Search Cars

Travel & Lifestyle

6 Menu Makanan Setelah Bersepeda yang Kaya Nutrisi

Perhatikan pilihan menu makanan setelah bersepeda. Yuk, catat rekomendasi menu berikut ini.

makanan setelah bersepedaBersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menjadi pilihan banyak orang dari berbagai usia sebagai aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, bersepeda juga dianggap baik untuk menghilang stres. Namun tahukah kamu, setelah bersepeda kamu perlu menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi?

Memilih makanan setelah bersepeda yang mengandung karbohidrat untuk mengembalikan energi pada tubuh merupakan hal yang penting.

Lalu, tubuh juga akan membutuhkan makanan yang dapat membantu pemulihan dan pembentukan otot saat dehidrasi pasca olahraga.

Baca juga: 5 Lokasi Bersepeda yang Hits dan Nyaman di Jakarta

Pada saat bersepeda, tubuh akan membakar glikogen sebagai sumber energi. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat di dalam hati dan otot yang perlu dikembalikan lagi setelah digunakan ketika melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda.

Makanan setelah bersepeda yang mengandung karbohidrat akan membantu proses penyimpanan glikogen di dalam tubuh, sementara makanan yang mengandung protein akan membantu memperbaiki dan membentuk otot.

Sedangkan untuk proses rehidrasi pasca bersepeda, diperlukan makanan yang kaya akan mineral untuk menghindari dehidrasi serta menjaga keseimbangan zat elektrolit di dalam tubuh.

Oleh karenanya, kamu perlu sedikit selektif ketika memilih makanan yang akan kamu konsumsi setelah bersepeda.

Nah, inilah beberapa jenis menu makanan setelah bersepeda yang kaya nutrisi.

Kentang panggang dan telur rebus

Kedua hidangan ini merupakan kombinasi yang pas, sebab kandungan karbohidrat pada kentang dan protein pada telur dapat membantu proses ‘pengisian’ glikogen dalam tubuh dalam 30 hingga 60 menit.

Selain itu, kentang juga merupakan karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi yang membantu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan berperan dalam mengembalikan karbohidrat ke otot dan menghentikan pemecahan protein otot pada aliran darah.

Sedangkan telur mengandung asam amino yang mudah dicerna oleh manusia, sehingga pilihan memakan telur sesaat setelah bersepeda dapat membantu mengisi kembali kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

Nasi putih dan ayam panggang

Masih dengan menu makanan berat, menu yang cocok untuk dikonsumsi setelah bersepeda berikunya adalah nasi putih dan ayam panggang.

Makanan yang satu ini mengandung karbohidrat sederhana yang dapat dengan mudah dipecah oleh tubuh dibandingkan karbohidrat-karbohidrat kompleks, sehingga tingkat gula darah dalam tubuh lebih cepat meningkat.

Baca juga: Sebelum Goes, Ini Protokol Kesehatan Bersepeda di New Normal

Tidak hanya itu, kandungan asam amino yang ada pada nasi putih juga berperan dalam pembentukan otot. Untuk meningkatkan asupan nutrisi, nasi putih bisa dimasak dengan kaldu ayam atau santan.

Sama seperti kentang, nasi putih juga mengandung indeks glikemik yang tinggi, sementara daging ayam terutama pada bagian dada mengandung protein. Itulah mengapa keduanya merupakan kombinasi yang tepat dan cocok dijadikan makanan setelah bersepeda. 

Kacang-kacangan

Jika tak ingin langsung mengkonsumsi makanan berat, maka kacang-kacangan bisa menjadi solusinya.

Kandungan asam lemak tak jenuh yang ada pada kacang bermanfaat dalam membantu meminimalisir kolesterol buruk di dalam tubuh. 

Terdapat beberapa pilihan kacang yang baik untuk dikonsumsi pasca bersepeda, antara lain kacang almond yang kaya akan kalsium untuk membantu menguatkan tulang. Selain itu, kacang-kacangan membantu menjaga fungsi otot dan saraf. 

Terakhir, ada kacang mede yang kaya akan kandungan besi dan mempunyai kandungan lemak paling rendah dibandingkan kacang-kacangan lain. Tidak hanya dimakan mentah, kamu juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan dengan dipadukan dengan buah-buahan kering atau dijadikan selai.

Susu cokelat

Setelah lelah bersepeda, umumnya akan merasa kehausan dan membutuhkan sesuatu yang segar, nah kamu bisa minum susu cokelat setelah bersepeda.

Riset membuktikan bahwa susu coklat merupakan salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi para atlet setelah berolahraga, tidak terkecuali setelah bersepeda.

Baca juga: Tips Bawa Sepeda di Mobil Secara Aman dan Nyaman

Selain rendah lemak, kandungan karbohidrat dan protein yang ada pada susu coklat juga baik untuk tubuh.

Gula yang terdapat di dalam susu cokelat juga termasuk ke golongan karbohidrat sederhana yang mudah dipecah di dalam sistem pencernaan.

Selain itu, susu juga mempunyai kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi, serta kandungan air yang cukup untuk rehidrasi tubuh setelah bersepeda.

Smoothies

Topping buah-buahan pada smoothies mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan mampu membantu pemulihan pasca kamu bersepeda.

Saat membuat smoothies, sebaiknya menggunakan buah-buahan segar, madu, air kelapa atau susu rendah lemak, serta tambahan protein seperti kacang atau whey protein powder.

Kandungan karbohidrat pada buah-buahan dan madu akan mengisi kembali energi yang terpakai setelah bersepeda, sementara air kelapa mengandung zat elektrolit yang bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar ion dalam tubuh.

Jenis buah-buahan yang paling dianjurkan adalah yang termasuk ke dalam golongan buah berry. Kandungan pigmen antosianin pada buah berry dapat mengatasi inflamasi dan sakit sendi.

Air dengan Perasan Lemon

Tidak hanya memperhatikan makanan setelah bersepeda, menu yang cocok untuk dikonsumsi bisa juga berupa segelas air mineral dengan tambahan perasan air lemon.

Minuman ini mampu menghidrasi tubuh setelah bersepeda dengan intensitas rendah atau ringan. 

Mengkonsumsi air dengan perasan lemon juga cocok ketika kamu dalam proses penurunan berat badan, sebab lemon tidak mengandung banyak kalori. Hanya terdapat sekitar 20-25 kalori dalam satu buah lemon.

Selain memperhatikan makanan setelah bersepeda, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.