wisata, ya!