Search Cars

Tips & Rekomendasi

5 Kesalahan yang Berpotensi Merusak Transmisi Otomatis

Terdengar simpel, tapi 5 kesalahan kecil ini dapat merusak transmisi otomatis mobil. Sebaiknya jangan dilakukan ya.

transmisi otomatis

Mobil transmisi otomatis atau matik saat ini menjadi pilihan sebagian besar masyarakat perkotaan.

Keadaan jalan yang selalu dilanda kemacetan sering membuat pengemudi lelah dan lebih memilih transmisi otomatis untuk alasan kenyamanan mengemudi.

Pasalnya, sistem perpindahan transmisi ini diatur tanpa harus menginjak pedal kopling.

Seperti yang sudah diketahui, cara kerja dasar transmisi otomatis adalah P untuk parkir, N untuk netral, R untuk mundur, dan D untuk maju.

Baca juga: Hal yang Harus Diperthatikan Saat Beli Mobil Matik Bekas

Tetapi, hal yang perlu diingat adalah mengendarai mobil transmisi otomatis harus sesuai dengan fungsinya.

Jangan sampai kemudahan yang disediakan oleh pabrikan ini malah dapat merugikan kamu akibat kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan saat mengemudi.

Untuk itu, ada beberapa hal kecil di infografis ini yang harus diperhatikan agar komponen transmisi otomatis mobil jadi lebih awet dan tahan lama.

transmisi otomatis

5 Kesalahan yang Berpotensi Merusak Transmisi Otomatis

transmisi otomatis

Saat menggunakannya, bila tidak terjadi kemacetan yang membuat mobil kamu berhenti, misalnya hanya macet yang tersendat, lebih baik kamu hanya memainkan pedal rem saja.

Sementara bila berhenti agak lama, misal di lampu merah dengan waktu dua menit, ada baiknya memindahkan transmisi mobil matik dari D ke N.

Namun ikuti prosedurnya dulu ya. Sebelum memindahkan, sebaiknya kamu injak pedal rem dan aktifkan rem parkir, baru pindahkan transmisi dari D ke N.

Baca juga: Arti Kode Transmisi Otomatis Mobil dan Kegunaannya

Lalu, apa jadinya bila saat berhenti transmisi mobil matik ada di posisi D?

New BMW X5 xDrive40i

Dikhawatirkan, bila masih ada di posisi D dan kamu hanya menginjak pedal rem, kemungkinan injakan kaki pada pedal melemah, sehingga tanpa sadar mobil melaju sedikit dan menabrak mobil atau kendaraan lain di depan.

Selain itu, kamu perlu melakukan perawatan secara berkala mobil kesayangan agar transmisi otomatis tetap dalam keadaan prima.

Kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id. Tidak hanya melakukan pengecekan, kamu juga bisa melakukan perawatan dan servis berkala, hingga ganti suku cadang mobilmu.

Baca juga: Transmisi Mobil Matik Harus di N Saat Berhenti Sementara?

Jadi, gunakan saja layanan Home Service atau Booking Service Seva.id, mobil selalu terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan.

Booking Service

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.