5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Bisa Bocor atau Kotor

By Fikri Ramadhan - September 21, 2021

AC mobil tidak dingin sering menjadi masalah saat cuaca panas. Penyebabnya bisa kamu temukan di sini.

AC mobil tidak dingin

Penyebab AC mobil tidak dingin bisa dari faktor usia pemakaian hingga kesalahan pemiliknya. Seperti yang diketahui Air conditioner (AC) atau pendingin udara merupakan salah satu fitur penting yang selalu digunakan oleh pengendara setiap hari.

Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah atau kota dengan tingkat udara yang panas, seperti Jakarta, AC sudah menjadi kebutuhan primer setiap pemilik mobil.

Baca juga: Hal Sepele yang Menyebabkan Kerusakan Kompresor AC Mobil

Menyalakan dan mengatur AC mobil memang mudah, kamu hanya tinggal menekan atau menggeser knob dan AC mobil langsung menyala.

Namun, karena pentingnya peran AC bagi pengendara, pemakaiannya kadang dirasa berlebihan dan tidak dibarengi dengan perawatan sehingga membuat kualitas AC menurun.

Biasanya, AC yang bermasalah akan terasa lebih lama mendinginkan kabin ketika baru dinyalakan.

Baca juga: Pasang Strut Bar di City Car, Apa Fungsinya?

Untuk itu, berikut cara menghindari AC mobil tidak dingin yang bisa kamu lakukan sebagai perawatan berkala.

AC mobil tidak dingin

Ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin, salah satunya adalah freon yang habis atau kurang. kamu bisa mengatasinya dengan membawa mobil ke bengkel dan tambah freon.

Namun, yang perlu diketahui, freon AC tidak akan habis jika tidak ada kebocoran, kecuali sudah digunakan selama 2-3 tahun, pasti ada penyusutan, tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Bila freon AC mobil kamu berkurang drastis, lebih baik sekaligus melakukan pengecekan pada komponen-komponen AC ya.

Baca juga: Apa Itu Engine Mounting? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Selain itu, penyebab AC mobil tidak dingin adalah interior yang kotor dan akibatnya menumpuk di bagian filter. Lama-kelamaan, kotoran itu membuatnya tersumbat.

Jika sudah terjadi, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal walaupun AC tetap menyala, karena tidak dapat berfungsi dengan baik karena penyumbatan tadi.

Maka dari itu, selalu perhatikan kebersihan kabin mobil, terutama karpet dan lantai yang menjadi tempat injakan penumpang dan pengendara.

Baca juga: Etika Menyalakan Lampu Sein, Hati-hati Salah Arah

Kebersihan kabin mobil akan membuat filter AC bekerja lebih ringan untuk menyaring kotoran-kotoran tersebut, kondisinya pun juga tidak akan cepat kotor.

AC mobil yang tidak dingin dapat dicegah dengan melakukan perawatan komponen secara berkala dan menjaga kebersihan.

Urusan servis berkala, kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service Seva.id. Tidak hanya servis berkala, kamu juga bisa melakukan ganti suku cadang mobil, lho.

Booking Service

Berita Terkait

Author

Struggle never ending