5 Spot Foto Sunset di Jakarta yang Wajib Dijajal

15 March 2018

Jakarta di sore hariDi antara kalian, khususnya yang kerap berangkat pagi hari untuk mulai beraktivitas, pasti sering bertanya “Jakarta ini emang berkabut atau langitnya selalu kelabu?”

 

Memang tidak salah, dari data WHO 2016 menempatkan Jakarta dan Bandung dalam sepuluh kota dengan pencemaran udara terburuk di Asia Tenggara.

 

Hal tersebut akibat emisi gas buang kendaraan bermotor sebagai salah satu sumber polusi udara terbesar. Namun belakangan di jagat sosial media banyak tersebar keindahan foto sunset di Jakarta. Bahkan beberapa foto sunset itu diambil sesudah hujan lebat.

 

Nah, buat yang suka hunting foto, berikut spot foto sunset di Jakarta.

 

1. Sunda Kelapa

Pelabuhan yang lokasinya tidak jauh dari Kawasan Kota Tua ini merupakan cikal bakal terbentuknya kota Jakarta.

 

Untuk mendapatkan foto sunset terbaik, datanglah sekitar pukul 16:00 WIB pada saat cuaca sedang cerah untuk menantikan detik-detik terbenamnya matahari. Ketika senja tiba, siluet-siluet kapal dapat terlihat dari pinggir dermaga.

 

Namun, jika mendung pun, Sunda Kelapa merupakan spot hunting foto populer di Jakarta. Anda bisa menjepret barisan kapal pinisi atau aktivitas kuli yang sedang bekerja menaik-turunkan barang ke kapal.

 

2. Pantai Ancol

Spot foto di Jakarta ini sangat populer. Lokasinya berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Kawasan yang satu ini emang favoritnya warga Jakarta dsan turis buat bersantai sore.

 

Sedangkan di Pantai Ancol sendiri ada beberapa lokasi yang cocok untuk hunting foto sunset, salah satunya di Le Bridge. Anda dapat memanfaatkan restoran tersebut sebagai latar belakang dari matahari yang mulai terbenam.

 

3. Tugu Monumen Nasional

Bangunan yang menjadi landmark Kota Jakarta ini selain megah, juga dikenal sebagai salah satu spot foto. Sunset dengan latar belakang Tugu Monumen Nasional atau lebih  Monas ini tidak kalah indahnya dengan sunset di pantai.

 

Sambil menunggu detik-detik matahari terbenam Anda juga dapat jalan kaki, naik sepeda, atau lari-lari kecil mengelilingi Monas. Kawasan ini juga terkenal asri berkat taman-taman dan hutan kecilnya.

 

4. Pusat Perbelanjaan

Yup, lain kali Anda sedang berbelanja di pusat berbelanja dan bertepatan dengan jam terbenam matahari, sempatkan untuk hunting foto.

 

Beberapa pusat perbelanjaan yang memiliki spot foto sunset di Jakarta antara lain Sky Dining Plaza Semanggi, area parkir LotteMart Fatmawati, gedung parkir Grand Indonesia Shopping Town, Senayan City, Central Park Jakarta, atau dari atas wahana kincir ria di AEON MALL Jakarta Garden City.

 

4. Gedung Perkantoran

Untuk hunting foto sunset di area ini memang tidak bisa untuk umum. Namun sebagai karyawan yang ada di gedung perkantoran, khususnya yang berada di lantai atas pemandangan matahari terbenam bisa jadi pelepas penat setelah seharian bekerja.

 

Misalnya saja keindahan sunset dari area parkir lantai enam gedung Astra International di daerah Sunter. Atau area parkir rooftop di gedung United Tractors yang ada di daerah Cakung.

Lokasi keduanya terkenal dengan kawasan industri yang penuh dengan polusi, tapi pemandangan matahari terbenam yang spektakuler mudah didapat bila cuaca sedang cerah.

 

Jadi, sebenarnya Jakarta memiliki pemandangan sunset yang keren. Siap siagakan selalu kamera atau smartphone Anda dan jangan lupa jepret jika ada momen terbaik!

SHARE