6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Obat-Obatan

By Amalia Kartika - September 15, 2021

Ingin berat badan turun? Yuk, coba ikuti cara menurunkan berat badan berikut ini. Nggak perlu pakai obat-obatan, lho!

cara menurunkan berat badan

Banyak orang yang ingin memiliki berat badan ideal tetapi mungkin bingung bagaimana cara menurunkan berat badan secara optimal.

Tidak jarang, sebagian orang menggunakan cara cepat dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, konsumsi obat-obatan dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cat Dinding Rumah Biar Makin Estetik

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menurunkan berat badan tanpa obat-obatan meskipun butuh proses yang cenderung lebih lama.

Nah, bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa obat-obatan? Simak beberapa caranya berikut ini.

Banyak minum air putih

Hal pertama yang harus dibiasakan jika ingin menurunkan berat badan adalah banyak minum air putih.

Air punya peranan penting untuk membantu metabolisme, membuang racun dalam tubuh, dan sebagainya.

Apalagi tubuh manusia 60% terdiri dari air, sehingga tubuh perlu terhidrasi dengan baik supaya dapat berfungsi dengan baik.

Minumlah air putih sesuai dengan kapasitas tubuh kamu, kurang lebih sekitar 2 liter per hari.

Kamu dapat meminumnya pada saat bangun tidur, sebelum dan sesudah makan, serta setelah aktifitas yang menguras tenaga atau pikiran.

Kurangi konsumsi gula

Tanpa disadari, kamu bisa saja telah mengonsumsi gula secara berlebihan. Misalnya, seperti dari jajan es kopi susu, cobain croffle, atau jajanan lainnya.

Ternyata, kelebihan kadar gula dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan lemak dan berat badan jadi makin bertambah.

Baca juga: Apa Itu Hedonic Treadmill dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula dengan cara membatasi konsumsi makanan manis. Selain itu, ketika minum kopi atau teh sebaiknya jangan menambahkan gula.

Apabila ingin mengonsumsi makanan manis, kamu bisa makan buah-buahan. Tidak hanya memberikan rasa manis, kamu juga mendapatkan nutrisi lain seperti vitamin dari buah.

Konsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan berserat memang kerap kali dijadikan cara menurunkan berat badan.

Hal itu karena makanan yang mengandung serat akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Apa itu Layanan 5G dan Bagaimana Perbedaannya dengan 4G?

Serat juga lebih lama diproses di pencernaan sehingga lambung tidak cepat kosong.

Makanan yang tinggi serat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang, dan biji-bijian.

Maka dri itu, kalau diperhatikan makanan bagi yang diet rata-rata porsi sayurnya cukup banyak.

Lalu, untuk buah, kacang, dan biji-bijian biasanya ditemukan dalam menu smoothie bowl.

Olahraga secara rutin

Cara menurunkan berat badan terbaik tidak cukup dari hanya menjaga makan saja.

Kamu perlu menggerakkan tubuh untuk membakar lemak dengan berolahraga secara teratur.

Apabila jarang berolahraga, kamu bisa melakukan yang ringan terlebih dulu, seperti berjalan kaki atau kardio ringan selama 30 menit.

Ketika rutinitas olahraga sudah terbangun, tingkatkan intensitas secara perlahan dan jangan memaksakan tubuh jika sudah tidak mampu. 

Makan dengan porsi kecil secara perlahan

Meski harus menurunkan berat badan, bukan berarti kamu tidak makan sama sekali apalagi sampai melewatkan sarapan.

Kamu harus tetap makan, tetapi dengan porsi yang lebih kecil. Bila perlu, gunakan piring berukuran kecil untuk menjaga porsi makan.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Musik yang Siap Nemenin Kamu Nyetir Mobil

Pastikan semua asupan sudah terpenuhi di menu makananmu, mulai dari protein, serat, vitamin, dan mineral.

Kemudian, usahakan agar tidak terburu-buru dan kunyah makanan perlahan-lahan. Hal ini akan memberikan otak waktu untuk memberi sinyal kalau kamu sudah cukup kenyang.

Berita Terkait

Author