5 Tempat Wisata di Bandung yang Bernuansa Alam Bebas

By Amalia Kartika - September 7, 2021

Alam yang asri bisa menjernihkan pikiran, berikut tempat wisata di Bandung bisa dikunjungi nanti jika sudah bisa jalan-jalan lagi.

Bandung sepertinya tidak akan pernah kehabisan destinasi wisata. Tempat wisata di Bandung sangat beragam mulai dari kuliner, galeri seni, museum, sampai yang bernuansa alam bebas.

Wisata alam bebas merupakan salah satu yang paling dicari atau ingin dinikmati kalau lagi ke Bandung. Nah, buat yang butuh referensi tempat wisata di Bandung yang bernuansa alam, berikut lima rekomendasinya.

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan danau yang diyakini berasal dari letusan gunung api purba bernama Gunung Sunda. 

Letusan gunung tersebut menghasilkan membentuk batuan besar seperti tebing batu dan di tengahnya terdapat cekungan yang dialiri Sungai Citarum sehingga membentuk danau.

Nama Sanghyang Heuleut punya arti yang tersendiri, “sanghyang” yang berarti sesuatu yang dianggap suci, dan “heuleut” yang berarti batas sesuatu atau waktu.

Baca juga: Staycation di Tiga Water Villa Cantik Ala Maldives di Jakarta

Warga setempat memiliki kepercayaan bahwa danau ini dulunya dijadikan tempat para bidadari menyucikan diri dan mandi.

Lokasi danau Sanghyang Heuleut ada di Rajamanda Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, sekitar 1,5 jam dari kota Bandung. Untuk sampai ke danau, kamu harus trekking selama 1,5 sampai 2 jam.

Disarankan untuk datang saat musim kemarau karena air danau terlihat lebih jernih berwarna hijau. Pada saat musim hujan air berubah jadi warna kecokelatan.

Curug Malela

Tempat wisata di Bandung Barat lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Malela yang berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga. Jarak yang ditempuh dari kota Bandung kurang lebih 2-3 jam.

Curug Malela dikenal dengan sebutan The Little Niagara karena bentuknya yang agak lebar seperti Air Terjun Niagara. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter.

Untuk bisa sampai ke air terjunnya, kamu bisa trekking sejauh 1 km atau bisa menggunakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp 30.000 dan dari arah curug ke parkiran sekitar Rp 40.000 karena jalanan menanjak.

Bukit Teletubbies Cicalengka

Tempat ini aslinya adalah sebuah daerah perbukitan di Desa Tanjungwangi, Cicalengka. Orang yang datang menyebutnya dengan Bukit Teletubbies karena topografi dan undakan bukitnya yang mirip seperti di serial anak-anak Teletubbies.

Hingga saat ini, Bukit Teletubbies belum dikelola secara resmi oleh pemerintah. Jadi, kemungkinan kamu hanya dikenakan biaya oleh masyarakat setempat. 

Baca juga: Berlibur ke Pulau Madeira, Tanah Kelahiran Cristiano Ronaldo

Bukit ini cocok bagi kamu yang ingin menyukai aktivitas outdoor seperti hiking, camping, atau sepeda gunung. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak sekitar 30 menit. 

Dari kota Bandung, Bukit Teletubbies Cicalengka dapat ditempuh sekitar 1 jam. 700 meter dari tempat wisata tersebut juga terdapat Curug Cinulang yang bisa kamu kunjungi pula.

Berita Terkait

Author