5 Tempat Wisata Edukasi di Bandung yang Asik Buat Buah Hati

Mengajak anak liburan sambil belajar akan menjadi agenda jalan-jalan yang tak kalah menyenangkan. Bagi kamu yang ingin liburan sambil belajar, kamu bisa kunjungi tempat wisata edukasi Bandung ini.

Mencari tempat wisata yang seru di Jakarta adalah urusan yang mudah. Banyak tempat wisata di ibu kota yang disajikan sebagai sarana hiburan dan bermain. Akan tetapi, bila kita mencari tempat wisata yang juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi anak, rasanya cukup sulit ditemukan.

 

Berbeda dengan Bandung, sebagai salah satu kota pariwisata, ternyata Bandung  mempunyai berbagai tempat wisata edukasi yang bisa menjadi sarana belajar untuk si buah hati menjelang liburan sekolah nanti.

 

Nah sebagai rekomendasi, Sejalan telah menyiapkan 5 tempat wisata edukasi Bandung bisa kamu dan keluarga kunjungi.  Apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini.

 

Bandung Science Center

https://www.instagram.com/p/BsNt0t9ASKs/

Jika bicara soal tempat wisata edukasi Bandung, tempat ini masuk ke dalam salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh keluarga lokal. Mereka yang berlibur di tempat ini biasanya ingin mengajak buah hati untuk menjelajah alam semesta.

 

Tempat wisata Bandung Science Center (BSC) ini berada di jalan Sirnagalih nomor 15, Gegerkalong, Sukasari. Tempat tersebut menawarkan arena bermain yang informatif dan sarat akan ilmu pengatahuan alam, misalnya Earth Room (Ruang Bumi), yang akan menyuguhkan nuansa penjelajahan pengunjung mengenai bumi dan seisinya. Selain itu, ada juga Astronomi Room (Ruang Astronomi) yang bisa dijadikan sebagai arena jelajah luar angkasa ala petualangan astronot.

 

Bila kamu tertarik mengunjungi tempat ini, kamu bisa datang pada pukul 09.00—17.00 dan siapkan bujet Rp45.000, ya.

 

Phantasia Barbie Gallery

Tak sedikit anak perempuan yang menyukai Barbie, mulai dari kartun, gambar pajangan, hingga mengoleksi boneka Barbie sebagai mainan. Penampilan boneka Barbie yang lucu dan cantik, sering kali menjadi bahan tiruan untuk mengekspresikan diri. Nah, untuk menyenangkan hati si kecil terhadap boneka kegemarannya, kamu bisa ajak ia ke Phantasia Barbie Gallery.

 

Tempat ini bakal mengajak si kecil untuk melihat-lihat deretan boneka Barbie yang begitu lucu. Selain itu, ia juga bisa belajar mengenai sejarah perkembangan Barbie hingga saat ini.

 

Untuk bisa melihat berbagai koleksi galeri Barbie yang ada di Jalan Sersan Bajuri ini,  kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp20.000 saja. Cukup terjangkau, ya.

https://www.instagram.com/p/BsKY8jjBdXn/

Jendela Alam

Tak jauh berbeda dengan namanya, Jendela Alam menjadi tempat belajar dan bermain anak yang sangat dekat dengan kegiatan alam. Di sini, anak-anak akan diajarkan untuk berkebun, memberi makan satwa, dan kegiatan seru lainnya.

 

Karena konsep edukasi yang ditawarkan cukup kental, tak heran bila Jendela Alam banyak dijadikan sebagai lokasi study tour oleh sekolah-sekolah lokal yang ada di Bandung maupun wisatawan lainnya untuk mengajak seluruh keluarga liburan sambil belajar.

 

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, kamu bisa datang setiap hari ke kompleks Graha Puspita, Jalan Sersan Bajuri, Lembang mulai pukul 09.00—16.00. Cukup siapkan biaya masuknya sekitar Rp15.000—Rp25.000 saja.

 

https://www.instagram.com/p/Bu5w_9WFNog/

Kota Mini Lembang

Tempat wisata edukasi Bandung yang berada di dalam kawasan Floating Market Lembang ini menawarkan area bermain yang berbeda. Di Kota Mini ini, anak-anak dapat mencoba berbagai pakaian dan bergaya sesuai profesi yang disediakan. Contohnya seperti mengenakan kostum polisi dan bergaya sebagai petugas kepolisian.

 

Dari wahana yang disediakan itu, kamu bisa mengenalkan dan mengajarkan anak-anak mengenai jenis profesi yang ada di Indonesia sehingga si kecil bisa memperluas wawasan dan cita-citanya di masa depan.

 

Jika kamu berencana ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000 saja, yang sudah termasuk free welcome drink.

 

https://www.instagram.com/p/BuQLBYrAuM9/

Saung Angklung Udjo

Tempat wisata edukasi tak hanya identik dengan sarana belajar dan bermain saja. Akan tetapi, ada pula yang bertujuan sebagai sarana pelestarian budaya bangsa. Misalnya Saung Angklung Udjo. Saung ini sudah berdiri sejak 1966 di jalan kawasan Cibeunying Kidul yang mempunyai visi-misi sebagai pusat pelestarian budaya angklung.

 

Di sini, anak-anak akan diajarkan dan mencoba langsung bermain angklung bersama pengunjung lainnya. Lebih serunya lagi, Saung Angklung Udjo juga kerap kali mengadakan pentas musik dan pertunjukkan seni, seperti Wayang Golek, Helaran, dan Tari Topeng, yang bisa kamu dan keluarga nikmati bersama.

 

Saung Angklung Udjo buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga jam 17.00. Untuk masuk ke Saung Angklung Udjo, kamu dikenai tiket masuk seharga Rp40.000 hingga Rp100.000 saja.  Jadi, daripada penasaran untuk mencoba bermain angklung, yuk, agendakan untuk liburan ke sana.

 

Itulah 5 tempat wisata edukasi Bandung yang bisa kamu dan keluarga kunjungi. Untuk menjangkau tempat tersebut, kamu harus pergi bareng Sejalan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bis travel. Jadi, yuk, pesan perjalanan wisatamu sekarang!