6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Cover Mobil

23 July 2019

Penggunaan sarung atau cover mobil akan sangat berpengaruh terhadap kondisi bodi mobil. Pasalnya, mobil terpaksa harus diparkirkan di tempat dengan kondisi cuaca yang ekstrem. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih cover mobil terbaik? Cek daftarnya berikut ini:

 

Pilih Bahan yang Gampang Kering

Hal terpenting dari sebuah sarung mobil yakni bahannya. Jika Anda menggunakan sarung tersebut selama berhari-hari untuk menutup mobil, ada baiknya agar sesekali membuka dan mengeringkannya. Di sinilah letak kelebihan dari cover yang gampang kering.

 

Memilih bahan yang dapat kering ini akan menjaga kualitas dari cat mobil Anda. Pasalnya, bodi mobil dapat terhindar dari jamur yang di mana tempat berkembang biaknya jamur berasal dari cover yang digunakan.

 

Ketahui Komposisi Bahan Cover

Selain itu, Anda juga wajib mengetahui apa saja komposisi bahan dari cover bodi mobil yang akan dipilih. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui empat macam komposisi bahan sarung mobil. Di bagian pertama yakni bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari.

 

Pada lapisan kedua yang merupakan dalaman cover biasanya memiliki rongga sehingga proses sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar. Bahan seperti ini juga berfungsi untuk menghindari penguapan udara yang bisa menghasilkan embun.

 

Untuk lapisan ketiga sendiri adalah lapisan paling bawah sehingga akan melindungi bodi mobil. Terakhir, bagian keempat biasanya berbahan lembut sehingga tidak akan menimbulkan gesekan pada bodi mobil.

 

kandaraan saat mudikPahami Keunggulan dan Kekurangan Bahan

Sebelum memilih sarung mobil mana yang akan digunakan, ada baiknya jika memahami terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan dari bahan yang diterapkan pada sarung tersebut. Ada beragam jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat cover mobil.

 

Salah satu di antaranya yakni bahan sintetis. Keunggulannya untuk menghindarkan bodi mobil dari air yang bisa mengendap.  Sayangnya, cover berbahan sintetis ini juga mempunyai kekurangan berupa terjadinya gesekan-gesekan antara cover dengan bodi.

 

Ada pula cover berbahan fabrik dengan keunggulannya berupa rongga-rongga yang akan membantu proses sirkulasi udara tetap berjalan lancar saat mobil ditutup. Harganya yang cenderung mahal menjadi kekurangan dari cover jenis ini.

 

Pastikan Bahan Cover tidak Luntur

Tidak hanya jenis bahan, warna cover juga kerap kali menjadi pertimbangan orang dalam memilih sarung mobil. Sayangnya, warna-warna ini tidak jarang ada yang luntur dan mengenai bodi mobil. Jika sudah begini, Anda akan mengalami kerepotan. Olehnya itu, sebelum membeli cover untuk mobil, pastikan terlebih dahulu cover tersebut tidak luntur.

 

Teliti dalam Memilih Cover

Dalam menentukan sarung mobil mana yang akan digunakan, tetaplah teliti dalam memilih. Sesuaikan bahan cover dengan posisi mobil saat diparkir. Sebagai contoh, jika setiap hari Anda memarkir mobil di dalam ruangan, maka gunakanlah cover berbahan fabrik.

 

Sebaliknya, jika mobil diparkir di ruangan terbuka, ada baiknya untuk memilih cover berbahan sintetis agar bebas dari air yang bisa merusak bodi mobil jika mengendap.

 

Jangan Ragu Pilih yang Bermerek

Dalam memilih cover untuk kendaraan roda empat, jangan ragu untuk memilih yang bermerek. Pasalnya, ada banyak cover mobil yang tersedia di pasaran namun tidak sesuai dengan standar sehingga kualitasnya abal-abal.

 

Nah, demikian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemilihan cover mobil. Yang pasti, jangan pernah tergiur dengan harga yang murah agar tidak terjadi kerusakan pada bodi mobil ketika cover tersebut digunakan.

SHARE