Tips Anti Stres Buat Para Ibu yang WFH Sambil Mengurus Anak

Tak sedikit ibu yang stres dan kelelahan akibat harus WFH sambil mengurus anak. Agar tak stres lagi, yuk simak tipsnya berikut ini.

WFH Sambil Mengurus Anak

Menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga memanglah bukan perkara mudah, ditambah lagi jika harus tetap fokus mengasuh anak dan menyelesaikan pekerjaan kantor. Terlebih pandemi virus corona telah membuat para ibu untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, berbagai aktivitas kini dilakukan dari jarak jauh atau dari rumah, salah satunya adalah kebijakan kerja dari rumah atau Work from Home (WFH), dan belajar dari rumah atau Home Learning.

Kebijakan ini masih akan terus diperpanjang karena pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum bisa diatasi.

Bagi sebagian orang, bekerja di rumah bukanlah sebuah masalah. Namun, hal tersebut bisa saja menjadi tantangan yang berat bagi para ibu yang WFH sambil mengurus anak. 

Sebab, hal-hal baru seperti jam kerja dan jam sekolah di rumah ada di waktu yang sama bisa saja terjadi.

Baca juga: Cara Sederhana Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

Tak heran jika banyak ibu yang cenderung sulit fokus menyelesaikan pekerjaan, karena harus mendampingi anak belajar, terutama anak-anak yang berusia lebih kecil.

Belum lagi jika memiliki balita yang cenderung lebih rewel dan membutuhkan perhatian lebih. 

Hal-hal tak terduga bisa saja terjadi di jam kerja, seperti anak menjerit, membuat rumah berantakan, atau ingin terus ditemani bermain, namun di saat yang sama sang ibu tetap harus bekerja dan produktif.

Tak heran banyak ibu yang mengaku stres dan kelelahan. Sebab, selama WFH, menjaga produktivitas sambil mengasuh anak bisa menjadi tantangan tersendiri.

Lalu, apa yang harus dilakukan para ibu agar pekerjaan tetap bisa terselesaikan dengan baik, sekaligus mengasuh dan menjaga anak agar belajar tetap lancar, namun kesehatan anggota keluarga lain tetap terjaga? 

Nah buat para ibu yang WFH sambil mengurus anak, yuk simak tipsnya berikut ini.

Atur prioritas

Agar kamu tak kewalahan, kamu bisa memulainya dengan membuat daftar prioritas atau membuat rencana kerja. 

Buatlah rencana kerja untuk mengatur rutinitas harianmu, seperti menyusun waktu bekerja, kapan harus menemani anak belajar, kapan harus melakukan video call atau teleconference dengan rekan kerja, dan menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya.

Pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan jika kita memahami prioritas dan mampu mengatur waktu. 

Jika anak rewel pada saat sedang bekerja, sisihkan waktu sebentar untuk menemani anak hingga anak lebih tenang dan bisa kembali ditinggal. 

Sebab, mendiamkan anak yang rewel dan tetap lanjut bekerja hanya akan membuat stres dan kehilangan fokus. 

Baca juga: Mumpung #dirumahaja, Yuk Quality Time Bersama Keluarga

Pisahkan peran sebagai orangtua dan pekerja

Trik berikutnya buat para ibu yang WFH sambil mengurus anak, adalah dengan memisahkan peran, yakni kamu harus mengatur kapan waktu menjadi orang tua dan menjadi pekerja. 

Caranya adalah dengan membuat space atau lahan ruang bekerja. Bekerja lah di office area yang sudah kamu buat agar terbebas dari jangkauan anak-anak.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Kegiatan yang Dapat Dilakukan dari Rumah

Dengan menyediakan space bekerja, kamu juga akan lebih fokus dan tenang. Jika fokus, maka pekerjaan juga akan lebih cepat selesai, sehingga kamu bisa kembali menjaga anak dan menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya.

Jangan lupa istirahat

Menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan menjalani peran sebagai ibu yang baik memanglah penting. Namun, terlalu memaksakan diri dengan bekerja terlalu keras juga tidak baik.

Bagi para ibu yang WFH sambil mengurus anak, memperhatikan waktu istirahat agar pikiran tetap fresh dan tidak kelelahan adalah hal yang penting. Pasalnya jika sudah kelelahan, semua pekerjaan berpotensi tidak terselesaikan dengan baik, dan nantinya kamu hanya akan menumpuk pekerjaan.

Sekedar istirahat makan siang sudah bisa membantu diri agar tubuh dan pikiran terasa lebih segar, sehingga kamu siap untuk kembali bekerja. Disarankan, dalam setiap jam pekerjaan diselesaikan, kita perlu istirahat setidaknya 10 menit. 

10 menit tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengambil makanan ringan, berjalan-jalan di rumah atau sekedar menyapa dan mengobrol dengan anak.

Baca juga: 7 Camilan Sehat yang Siap Menemanimu Saat Bekerja

Jalankan Komunikasi
Menjalankan komunikasi yang baik dengan anak merupakan hal yang sangat penting guna menjaga ikatan emosional antara ibu dan anak, sehingga diperlukan beberapa obrolan santai di waktu senggang. 

Sembari mengobrol dengan anak, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjelaskan kepada anak agar bisa lebih mengerti dengan keadaan orang tuanya yang sedang bekerja.

Baca juga: Langkah Mudah dan Sederhana Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

Di sisi lain, kamu bersama pasangan juga harus selalu berkomunikasi untuk menentukan jadwal dan pembagian tugas serta tanggung jawab bersama dalam mendampingi anak selama WFH.

Cari bantuan ekstra

Tips terakhir buat para ibu yang WFH sambil mengurus anak, jika sudah terdesak jangan ragu untuk meminta bantuan. Kamu bisa meminta bantuan dengan pasangan untuk bekerjasama dan berbagi tugas agar lebih efektif.

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan dengan Sejalan, lho. Sebab, buat kamu yang tinggal di area Jakarta, Cibubur, Bekasi, BSD dan Depok, Sejalan punya layanan #NitipBelanja yang siap bantu kamu memenuhi kebutuhan dapur yang fresh dan berkualitas untuk keluarga tanpa harus keluar rumah.

Soal harga tak perlu khawatir, karena Sejalan bakal kasih free ongkir buat kamu. Lalu bagaimana cara memesannya? Yuk simak caranya berikut ini!

1. Download aplikasi Sejalan yang tersedia di PlayStore dan App Store

2. Lakukan registrasi

3. Klik #NitipSejalan di menu #TagPopuler Sejalan

4. Pilih list trip dengan lokasi pasar/grocery store serta titik antar yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal

5. Masukkan jumlah kursi kemudian klik Saya Ikut, atau kamu juga bisa chat ke Kapten Sejalan untuk mengkonfirmasi ketersediaannya lebih dulu.

6. Chat Kapten untuk menginformasikan daftar barang yang kamu butuhkan, kemudian tunggu balasan dari Kapten.

Selalin melalui aplikasi, kamu juga bisa mememsan secara manual memelalui WhatsApp, dengan menghubungi nomor berikut ini +6281317610066. Atau, cukup klik di sini.

Dengan #NitipBelanja pakai Sejalan, kamu tak perlu lagi repot-repot ke pasar untuk membeli bahan baku dapur, sehingga kamu juga dapat mengatur efisiensi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Selain itu, di tengah pandemi virus corona seperti saat ini memang sebaiknya kita menghindari kerumunan, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi, yuk download Sejalan! Lalu, jangan lupa follow Instagram dan Twitter Sejalan untuk melihat promo yang tersedia.