5 Model Toyota GR Sport Resmi Meluncur di Indonesia

Tampil makin sporty, Toyota luncurkan 5 varian Toyota GR Sport untuk model mobil-mobil terlarisnya di Indonesia.

Toyota GR Sport

PT Toyota Astra Motor (TAM) perluas pilihan line-up Toyota Gazoo Racing (TGR) di Indonesia dengan meluncurkan 5 varian GR Sport untuk model mobil-mobil terlarisnya.

TGR resmi berdiri pada tahun 2015 dengan filosofi Roads Build People and People Build Cars, dan mulai mengembangkan beberapa produk Toyota hingga menjadi sebuah line-up baru yaitu GR (Gazoo Racing).

Sebelumnya di Indonesia, TGR menghadirkan Pure GR melalui mobil sport legendaris dengan tampilan coupe Toyota GR Supra dan mobil dengan DNA ajang balap reli dunia World Rally Championship (WRC) Toyota GR Yaris.

Baca juga: Ludes Terjual, Segini Harga Toyota GR Supra Terbaru

Perbedaan Pure GR dan Toyota GR Sport adalah Pure GR benar-benar sebuah mobil sport yang diciptakan dari nol oleh TGR dengan target utama memberikan performa menghibur ketika pemiliknya berada di balik kemudi dan mencuri perhatian di jalan.

Toyota GR Supra facelift

Sedangkan Toyota GR Sport merupakan varian flagship dari model mobil yang sudah ada.

Beberapa sentuhan khas TGR diberikan untuk membedakannya dari versi biasa yang tidak hanya membuatnya tampil lebih sporty dan dinamis, namun juga terkesan eksklusif dan menarik perhatian di jalan.

Varian Toyota GR Sport pertama kali dikenalkan di Indonesia melalui Toyota Raize beberapa waktu lalu.

SUV kompak ini pun berhasil menarik perhatian karena menggunakan mesin turbo yang bertenaga dan dibekali dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

“Kesuksesan Toyota GR Supra dan Toyota Raize GR Sport, serta antusiasme yang tinggi terhadap Toyota GR Yaris, telah memotivasi kami untuk memberikan pilihan produk Toyota Gazoo Racing yang lebih luas lagi,” kata President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Nah, untuk memberikan pilihan lain bagi pelanggannya kini TAM meluncurkan 5 varian GR Sport, yakni Toyota Rush GR Sport, Toyota Fortuner GR Sport, Toyota Yaris GR Sport, Toyota Agya GR Sport, dan Toyota Veloz GR Limited.

Apa istimewanya varian Toyota GR Sport?

Toyota Rush GR Sport

Toyota Rush GR Sport

Sebagai SUV tangguh yang dikembangkan untuk memberikan kenyaman, Toyota Rush GR Sport tidak hanya hadir dengan tampilan eksterior yang lebih sporty.

Baca juga: Unitnya Terbatas, Kini Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Mobil SUV 7 penumpang ini juga dibekali dengan beberapa improvement yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya ketika berkendara.

Penambahan pada bagian eksterior Toyota GR Sport meliputi desain bumper depan dan belakang baru, lalu ada side body moulding dengan label GR Sport.

Penambahan lainnya adalah spion dengan sistem pelipatan otomatis ketika mobil terkunci dan emblem GR Sport di bagian belakan sebagai penanda varian.

Pada bagian interior, Toyota Rush GR Sport kedapatan audio head unit baru yang lebih advance dan penggunaan bahan soft touch dual tone untuk bagian dashboard.

Baca juga: GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

Sedangkan untuk bagian instrumen panel, mobil ini menggunakan warna yang berbeda dengan pendar biru.

Bagian AC digital desainnya juga baru dengan rear defogger. Fitur keselamatan masih sama dengan varian lain dengan bintang lima dari ASEAN NCAP.

Harga Toyota Rush GR Sport transmisi manual Rp 256.600.000 dan transmisi otomatis Rp 266.200.000.

Bila dilihat, harga tersebut ada kenaikan sekitar Rp 5 jutaaan karena penambahan fitur-fitur baru dari varian TRD.

Toyota Fortuner GR Sport

Toyota Fortuner GR Sport

Sama halnya dengan Toyota Rush GR Sport, Toyota Fortuner GR Sport tidak hanya bermodalkan tampilan dan desain yang lebih sporty namun juga dibekali dengan sebuah fitur baru.

Baca juga: Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Untuk interior, SUV tangguh 7 penumpang yang dapat diandalkan di segala medan ini kini dilengkapi dengan fitur New Adaptable Auto A/C with Dual Zone.

Selebihnya untuk bagian interior, varian ini  sama dengan varian VRZ.

Lalu ubahan pada bagian eksterior, Toyota Fortuner GR Sport menggunakan tampang depan dengan grille berkelir dark chrome. Bagian velg juga didesain lebih segar.

Tidak lupa emblem GR Sport sebagai penanda varian berada di bagian belakang. Ada juga stiker bertuliskan yang sama di bagian dua pintu belakang.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 Resmi Diluncurkan Global di 2021

Harga Toyota Fortuner GR Sport varian bermesin diesel Rp 544.200.000, sedangkan harga Toyota Fortuner GR Sport varian bermesin bensin Rp 605.100.000.

Harga itu ada kenaikan Rp 1 jutaan dari varian VRZ dan SRZ yang telah ada.

Toyota Yaris GR Sport

Toyota Yaris GR Sport

Adanya varian dari Toyota GR Sport, Toyota Yaris tampil makin keren. Bagian Eksterior Toyota Yaris GR Sport mendapat banyak ubahan dari depan hingga belakang.

Bumper depan desainnya baru, makin tegas berkat paduan lekukan tajam lampu full LED dan rumah fog lamp bernuansa tiga dimensi sehingga membuantnya lebih kokoh.

Baca juga: Spare Part Toyota Land Cruiser FJ40 Akan Kembali Diproduksi

Bagian samping hadir dengan desain side skirt baru dan tambahan stiker GR Sport di kedua pintu belakang.

Sementara di belakang senada dengan depannya, dengan desain spoiler dan bumper baru, serta tidak lupa emblem GR Sport sebagai penandanya.

Lalu di bagian interior, Toyota Yaris GR Sport juga mendapat upgrade audio head unit yang lebih advance dengan koneksi ke smartphone melalui Bluetooth, Miracast, dan USB.

Keluaran suaranya didukung oleh enam buah speaker.

Audio head unit ini juga menjadi penampang gambar yang jernih dari sistem kamera parkir yang kini ada pada Toyota Yaris GR Sport.

Baca juga: Review Toyota Corolla DX, Kenapa Layak Dijadikan Investasi?

Lainnya, terdapat paddle shift, lingkar kemudi dibalut kulit, smart engine start/stop button, dan mode berkendara khusus transmisi otomatis.

Toyota Yaris GR Sport tersedia dalam pilihan tiga airbags dan tujuh airbags. Fitur keselamatan sudah mendapat bintang lima dari ASEAN NCAP.

Berikut harga Yaris GR Sport selengkapnya.

  • Toyota Yaris GR Sport 3 Airbag Manual Rp 268.800.000
  • Toyota Yaris GR Sport 3 Airbag Otomatis Rp 279.500.000
  • Toyota Yaris GR Sport 7 Airbag Manual Rp 273.400.000
  • Toyota Yaris GR Sport 7 Airbag Otomatis Rp 284.000.000

Toyota Agya GR Sport

Toyota Agya GR Sport

Bersama dengan Toyota Yaris, Toyota Agya merupakan hatchback yang diminati oleh banyak pelanggan. Keduanya berjaya di arena kejuaraan motorsport nasional, baik dalam kejuaraan slalom maupun touring.

Baca juga: Toyota Raize 1200 cc Sudah Bisa Dipesan Sekarang, Harganya?

Ubahan pada eksterior Toyota Agya GR Sport meliputi desain bumper depan dan belakang baru, spoiler, dan side skirt baru.

Lalu stiker GR Sport bertengger di dekat spion dan di belakan juga ada emblem GR Sport sebagai penanda variannya.

Bisa dibilang, varian GR Sport ini menggantikan varian TRD S, sehingga pada bagian dalam atau interior tidak banyak ubahan pada Toyota Agya GR Sport.

Harga Toyota Agya GR Sport pun masih terjangkau Rp 154.545.000 untuk transmisi manual dan Rp 170.390.000 untuk yang bertransmisi otomatis.

Toyota Veloz GR Limited

Toyota Veloz GR Limited

Tidak berhenti di situ, memahami kebutuhan pelanggan di Indonesia terhadap MPV tujuh penumpang dengan karakter sporty, DNA motorsport TGR juga diaplikasikan ke segmen MPV melalui Veloz GR Limited.

Baca juga: Apa Perbedaan Toyota Kijang Innova Bensin dan Diesel?

Menariknya, Toyota Veloz GR Limited hanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas, tidak lebih dari 4.000 unit, dan secara eksklusif hanya dihadirkan untuk pelanggan di Indonesia.

Toyota Veloz GR Limited mendapat ubahan paling banyak di bagian eksterior, yang paling terlihat mata adalah kini menggunakan spion dan velg yang berkelir hitam.

Sementara bagian bumper depan dan belakang, serta side skirt, desainnya baru dengan aero kit yang membuat MPV ini makin elegan.

Berbeda dengan yang lainnya, khusus Toyota Veloz GR Limited, emblem penanda variannya bercokol di bumper depan, sementara di bagian belakang ada emblem 50 Tahun Toyota.

Baca juga: 5 Mobil Baru di Bawah Rp300 Juta Paling Nyaman Buat Keluarga

Masuk ke bagian dalam, Toyota Veloz GR Limited mengadopsi warna hitam pada bagian dashboard dengan audio head unit dan pengaturan AC digital menyatu di tengahnya.

Toyota GR Sport

Toyota Veloz GR Limited tersedia dalam pilihan mesin berkapasitas 1.500 cc dan 1.300 cc bertransmisi manual dan otomatis.

Berikut harga Toyota Veloz GR Limited selengkapnya.

  • Toyota Veloz GR Limited 1.3 Manual Rp 221.400.000
  • Toyota Veloz GR Limited 1.3 Otomatis Rp 232.200.000
  • Toyota Veloz GR Limited 1.5 Manual Rp 232.800.000
  • Toyota Veloz GR Limited 1.5 Otomatis Rp 243.800.000

Baca juga: 5 Mobil Baru di Bawah Rp500 Juta yang Worth to Buy Banget!

“Kami harap Toyota Veloz GR Limited yang kami hadirkan secara eksklusif dan dalam jumlah terbatas ini dapat memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, khususnya bagi yang memiliki jiwa sporty,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Kamu pilih yang mana? Menarik ya melihat mobil-mobil Toyota makin sporty berkat sentuhan Toyota GR Sport.