6 Anggaran yang Harus Disiapkan Saat Pindah Rumah

By Amalia Kartika - September 16, 2021

Anggaran berikut ini perlu banget kamu siapkan sebelum pindah rumah. Ini penjelasannya.

pindah rumah

Pindah rumah bukan pekerjaan mudah. Ada beberapa hal yang harus disiapkan, termasuk anggaran keuangan serta tenaga untuk memindahkan barang-barang.

Oleh karena itu, pindah rumah membutuhkan persiapan yang matang. Anggaran pindah rumah tidak hanya terbatas pada biaya angkut saja, tetapi ada hal lain yang perlu disiapkan.

Nah, kira-kira anggaran apa yang harus disiapkan saat pindah rumah? Simak penjelasannya berikut ini.

Biaya packing barang

Mungkin kamu bisa menggunakan kardus bekas yang masih layak untuk packing atau mengemas barang-barang.

Namun, kamu tetap butuh kardus yang banyak untuk bisa memasukkan seluruh barang rumah.

Baca juga: Penting! Ini 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Kamu juga butuh tempat khusus untuk menaruh barang-barang yang sifatnya mudah pecah. 

Jadi, coba hitung kira-kira butuh berapa banyak kardus yang dibutuhkan untuk packing.

Sewa kendaraan angkut

Kemudian, kamu juga butuh anggaran untuk mengangkut dan memindahkan barang ke rumah baru. Kamu bisa menyewa kendaraan seperti mobil boks atau mobil pick up sesuai kebutuhan.

Biaya sewa kendaraan angkut cukup beragam, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 1.500.000 untuk satu kali pengiriman barang, tergantung jarak dan daya angkut kendaraan.

Baca juga: Segini Modal yang Dibutuhkan untuk Membuat Aquascape Cantik

Biaya sewa bisa jadi lebih mahal jika jarak tempuhnya semakin jauh, misalnya ke luar kota atau di luar area jangkauan antar.

Selain itu, biaya tergantung juga pada berapa kali kamu akan bolak-balik memindahkan barang. Belum lagi biaya bahan bakar untuk kendaraan angkut yang juga harus kamu persiapkan. 

Jasa bongkar muat

Selanjutnya, anggaran yang harus disiapkan saat pindah rumah adalah jasa bongkar muat. Biasanya, jasa sewa kendaraan angkut belum termasuk dengan jasa bongkar muat barang.

Baca juga: 5 Tips Investasi Logam Mulia yang Cocok Buat Jangka Panjang

Pihak mereka hanya bisa membantu menurunkan barang dari kendaraan. Kalaupun ada akan dikenakan biaya tersendiri. 

Jadi, jangan lupa siapkan anggaran untuk jasa bongkar muat, khususnya untuk memindahkan barang-barang besar seperti tempat tidur dan lemari.

Biaya urus kepindahan

Anggaran pindahan rumah lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah biaya urus kepindahan. 

Biaya yang termasuk di dalamnya adalah biaya administrasi kependudukan, pengurusan dokumen-dokumen rumah, pembuatan kartu keluarga baru, KTP baru, dan sebagainya.

Furnitur baru

Saat pindah rumah, mungkin kamu membutuhkan beberapa furnitur dan perabotan baru demi melengkapi kebutuhan dan mewujudkan desain idaman.

Jika berencana membeli furnitur dan perabotan baru, maka kamu memasukannya dalam anggaran pindah rumah agar bisa disiapkan juga dananya.

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cat Dinding Rumah Biar Makin Estetik

Untuk membantu agar anggaran beli furnitur terkumpul, kamu dapat menjual barang dari rumah lama yang sudah tidak digunakan.

Sebaiknya, dahulukan anggaran terlebih dahulu untuk furnitur dan perabotan di ruangan penting, seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi.

Berita Terkait

Author