5 Orang Terkaya di Indonesia Menurut Forbes 2021

Kira-kira, siapa orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes di tahun 2021? Baca selengkapnya untuk jadi sumber inspirasimu.

orang terkaya di Indonesia

Setiap tahunnya, majalah Forbes selalu merilis daftar orang terkaya di dunia, termasuk orang terkaya di Indonesia dalam daftar World’s Billionairres List The Riches in 2021.

Selain itu, Forbes ternyata juga memiliki daftar The Real-Time Billionaires List yang daftarnya terus bergerak setiap harinya.

Sebab, data kekayaan masing-masing individu dalam daftar tersebut diperbarui setiap saat.

Baca juga: 10 Mata Uang Termahal di Dunia, Dolar AS di Posisi Mana?

Daftar orang terkaya di dunia ditentukan menggunakan metode kepemilikan saham dan informasi keuangan dari laporan tahunan, bursa saham, keluarga dan individu, serta analis.

Penasaran siapa saja orang terkaya di Indonesia? Berikut lima orang Indonesia terkaya yang masuk dalam daftar Forbes.

1. Robert Budi Hartono

Orang terkaya di Indonesia saat ini adalah Robert Budi Hartono, yang merupakan pemilik dari Bank Central Asia (BCA) dan juga perusahaan rokok Djarum.

Budi menempati peringkat 86 daftar orang terkaya versi Forbes dan peringkat 87 dunia pada daftar real-time.

Total kekayaan yang dimiliki dirinya secara real-time per 6 Oktober 2021 mencapai US$21 triliun atau setara Rp300,3 triliun.

Baca juga: 4 Faktor yang Dipertimbangkan Investor dalam Berinvestasi

Jumlah tersebut meningkat sekitar Rp7,1 triliun dari total pada laporan versi tahunan Forbes, dengan kekayaan tercatat sebesar US$20,5 miliar atau setara Rp293,2 triliun. 

2. Michael Hartono

Selain Budi, keluarga Hartono lainnya yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes adalah Michael Hartono, yang merupakan adiknya. 

Secara real-time, total kekayaan Michael tercatat sebanyak US$20,2 miliar atau sekitar Rp288,9 triliun. Sedangkan total kekayaan dalam laporan tahunan sebesar US$19,7 miliar atau Rp281,7 triliun.

Baca juga: Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Investasi Saham

Sama seperti sang kakak, sumber kekayaan terbesar Michael berasal dari kepemilikan saham di BCA dan Djarum. Michael yang awalnya berada di urutan 89 turun ke 93 pada laporan real-time.

3. Sri Prakash Lohia

Selanjutnya, orang terkaya di Indonesia ketiga adalah Sri Prakash Lohia, yang berada di urutan 404 dunia dalam laporan tahunan Forbes dan peringkat 420 secara real-time

Dia merupakan keturunan India yang pindah bersama ayahnya ke Indonesia pada tahun 1970-an dan mendirikan perusahaan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal.

Baca juga: Filosofi 7 Lambang Mata Uang Dunia yang Unik dan Keren

Kini, perusahaan tersebut memproduksi polyethylene terephthalate (PET), pupuk poliofelin, bahan baku tekstil, dan bergerak di bidang petrokimia.

Total kekayaan yang tercatat sebanyak US$6,5 miliar dan telah meningkat menjadi US$6,7 miliar atau setara Rp95,8 triliun.

4. Prajogo Pangestu

Orang terkaya keempat di Indonesia adalah Prajogo Pangestu, seorang pengusaha kayu yang memulai bisnisnya pada akhir 1970-an dan sekarang memiliki bisnis petrokimia.

Dia adalah pemilik perusahaan Barito Pacific Timber yang namanya berganti menjadi Barito Pacific di 2007. Pada tahun yang sama, Barito Pacific mengakuisisi 70% saham perusahaan petrokimia Chandra Asri.

Baca juga: Pola Pikir Orang Sukses yang Bikin Mikir untuk Menirunya

Tahun 2011, Chandra Asri melakukan merger dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Kekayaan Prajogo dalam laporan tahunan tercatat US$6,5 miliar dan mengalami penurunan menjadi US$5,8 miliar atau setara Rp82,9 triliun.

Peringkatnya dalam daftar Forbes juga menurun dari 404 dunia menjadi 510.

5. Chairul Tanjung

Terakhir, orang terkaya di Indonesia kelima adalah Chairul Tanjung, bos dari CT Corp yang menduduki peringkat 589 pada laporan tahunan Forbes dan peringkat 752 dunia secara real-time.

Chairul Tanjung yang sempat dikenal sebagai anak singkong ini telah menjalankan bisnis hypermarket, perbankan, dan pemilik beberapa stasiun TV swasta.

Dia memiliki total kekayaan mencapai US$4,8 miliar dan secara real-time per 6 Oktober 2021 kekayaan yang tercatat sebesar US$4,2 miliar atau sekitar Rp60 triliun.

Baca juga: Bedanya UMKM, UKM dan Start-up buat Para Calon Entrepreneur

Kalau orang terkaya di Indonesia kekayaannya sudah mencapai ratusan triliun, bagaimana dengan orang terkaya di dunia?

Sebagai informasi, orang terkaya di dunia versi Forbes secara real-time saat ini adalah Elon Musk, dengan kekayaan tercatat sebanyak US$201 miliar atau setara Rp2,8 kuadriliun.

Itulah lima nama orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Kelimanya adalah orang hebat yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu serta masyarakat Indonesia. Jadi, sukses dan sehat selalu untuk semuanya!