Search Cars

Otomotif

5 Tips Agar Gaji Bulanan Anda Tidak Numpang Lewat

Tanggal gajian merupakan hari yang ditunggu – tunggu bagi para karyawan, tetapi di saat ini, sering kali gaji tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, malah kadang-kadang sudah habis di pertengahan bulan.

 

Banyak faktor yang menyebabkan para pekerja sering kehabisan gaji sebelum waktunya, salah satunya karena belum dapat mengelola gaji dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, simak tips di bawah ini yang mungkin dapat membuat Anda lebih teratur dalam mengelola gaji bulanan.

 

1. Buat anggaran bulanan

 

Tulis semua kebutuhan bulanan Anda, mulai dari yang paling penting sampai kebutuhan tambahan. Anggaran bulanan ini sangat berguna bagi Anda agar tidak salah dalam mengalokasikan uang.

 

Untuk itu, lebih baik pisahkan kebutuhan tetap Anda, seperti membayar listrik, cicilan, biaya makan, service kendaraan dan lain sebagainya dengan kebutuhan tambahan yang sifatnya pilihan, seperti anggaran untuk hang out, membeli aksesoris, dan lain-lain.

 

Dengan adanya anggaran tersebut, Anda juga akan memiliki batasan – batasan dan akan lebih terencana dalam mengeluarkan uang untuk mendapatkan kebutuhan primer atau tambahan.

 

2. Catat pengeluaran harian

Sering kali orang lupa dalam membelanjakan uangnya setiap hari. Bahkan, ada yang sampai kaget ketika melihat dompetnya kosong tapi tidak ingat uangnya dibelanjakan untuk apa. Untuk itu, perlu adanya catatan harian agar semua pengeluaran Anda terdata dengan baik.

 

Bila perlu, simpan struk belanja Anda ketika berbelanja di supermarket atau mal. Setelah itu, jumlahkan semua pengeluaran Anda perhari agar dapat terdeteksi dengan baik.

 

3. Tabung terlebih dahulu

Setelah gaji bulanan keluar, ada baiknya Anda menyisihkan untuk tabungan terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-sehari. Cara ini berguna untuk menekan pengeluaran yang sifatnya bukan untuk kebutuhan utama.

 

Jadi, Anda bisa berhemat dan menggunakan tabungan tersebut untuk kebutuhan penting di masa mendatang, yang mungkin lebih membutuhkan dana lebih.

 

tips menabung

4. Pisahkan rekening tabungan dengan yang lainnya

Setidaknya, Anda harus memiliki dua rekening, satu untuk tabungan dan yang satu lagi untuk kebutuhan Anda. Jika keduanya dipisah, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur tabungan dan pengeluaran Anda.

 

Jadi, pengeluaran Anda akan lebih terdata dan tidak mengganggu tabungan Anda.

 

5. Terapkan gaya hidup hemat

Ini yang paling penting. Semua poin di atas dapat terlaksana dengan baik jika Anda dapat menerapkan gaya hidup hemat, seperti membawa bekal ke kantor, menggunakan kartu kredit seperlunya, dan lain sebagainya untuk memangkas pengeluaran yang terkesan kurang penting.

 

Setelah itu, jangan lupa lakukan perbandingan sebelum dan sesudah menerapkan gaya hidup hemat. Jika pengeluaran Anda berkurang dan keuangan menjadi lebih baik, berarti Anda sudah berhasil menerapkan gaya hidup hemat.

 

Tentunya, tips ini tidak akan berhasil apabila tidak ada niat untuk berhemat dari diri sendiri. Salah satu cara untuk menimbulkan niat tersebut adalah menghargai usaha dan kerja keras yang sudah Anda lakukan, serta bersiap untuk masa depan yang lebih baik.

 

Menyisihkan sebagian uang di gaji juga perlu supaya Anda bisa mengantisipasi kesehatan dan keinginan membeli barang keinginan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.