Search Cars

Travel & Lifestyle

6 Festival Bulan Desember 2019 yang Wajib Dikunjungi!

Berlibur sambil memperkaya wawasan, kamu bisa menghadiri festival budaya. Butuh referensi? Ini dia 6 festival bulan Desember 2019 yang wajib dikunjungi!

festival bulan Desember

Tahun 2019 sudah memasuki bulan terakhirnya, kini adalah waktunya merencanakan liburan ke berbagai destinasi impian. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali festival wisata budaya yang bisa kamu kunjungi.

 

Meski zaman sudah modern, bukan berarti kebudayaan bisa dilupakan begitu saja. Sambil berlibur, rutin mengunjungi festival budaya akan bermanfaat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan terhadap budaya lokal.

Jika masih bingung hendak mengisi liburan ke mana, festival-festival budaya berikut ini mungkin bisa masuk kedalam daftar liburan kamu bersama keluarga.

festival bulan Desember

Pesta Iraw Tengkayu, Kalimantan Utara (1-31 Desember)

Pesta adat Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghanyutkan sesaji ke laut dan diisi dengan berbagai macam perlombaan.

 

Istilah Iraw Tengkayu sendiri memiliki dua arti yaitu Iraw sebagai perayaan, sementara Tengkayu ialah pulau kecil di tengah laut yakni Pulau Tarakan.

 

Upacara yang dilakukan masyarakat adat Tidung sudah berlangsung turun temurun. Nantinya, inti kegiatan akan diisi ritual Parade Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan melepaskan perahu berisi makanan atau pakan ke laut.

 

Baca juga: Menikmati Pesona Paduan Budaya, Adat dan Keindahan di Kawasan Wisata Uluwatu

 

Festival Iraw Tengkayu diadakan dengan berbagai acara, seperti  pameran, bazar, pentas seni dan budaya, lomba indie band, dan sebagainya. Biasanya acara pesta rakyat ini akan diselenggarakan hingga malam puncaknya tepat pada pergantian tahun baru.

 

Baca festival bulan Desember 2019 selanjutnya.

festival bulan Desember

Festival Pesona Budaya Minangkabau, Sumatera Barat (4-7 Desember)

Festival Pesona Budaya Minangkabau adalah event wisata budaya etnik Minangkabau (Sumatera Barat) yang  digelar di Batusangkar, Kabupaten Tanag Datar.

 

Ada beberapa rangkaian acara, di antaranya pameran matrilineal, pacu kudo, pacu jawi, pertunjukan tari kolosal, karnaval, pemutaran film Minangkabau lewat bioskop keliling dan Pagaruyung Expo.

 

Dikenal juga dengan Festival Pagaruyung,  Festival Pesona Budaya Minangkabau dimeriahkan dengan festival randai, tradisi makan bajamba, keroncong Minang, debus, pertunjukan silat, seminar budaya, dialog interaktif mengenai adat budaya Minang, dan Pagaruyung Expo.

festival bulan Desember
Batam International Culture Carnival, Kepulauan Riau (7-8 Desember)

Batam International Culture Carnival merupakan festival berskala internasional yang akan menguba Jalan Imam Bonjol, Nagoya menjadi panggung spektakuler.

 

Baca juga: Mengungkap Sejarah dan Filosofi Makanan Rendang yang Mendunia

 

Festival ini akan menampilkan beragam budaya nusantara dan parade karnaval. Konsepnya street carnaval layaknya Jember Fashion Carnaval.

 

Ada juga berbagai kuliner dan seni modern lainnya, mulai melai sulap api, tari api, tari Brasil, hingga tari perut. Ditambah dengan body painting, kompetisi bartender, Batam Guitar Family, BBDC Bassline, Band Besar BJS, Erio Hutomo, Yemercy, Beungeud, Batam Hip Hop, 3D Mapping, Road Root, dan Orange Dusk.

 

Baca festival bulan Desember 2019 selanjutnya.

festival bulan Desember
Festival Danau Toba, Sumatera Utara (9-12 Desember)

Festival Danau Toba (FDT) merupakan event tahunan yang digelar di kawasan Danau Toba dan telah menjadi satu agenda kepariwisataan nasional.

 

Tahun ini, Festival Danau Toba mengusung tema “Inspiring Toba” dan akan diselenggarakan di Prapat, Kabupaten Simalungun. Sebelum acara utama akan ada Lomba Solubolon, penanaman pohon, kegiatan sosial berupa pembersihan Danau Toba, diskusi kelompok terarah Geopark, lomba lari 10K.

 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Kekinian di Jakarta yang Wajib Dicoba

 

Sedangkan nantinya Festival Danau Toba akan diisi dengan penampilan tari kolosal, hiburan rakyat lokal dan nasional, beragam lomba, fashion show busana etnis, demo kuliner dan lainnya.

 

Tak hanya itu, produk-produk unggulan Sumatera Utara juga akan dipamerkan di festival ini, seperti kopi, andaliman, dan teh.

 

Baca festival bulan Desember 2019 selanjutnya.

festival bulan Desember
Pemuteran Bay Festival, Bali (13-16 Desember)

Pemuteran Bay Festival dikemas melalui semangat pelestarian dan konservasi lingkungan, pesona keindahan laut dan keragaman budaya akan kembali disajikan dengan lengkap di festival ini.

 

Festival yang digelar di Kabupaten Buleleng ini akan diisi dengan beragam agenda kegiatan seperti festival yoga, workshop pengenalan dan pendalaman metode konservasi terumbu karang dengan teknologi biorock, fotografi, permainan tradisional gebug ende, dan lainnya yang dikemas dalam bentuk konservasi dan promosi pariwisata.

 

Baca juga: Menikmati Pesona Paduan Budaya, Adat dan Keindahan di Kawasan Wisata Uluwatu

 

Selain itu ada juga pameran seni kreatif industri pariwisata bahari dan bazaar kuliner yang dibalut dengan pertunjukan seni budaya tradisi kontemporer dan musik yang melibatkan para seniman terkenal Bali, antara lain Gus Teja World Musik, Joni Agung Double T, The Bodhi, Small Axe, Bintang, Relung Kaca, Gde Bagus X Factor, Rastafara Cetamol, dan Benih Kasih.

 

Baca festival bulan Desember 2019 selanjutnya.

festival bulan Desember

Festival Budaya Cirebon, Jawa Barat (28 Desember) 

Festival yang akan digelar pada akhir tahun ini mengusung tema ‘Kerata Paksi Naga Lima’, yang merupakan simbol kejayaan kerajaan Cirebon.

 

Makna yang terkandung dalam Paksi Naga Lima yaitu paksi atau burung yang mewakili budaya Tiongkok dan liman mewakili budaya India.

 

Festival Budaya Cirebon 2019 akan menghadirkan berbagai seni tradisional khas Cirebon seperti seni bray, tari angklung bungko, wayang wong, fashion lokal, kuliner lokal dan lainnya.

 

Baca juga: Promo Liburan PUAASS untuk Sewa Mobil Lebih Hemat, Mau?

festival bulan Desember

Nah itu dia 6 festival budaya yang akan meramaikan penghujung tahun 2019. Sebelum melangkah lebih jauh ke negeri luar, yuk ramaikan pariwisata Indonesia dulu!

 

Soal transportasi kamu tak perlu repot, kamu bisa menyewa mobil melalui Movic, selain mudah, perjalanan liburan kamu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan! Jangan lupa download Movic, ya!

 

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.