6 Penyebab Ban Pecah Pada Mobil yang Wajib Dihindari

Penyebab ban pecah tentunya beragam dan bisa terjadi kapan saja. Agar bisa mengantisipasi, yuk cari tahu!

penyebab ban pecah

Saat berkendara, masalah pada mobil bisa muncul kapan saja dan di mana saja, salah satunya ban pecah secara tiba-tiba. Apa saja penyebab ban pecah?

Ban pecah kerap menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas dan tak jarang hal ini terjadi di jalan tol pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Tentunya hal tersebut tak hanya membahayakan keselamatan pengemudi serta penumpang di dalam mobil, tetapi juga membahayakan pengguna jalan lain yang berada di dekat mobil yang mengalami ban pecah.

Baca juga: 8 Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol dan Cara Antisipasinya

Untuk mengantisipasi agar ban pecah tidak terjadi saat mobil melaju di jalan, kamu perlu tahu terlebih dahulu faktor-faktor penyebabnya.

Nah, apa saja faktor penyebab ban pecah? Simak penjelasannya berikut.

ban pecah

Setelah mengetahui sejumlah faktor penyebab ban pecah, kamu juga perlu melakukan perawatan ban mobil. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama, biasakan untuk mengecek kondisi mobil sebelum kamu bepergian. Salah satu komponen mobil yang wajib dicek adalah ban, dengan cara memeriksa tekanan anginnya.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Tekanan angin ban diusahakan pas, tidak kelebihan apalagi sampai kekurangan. Untuk mengetahui tekanan angin ban mobil, kamu bisa cek di buku manual, melihatnya pada stiker pada bagian dalam pintu mobil depan, atau bertanya ke teknisi bengkel.

Kedua, kamu juga harus rutin membersihkan mobil termasuk bagian ban agar tidak ada kerikil atau benda lainnya yang menempel. Cara ini dapat kamu lakukan dengan cara rutin mencuci mobil setidaknya seminggu sekali, apabila sering digunakan.

Terakhir, periksalah kondisi fisik ban secara berkala untuk tahu apakah kondisinya masih layak atau tidak. Ban yang sudah lama digunakan dan melewati berbagai medan jalan lama kelamaan akan aus.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Sebelum Liburan

Agar perawatan ban dapat dilakukan secara optimal, bawalah mobil ke bengkel. Namun, jika tidak ada waktu, tidak perlu khawatir.

Kamu bisa gunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id yang praktis dan tidak ribet.