6 Fakta Mobil Hybrid, Banyak Kelebihannya!

Banyak dipilih sebelum beralih ke mobil listrik, selain lebih irit, ternyata banyak juga loh kelebihannya. Yuk cek fakta mobil hybrid berikut ini!

fakta mobil hybrid

Dalam catatan fakta, mobil hybrid. sendiri bukanlah hal yang baru di industri otomotif Indonesia.

Toyota merupakan brand yang pertama kali memperkenalkan kendaraan dengan teknologi hybrid kepada dunia, dan memboyong teknologi ini ke tanah air pada 2009 silam.

Dengan menggunakan mesin hybrid, mobil jadi lebih ramah lingkungan karena menggunakan pembakaran internal (combustion engine).

Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Sejarahnya

Bila dibanding mobil listrik, mobil hybrid lebih unggul dalam hal jarak tempuh, sebab tidak tergantung pada pada listrik yang tersimpan dalam baterai.

Apabila habis, maka masih bisa berjalan dengan menggunakan mesin bensinnya sambil menambah daya baterai. Yap, saat bergerak lambat, mobil akan digerakkan dengan motor listrik.

Sedangkan jika mobil berjalan lebih cepat, mesin bahan bakar minyak yang akan menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai di motor listrik.

Baca juga: 5 Kelebihan Mesin Turbo di Mobil-Mobil Masa Kini

Tidak heran, meski masih menggunakan bahan bakar minyak, fakta mobil hybrid tetap ramah lingkungan!

Selain itu apa lagi sih fakta mobil hybrid? Yuk cek di bawah ini!

fakta mobil hybrid

Sejarah mobil hybrid

Meski Toyota Prius yang mulai diproduksi dan dijual massal sejak tahun 1997 dan menjadi salah satu mobil hybrid yang paling terkenal sampai saat ini, ternyata sejarah mobil hybrid dimulai jauh sebelum itu.

Pada era 1900an, mobil hybrid sudah mulai berkembang, yang diawali dengan Porsche-Lohner. Mobil ini diciptakan oleh Ferdinand Porsche yang bekerja untuk Lohner-Werke di Vienna, Austria.

Baca juga: Perlu Diketahui, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Mobil Porsche-Lohner pertama dipamerkan pada Desember 1900 dan resmi menjadi mobil hybrid pertama di dunia.

Mesin bensin pada Porsche-Lohner memiliki fungsi untuk menyuplai bahan bakar ke generator, sehingga menghasilkan daya listrik yang kemudian disalurkan melalui motor di roda depan.

Menarik ya menanti masa depan, di mana jalan raya akan penuh mobil listrik dan mobil hybrid. Dengan begitu, sumber tenaga mobil bisa terbagi serta membuat bahan bakar lebih efisien.