5 Penyebab Terjadinya Kenaikan Harga Mobil Baru

Apa saja faktor yang mempengaruhi kenaikan harga mobil baru tiap tahunnya? Ternyata banyak loh, simak di sini penjelasannya.

harga mobil baru

Penurunan hingga kenaikan harga mobil baru menjadi salah satu faktor yang menjadi penentu bagi sebagian orang ketika hendak melakukan pembelian kendaraan impian.

Harga mobil yang dirasa terlalu tinggi atau over price juga seringkali membuat calon pembeli mengurungkan niat untuk memboyong mobil tersebut.

Tapi jika harganya sesuai dengan apa yang ditawarkan mobil tersebut, calon pembeli jadi lebih yakin dan tidak perlu berpikir dua kali untuk membelinya, walaupun harganya cenderung selalu naik.

Baca juga: Cara Membayar PKB Online Melalui ATM, e-Samsat, dan SMS

Tapi tenang, hal ini tidak terjadi setiap tahun. Kenaikan harga tersebut biasanya masih dalam batas wajar. Supaya kamu tidak penasaran, apa sih yang jadi penyebab kenaikan harga mobil baru? Simak penjelasannya di infografis ini yuk!

kenaikan harga mobil baru

Selain 5 hal tersebut, perubahan aturan terkait Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) turut mempengaruhi naik turunnya harga mobil.

Sebut saja baru-baru ini, harga mobil kembali mengalami kenaikan akibat belum adanya kepastian terkait kelanjutan relaksasi PPnBM 100 persen.

Baca juga: Pajak Kendaraan Berakhir tapi Samsat Tutup, Tetap Ditilang?

Sebelumnya, insentif diskon PPnBM Kendaraan Bermotor diberlakukan pada Maret hingga Agustus 2021, kemudian diperpanjang menjadi hingga Desember 2021. Artinya, saat ini pemberian diskon PPnBM sudah tidak berlaku lagi.

Akibatnya, harga mobil rata-rata naik 6,5% pada Januari 2022, selain karena habisnya insentif pajak penjualan barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM-DTP), kenaikan ini merupakan dampak dari berlakunya pajak karbon.

toyota new yaris

Pajak karbon diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Berdasarkan aturan tersebut, tarif PPnBM tidak lagi ditentukan berdasarkan kapasitas mesin, melainkan emisi karbon dioksida (CO2).

Baca juga: Persyaratan Kredit Mobil Baru Agar Cepat Disetujui

Jadi, jika kamu punya rencana untuk membeli mobil baru, perlu diperhatikan terlebih dahulu faktor-faktor di atas, kemudian cari tahu juga bagaimana aturan terkait pajak yang sedang berlaku.

Selain itu, pahami juga syarat dan ketentuannya, ya. Sebab, beda kapasitas mesin, pajak karbon yang didapat juga berbeda-beda.

Bagaimana? Jadi tahu kan apa saja yang menjadi penyebab kenaikan harga mobil baru?